6 Cara Mudah Membuat Company Profile Untuk Bisnis Anda

By November 13, 2019 Content Placement

Sebagai pemilik bisnis pastinya Anda tidak asing dengan yang namanya company profile. Company profile atau yang biasa disebut dengan profil perusahaan adalah laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status sekarang dan tujuan di masa depan pada sebuah perusahaan. Ini juga bisa bisa dikatakan sebagai deskripsi singkat pada suatu perusahaan yang mencerminkan kualitas serta fokus kerja suatu perusahaan. Ketika Anda sudah memutuskan untuk membuka bisnis, maka company profile sangatlah penting karena akan memberikan gambaran singkat mengenai bidang yang akan Anda tekuni. Adanya company profile juga berperan sebagai media representasi tools marketing, pelengkap dalam proposal dan sebagai media untuk  branding dan publikasi. Meskipun nantinya Anda hanya akan membuka perusahaan kecil, namun dengan  adanya company profile akan membantu mengenalkan perusahaan yang Anda rintis dalam mendekati lingkup segmen pasar baru yang sangat penting dalam pertumbuhan bisnis suatu perusahaan.

Seberapa penting company profile pada sebuah perusahaan?

Company profile memang penting untuk perusahaan karena merupakan alat pemasaran yang diperlukan seorang sales atau marketing untuk memperoleh iklan. Dengan melihat hal tersebut, tentunya company profile pada sebuah perusahaan sangatlah penting.

Berikut beberapa pentingnya company profile pada sebuah perusahaan :

1. Memberikan informasi penting terkait sebuah perusahaan

Sebagai pemilik perusahaan, Anda tentunya ingin memberikan kesan agar orang tertarik dengan produk yang Anda jual. Adalah tidak mungkin jika Anda harus menjelaskan bagaimana perusahaan Anda dan produk apa saja yang Anda jual. Untuk mempersingkat waktu dan menghemat tenaga, Anda cukup membuat company profile yang berisikan seluruh informasi mengenai perusahan Anda.

2. Memudahkan orang lain untuk memilih produk

Dengan adanya company profile, orang akan lebih mudah untuk memilah-milah produk yang akan dibeli. Pada setiap produk juga ditampilkan secara detail tentang apa keunggulan dan kelemahan produk tersebut sehingga memanfaatkan company profile memang sangat tepat, khususnya bagi perusahaan yang ingin semakin melebarkan sayapnya.

3. Membantu mengontrol informasi perusahaan

Sebuah perusahaan pastinya akan mengadakan beberapa event untuk membantu mempromosikan produknya. Di sini company profile bertugas mengontrol informasi mengenai perusahaan. Dalam setahun  mungkin perusahaan sudah bisa dilihat bagaimana perkembangannya. Ini juga bisa dimasukkan dalam company profile sehingga perusahaan akan selalu update.

4. Sebagai media promosi paling komplit

Produk akan dengan mudah sampai ke pelanggan hanya dengan melihat company profile saja. Di zaman yang serba mudah ini banyak orang yang selalu mencari detil produk yang dijual melalui company profile. Hal ini karena dianggap lebih terpercaya. Maka dari itu Anda haruslah memiliki pandangan yang lebih kreatif ketika akan membuat company profile.

Cara mudah membuat company profile untuk bisnis Anda

Semua perusahaan pastinya menginginkan citra yang baik dimata semua orang karena dengan nama  baik tersebut akan menjadi modal perusahaan agar semakin dikenal banyak kalangan. Untuk itu, pastikan bahwa Anda lebih mengedepankan kualitas dan kredibilitas yang tinggi untuk perusahaan Anda. Agar terlihat lebih profesional, maka berikut ada beberapa cara mudah dalam membuat company profile :

1. Pilih tema yang tepat

Memilih tema yang cocok sangatlah penting. Hal ini seolah akan mengenalkan produk Anda pada calon pembeli. Buatlah tema yang khas agar orang-orang langsung berfikir pada produk tersebut ketika melihat tema pada company profile Anda. Untuk memberikan kesan yang menarik, Anda tidak perlu memilih tema yang mahal. Anda bisa memilih tema dari website bawaan atau mendownload gratis dari template yang sudah direkomendasikan. Selain itu Anda juga bisa memilih tema dari jasa pembuatan website.

2. Lengkapi seputar informasi dasar bisnis yang Anda jalankan

Langkah berikutnya dalam membuat company profile adalah dengan memberikan informasi dasar seputar bisnis yang Anda jalankan. Hal ini bisa meliputi nama legal bisnis beserta identitas perusahaan, kapan tanggal berdirinya, di mana alamatnya, alamat website dan apa nama akun media sosialnya. Mencantumkan sosial media sekarang sangat penting karena semakin banyak orang yang memakai sosial media untuk mencari tahu. Bahkan dari sosial media tersebut juga bisa menggambarkan seberapa profesional perusahaan tersebut.

3. Masukkan segala hal yang berhubungan dengan perusahaan

Pada bagian ini, Anda bisa memasukkan latar belakang sekaligus visi misi perusahaan. Tak hanya itu saja, bagian ini Anda bisa menambahkan beberapa kategori seperti deskripsi produk, sejarah bisnis, bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu hingga kebijakan-kebijakan perusahaan. Selain poin di atas Anda bisa menambahkan nama-nama pendiri perusahaan dan orang yang berpengaruh pada perusahaan Anda. Bagi pemilik bisnis online, Anda juga bisa menyertakan nama klien yang paling sering membeli produk Anda. Hal ini agar company profile terlihat profesional.

4. Tuliskan tentang pencapaian perusahaan

Sejak sebuah perusahaan berdiri hingga berkembang, pastinya ada pencapaian-pencapaian yang didapat. Ini bisa berupa penghargaan yang pernah diperoleh, sertifikasi yang sudah dimiliki, testimoni dari klien dan peliputan media massa. Adanya pencapaian sebuah perusahaan akan menunjukkan bahwa perusahaan kita lebih unggul dibanding perusahaan lain. Ini juga akan membuat nama perusahaan lebih dikenal lebih luas karena pencapaian tersebut.

5. Tampilkan klien dan tim perusahaan.

Jika Anda melihat company profile pada sebuah perusahaan sekarang  memang sudah banyak yang menampilkan kinerja tim dan klien yang sudah menjadi langganan. Hal ini tak hanya membuat tampilan company profile lebih keren tetapi juga meningkatkan kualitas perusahaan agar lebih unggul.

6. Perhatikan penyusunan informasi seputar perusahaan

Langkah yang terakhir untuk membuat company profile adalah penyusunan informasi terkait perusahaan atau bisnis Anda. Sebaiknya susunlah secara urut agar memudahkan pengunjung dalam mempelajari dan mencari spesifikasi perusahaan. Hal ini juga akan memudahkan mereka jadi atau tidaknya memilih produk yang Anda jual. Dengan berkembangnya zaman dan semakin banyak orang yang melek teknologi, maka apa saja bisa diperlihatkan secara online, begitu juga dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. Hal inilah yang menjadi poin penting mengapa website company profile sangatlah penting dan semua pebisnis harus membuatnya. Company profile juga merupakan solusi efektif untuk mendapatkan eksposur di dunia maya karena website tersebut bisa dikatakan sebagai pondasi Anda dalam membangun perusahaan atau bisnis secara online. Meski tidak mudah, namun company profile yang profesional akan membuat perusahaan yang Anda jalankan semakin populer. Demikianlah cara mudah dalam membuat company profile untuk bisnis Anda. Jangan lupa jika anda ingin membuat website untuk company profile, anda bisa mendapatkannya pada web hosting terbaik di IDwebhost.

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons