Cara Bikin Retina Mata Sehat dan Kinclong: Do’s dan Don’ts

By August 5, 2019 Review

Hampir semua orang di era modern ini gak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Telepon seluler ini memang berguna, tapi juga menyimpan ancaman merusak retina mata.

Tahu retina mata dong? Retina adalah bagian dari mata yang berfungsi menerima cahaya. Dari retinalah otak mendapat informasi tentang apa yang dilihat oleh mata.

Jadi, kalau retina rusak, jelas akibatnya: buta. Mata jadi kehilangan fungsi karena gak bisa menerima cahaya. Otak pun gak memperoleh info soal pandangan mata sehingga yang ada gelap belaka.

Ponsel dan segala jenis gadget yang punya layar, termasuk televisi dan komputer, memancarkan cahaya yang lama-lama bisa membuat retina mata rusak. Sayangnya, banyak di antara kita yang merasa hidupnya gak lengkap tanpa peralatan itu.

Ada yang hingga 8 jam sehari melototi komputer. Itu belum ditambah pandangan ke televisi dan, tentu saja, ponsel. Bila dihitung-hitung, bisa separuh lebih jatah 24 jam sehari habis dipakai buat memandang layar.

Padahal itu kebiasaan yang buruk. Gak hanya buat retina mata, lho, tapi juga buat kehidupan sosial terutama soal TV dan ponsel.

Kalau mau retina mata sehat dan kinclong, kebiasaan itu mesti dikurangi. Banyak-banyaklah mengambil jeda, putar leher, dan berjalan-jalan. Jadi mata gak terlalu keras bekerja dan akhirnya lelah.

Berikut ini kiat lain untuk menjaga mata tetap fit agar penglihatan senantiasa bening seperti kristal.

Pasok Gizi Retina Mata

Layaknya organ tubuh lain, mata butuh gizi yang cukup supaya bisa lancar bekerja. Jadi harus atur pola makan dengan gizi seimbang.

Do: makan makanan yang mengandung banyak vitamin A dan C, juga lutein dan betakarotin. Sajian lain seperti minyak ikan cod, pepaya, anggur, blueberry, dan ubi baik pula untuk mata.

Don’t: jangan banyak-banyak makan gorengan dan minuman bersoda serta fast food karena berisiko membuat tekanan darah tinggi hingga menyebabkan ablasio retina

Istirahatlah

Istirahat adalah salah satu cara penyembuh paling ampuh. Dengan beristirahat, orang tubuh dapat kembali bertenaga untuk bekerja. Mesin saja butuh istirahat, apalagi manusia.

Do: tidur setidaknya 6 jam sehari jika 8 jam adalah kemewahan. Di sela aktivitas juga bisa rehat sejenak dengan menutup mata barang semenit-dua menit.

Don’t: jangan rehat sambil main hape atau baca buku. Itu masih bikin mata bekerja. Khusus untuk mata, istirahat berarti mata mesti tertutup atau setidaknya jauh dari cahaya layar.

Air Itu Penting

Cairan di dalam mata 99 persen berupa air. Ketika air kurang, mata berisiko mengalami gangguan ringan seperti mata kering hingga penyakit berat seperti ablasio retina.

Do: minum air secukupnya tiap hari, jangan tunggu sampai merasa haus. Minum 8 gelas air per hari adalah mitos. Membasuh wajah juga bagus untuk menjaga retina mata tetap kinclong.

Don’t: jangan banyak-banyak minum air selain air putih. Misalnya kopi atau teh, lebih-lebih minuman berpemanis buatan. Air putih tetap yang utama.

Olahraga Mata

Mata juga perlu dilatih agar terus bugar. Selain rehat atau tidur, olahraga mata adalah cara efektif untuk mencegah penyakit mata.

Do: olahraga bisa dilakukan dengan memejamkan mata, lalu memijat kelopak searah jarum jam. Lakukan ini setidaknya selama semenit, terutama setelah lama terpapar sinar

Don’t: jangan biarkan cahaya masuk saat olahraga mata. Karena itulah mata harus terpejam sama sekali. Kalau ada cahaya masuk, mata berarti masih bekerja.

Katakan Tidak

Harus ada pantangan demi kebugaran mata. Ini terutama penting untuk mereka yang sudah ada gejala penyakit pada retina mata. Tapi bagus juga buat pencegahan.

Do: konsultasi ke dokter mata untuk mengetahui apa saja pantangan yang perlu agar mata sehat dan kinclong.

Don’t: jangan anggap remeh gejala sakit mata sekecil apa pun. Gak butuh waktu lama buat gejala itu untuk berkembang makin parah.

Bicara soal kiat menjaga mata tetap sehat, peran dokter mata amatlah penting. Dokter yang telah berpengalaman itu tahu betul apa tindakan yang harus dilakukan terhadap mata lewat pemeriksaan.

Jika ingin mata kamu sehat dan kinclong, mulailah dengan mengubah kebiasaan yang sekiranya berbahaya buat mata. Konsultasi dengan dokter bisa menjadi tambahan supaya ada rasa tenang, khususnya bila merasa punya penyakit mata.

Konsultasi juga bisa menjadi langkah awal untuk mencegah penyakit kian parah. Jadi pilih dokter dan klinik yang terbukti mampu memberikan penanganan seputar penyakit mata.

Jangan tunggu sakit parah dulu baru datang untuk berkonsultasi. Toh, sekarang sudah bisa menjadwalkan konsultasi dengan dokter mata via online.

Jadi lebih efisien dan efektif, gak ada waktu terbuang percuma untuk bertemu dengan dokter. Siapa sih yang gak mau matanya sehat dan kinclong?

One Comment

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons