Menjaga Lahan Gambut, Menjaga Indonesia

“Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman..”

Potongan lirik lagu berjudul Kolam Susu dari sebuah group band legendaris Koes Plus ini seakan abadi menggambarkan kekayaan sumber daya alam Indonesia. Memang, tidak dipungkiri lagi negeri kita adalah negeri yang kaya akan sumber daya alam, bahkan terbilang melimpah ruah. Maka tak heran jika Koes Plus menggambarkan tanah kita ibarat tanah surga. Kesuburan tanahnya pun digambarkan dengan sedemikian rupa hebatnya, sampai-sampai tongkat kayu saja bisa tumbuh menjadi tanaman. Hmm.. Indonesia.

Lahan Gambut

“Luas lahan gambut di Indonesia, lebih luas dari Pulau Jawa”

Gambut? Apa itu gambut? Nah, kali ini saya akan membahas tentang lahan gambut yang merupakan salah satu kekayaan sumber daya alam Indonesia yang saat ini dirasa perlu dan penting untuk dijaga bersama oleh seluruh lapisan masyarakat.

Gambut adalah hamparan yang terdiri dari pepohonan, ranting, daun dan berbagai material organik yang jatuh ke tanah selama ribuan tahun, membentuk sebuah kubah gambut. Gambut umumnya ditemukan di area genangan air, seperti rawa, cekungan sungai, maupun daerah pesisir. Lahan yang kaya akan kandungan karbon ini bisa berada di dataran rendah dan dataran tinggi.

Dari definisinya, sepintas tersirat bahwasanya lahan gambut terbentuk secara alami dan sepertinya tidak memerlukan perhatian khusus dari kita. Faktanya tidak seperti itu.

Bagikan artikel ini :

[vivafbcomment]