Tingkatkan Kelas Rumah Subsidi dengan Mendekorasi Area Terbuka di Dalam Hunian

By May 24, 2019 Sharing

Beragam rumah bersubsidi yang dihadirkan pemerintah dalam 5 tahun terakhir ini diketahui menjadi solusi untuk permintaan properti masyarakat untuk kalangan pendapatan menengah ke bawah khususnya yang belum pernah memiliki rumah.

Keunggulannya sangat jelas yakni dari sisi harga yang sangat terjangkau dan dapat diperoleh dengan menggunakan cicilan ringan dari kredit perumahan rakyat.

Banyak orang yang mengurungkan niatnya membeli rumah bersubsidi dikarenakan kondisi bangunan dan penataan ruangan. Kesan murahan pun tidak segan dilabelkan, sekalipun itu adalah rumah dijual di Jakarta yang berlokasi dekat perkotaan. Padahal, ada sebuah ruangan yang dapat dikatakan bisa dikelola untuk meningkatkan kasta dari rumah subsidi menjadi hunian yang berkelas. Apa itu? Yakni sebuah ruang terbuka yang biasanya terletak di bagian dalam rumah tersebut..

Di dunia, banyak para pemukim yang rela merogoh koceknya untuk membuat area terbuka di dalam tempat bermukimnya untuk meningkatkan kualitas taraf huniannya. Jangankan di dunia, berdasarkan tren tersebut, beberapa pengembang rumah dijual di Jakarta non-subsidi pun berusaha untuk mewujudkan keberadaan area terbuka. Area terbuka pada rumah dijual di Jakarta ini rata-rata digunakan untuk tempat bersantai dari kepenatan ibukota.

Bagi Anda yang tinggal di rumah bersubsidi, jangan terburu-buru untuk menutup area tersebut menjadi sebuah ruangan. Hanya dengan memberikan sentuhan kecil, Anda dapat meningkatkan kelas dari hunian kecil tersebut lebih tinggi dibanding beragam proyek rumah dijual di Jakarta. Dilansir dari Freshome, beberapa poin di bawah ini adalah acuan untuk Anda dalam merancang area terbuka tersebut.

Harus Selalu Terang

Karena salah satu tujuan utama dari area terbuka adalah penyuplai cahaya natural untuk interior, sangat penting untuk memastikan kondisi area tersebut benar-benar terang. Jika area untuk alokasi area terbuka dalam hunian tersebut terlalu kecil, Anda dapat mendukungnya dengan pengecatan pada dinding dengan warna yang cerah. Sekecil-kecilnya area tersebut, harus membuat terang bagian tertentu dari sebuah ruangan. Mengingat musim hujan serta ancaman debu di Indonesia, ada baiknya Anda melengkapi area terbuka tersebut dengan kanopi tembus pandang.

Tidak Monotone

Jangan berpikir area terbuka merupakan sebuah ruangan biasa yang tidak harus untuk didekorasi. Tidak hanya bertujuan menyinari ruangan dengan suplai cahaya matahari untuk ruangan yang lebih sehat, area terbuka juga dapat menjadi sebuah spot menarik yang mendukung beragam aktivitas tertentu untuk memunculkan mood positif saat bermukim pada hunian Anda. Bagi pemilik rumah dijual di Jakarta yang memiliki area terbuka, area tersebut dijadikan sebagai tempat berolahraga, berkebun, atau tempat bercengkerama dengan keluarga dan tamu yang berkunjung. Anda dapat memadukan beberapa furnitur berukuran kecil jika berkehendak membuat tempat bercengkrama. Jika untuk berkebun, disarankan untuk menata tanaman-tanaman Anda di bagian dinding untuk memunculkan kesan kebun menggantung (hanging garden) yang modern dan ngetren di zaman sekarang.

Hindari Menempatkan Terlalu Banyak Barang

Sekalipun area terbuka tersebut memiliki sejumlah space yang masih kosong, jangan berpikir untuk menempatkan perabotan atau aksesoris secara berlebihan. Hal ini tidak disarankan karena justru akan membuat kesan sesak dalam sebuah area yang memiliki fungsi sebagai area yang lenggang.

Jika menempatkan perabotan atau aksesoris tersebut adalah hal yang perlu, pilih barang-barang yang memiliki ukuran dengan kecenderungan tidak terlalu besar. Semakin efisien ukuran furnitur yang ditempatkan, kesan terbuka yang menarik tidak akan berlawanan dengan fungsinya sebagai area terbuka yang menawarkan kelenggangan. Furnitur-furnitur yang memiliki aksen alam adalah yang paling disarankan, misalnya yang terbuat dari kayu atau batu.

2 Comments

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons