Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tanah merupakan sebuah investasi masa kini yang stabil dan sangat menguntungkan baik itu  untuk masa depan atau untuk masa sekarang ini. Kenapa? Kerena untuk memiliki sebidang tanah yang pasti mempunyai nilai jual yang sangat tinggi dan terus naik setiap tahunnya. Karena alasan inilah hampir setiap orang mencoba dan berlomba lomba untuk dapat memiliki dan membeli sebidang tanah yang nantinya dapat di jadikan investasi untuk pegangan harta mereka  untuk masa depan.

Tetapi, tahukah Anda di jaman sekarang ini notabenenya harga jual tanah dimana mana sudah melonjak tinggi sehingga banyak sekali orang orang yang ingin membeli sebidang tanah di lokasi lokasi tertentu harus mengeluarkan biaya  yang besar dan juga mengeluarkan semua dan menggunakan tabungan mereka agar dapat membeli dan memiliki tanah ya itu semua tergantung dari dimana lokasi tanah yang ingin mereka beli dan dapatkan.

Hal ini pasti akan membuat banyak orang yang menginginkan untuk memiliki sebuah tanah akan pusing mencari dan mengumpulkan budget yang mereka miliki untuk membeli sebuah tanah. Pasti masalah biaya ini akan membuat hampir semua orang menjadi pusing , akan tetapi kemungkinan untuk hal hal ini sepertinya sangat mudah dimiliki oleh orang orang yang sudah memiliki penghasilan yang tinggi dan pendapatan yang banyak atau sudah memiliki budget tertentu untuk membeli sebidang tanah di lokasi tertentu misalnya saja developer properti.

Para developer ini biasanya dapat  mengeluarkan budget dan biaya yang banyak  untuk dapat  membeli dan mendapatkan sebidang tanah di beberapa lokasi yang di inginkan yang sepertinya saat ini nilai jual tanah sudah sangat  tinggi dan melonjak. Jadi apa saja kah yang menyebabkan harga tanah menjadi tinggi dan kenapa sebabnya?, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana harga tanah dapat naik dan mahal karena disebabkan oleh beberapa hal yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Harganya dapat menjadi tinggi karena satu saja sebab yang terterap pada NJOP atau Nilai Jual Objak Pajak. Harga dan nilai jual yang tinggi ini biasanya akan tertera dan di tentukan oleh lokasi dan tempat tanah tersebut berada di lokasi yang sangat strategis dan banyak orang yang menginginkannya.

Lokasi Strategis

Lokasi dari tanah tersebut yang strategis dan bagus merupakan hal utama  dan faktor awal yang membuat naiknya dan melonjaknya harga tanah. Karena orang pasti akan memikirkan untuk membuat tanah tersebut menjadi sebuah lokasi untuk usaha atau bisnis mereka di masa depan, dengan lokasi yang bagus akan menyebabkan banyaknya orang yang akan tertarik untuk memilikinya apalagi kalau lokasi tanah tersebut berada dipinggir jalan ramai yang selalu di lewati banyak orang terlebih lagi apabila ada di pusat kota yang lokasi nya berasa di tengah tengah tempat berkumpulnya masyarakat luas. Faktor ini lah yang pastinya akan membuat nilai jual sebuah tanah akan semakin melonjak tinggi.

Karena letak dan posisi tanah yang strategis ini akan membuat banyak orang mudah berinteraksi satu sama lain juga menjadi sangat dekat dengan pusat pemerintahan atau perkantoran juga tempat bisnis yang sangat menjanjikan. Faktor lainnya adalah faktor kondisi dari lingkungan yang bagus dan menjadi tempat berkumpulnya komunitas tertentu karena strategisnya tanah tersebut maka banyak sekali peluang bisnis yang dapat di jalankan di tanah tersebut.

Dikuasainya tanah tersebut oleh pihak pihak tertentu

Biasanya untuk lokasi tanah yang baik dan strategis akan di kuasai oleh oknum oknum tertentu misalnya develolper, investor dan beberapa orang yang memiliki modal yang banyak untuk membeli sebuah tanah. Jadi kenapa banyak oknum tertentu yang akan menguasi lokasi tanah karena keuntungan nya yang di dapatkan pasti sangat besar dan banyak orang yang ingin mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan tanah tersebut.

Jadi semakin banyak para developer yang mengincar tanah tersebut maka sudah dapat di pastikan akan semakin tinggi harga tanah yang di jual. Si pemilik tanah dapat dengan sesukanya menaikkan harga tanah tersebut karena mereka yakin bahwa aka nada saja orang yang membeli tanah tersebut berapapun harganya.

Tingginya permintaan akan tanah

Apabila permintaan akan tanah menjadi tinggi karena banyak nya pembangunan yang terjadi di sekitar lingkungan tanah tersebut otomatis harga tanah tersebut akan bertambah tinggi karena permintta yang banyak ini juga biasanya di pacu oleh pertumbuhan ekonomi yang sangat bagis juga meningkatnya level investasi yang ada di sector pertanahan ini. Harga tanah yang akan melonjak tinggi biasanya akan terjadi di pusat pusat kota besar atau di lingkungan yang sedang berkembang.

Terdapat beberapa hal yang ada di atas tanah tersebut

Misalnya adalah apabila tanah tersebut sangat terawat dan di tumbuhi oleh beberapa tanaman yang dapat di jual kembali dan bahkan harga jual tanaman tersebut juga tinggi. Selain itu misalnya ada tanaman yang berpotensi untuk bisnis seperti kelawa sawit, karet dan lain lain sudah pasti akan menbuat harga tanah tersebut semakin tinggi karena bukan saja harga tanah yang akan di hitung tetapi harga tanaman tersebut akan termasuk dalam hitungan harga tersebut.

Jadi itu lah beberapa alasan akan harga tanah akan melonjak tinggi setiap tahunnya jadi beberapa faktor tersebut yang akan membuat harga tanah menjadi lebih tinggi dari normalnya apalagi kalau sudah termasuk biaya pematangan tanah yang di sebabkan oleh ribetnya pengurusan dan perizinan di belakang surat surat yang ada di tanah tersebut, karena itu jangan heran untuk beberapa tanah di lokasi yang bagus dan apabila harga yang di tawarkan berubah ubah setiap tahun nya.

Sebab sebab di atas adalah faktor yang akan membuat harga tanah di beberapa lokasi akan terus melonjak tinggi. Budget yang Anda miliki adalah satu faktor penting penentu tanah di lokasi mana yang akan Anda beli karena apabila tidak sesuai budget untuk apa di paksakan membali tanah di lokasi tertentu yang ujung nya akan menyusahkan Anda.

Juniawan Arif

Author Juniawan Arif

Just a guy interested in internet things. Email : jun.juniawan@gmail.com | Follow me on twitter @juniawanarif & instagram @juniawanarif

More posts by Juniawan Arif

Leave a Reply