Mudik, sebuah tradisi setahun sekali yang identik dengan perjalanan pulang kampung berduyun-duyun membayar rindu bertemu keluarga. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia mudik bukan sekedar tradisi tapi juga merupakan momen yang paling ditunggu setiap tahunnya.

Begitu juga dengan libur lebaran saya kali ini. Mudik dari Tabanan, Bali menuju Kutoarjo, Jawa Tengah diselingi berwisata di Kota Malang dengan total perjalanan sekitar 838 km. Bukan perjalanan yang singkat dan tentu perlu persiapan yang matang. Mulai dari mempersiapkan kondisi mobil sampai dengan menjaga stamina tubuh agar tetap fit selama di perjalanan.

Alhamdulillah, saat tulisan ini dibuat saya tengah berada di hangatnya kebersamaan keluarga di kampung. Nah, dari pengalaman perjalanan kemarin ada sedikit tips yang ingin saya sampaikan.

Hal pertama yang menjadi fokus saya dalam persiapan mudik kali ini adalah kaki-kaki. Sebelumnya saya pernah melakukan modifikasi pada bagian velg dan ban yang lebih lebar dari ukuran standarnya. Tentu hal ini perlu mendapat perhatian. Modifikasi mobil dengan mengganti velg dan ban lazim dilakukan dan sebaiknya dibarengi dengan melakukan spooring dan balancing.

Oleh karena itu, seminggu sebelum mudik saya ke bengkel mobil Marga Mulya di Jl. Teuku Umar, Denpasar untuk spooring dan balancing menggunakan produk wheel alignment (spooring) dan wheel balancer (balancing) yang dapat diandalkan.

Mobil Suzuki Ignis kesayangan saya segera mendapat pelayanan dan “naik panggung” untuk dicek menggunakan wheel alignment brand HUNTER. Produk HUNTER yang digunakan untuk mengecek mobil saya adalah HUNTER DSP400. Kurang dari 1 menit hasil pengecekan dapat dilihat di monitor. Dan betul saja, ada beberapa notifikasi yang berwarna merah. Itu tandanya harus segera mendapat tindakan.

Pantas saja setir mobil agak miring ke kiri saat di jalan lurus. Rupanya memang ada yang tidak beres. Dengan sedikit sentuhan dari mekanik dengan bantuan wheel alignment HUNTER DSP400 notifikasi merah pun tak lagi muncul, semuanya hijau. Rasa aman pun muncul. Setelah selesai spooring dilanjutkan dengan balancing menggunakan wheel balancer HUNTER. Perjalanan mudik lancar, sepanjang perjalanan mobil terasa stabil dan nyaman untuk dikendarai berkat wheel alignment dan wheel balancer HUNTER.

Penggantian velg dan ban bukan merupakan satu-satunya faktor yang mengharuskan mobil dispooring dan balancing. Faktor lain juga mempengaruhi, seperti jarak tempuh, beban muatan, kondisi jalan yang biasa dilalui dan lain-lain. Sering kali kelainan pada kaki-kaki tak kasat mata, padahal rentan merembet ke bagian lain dan berbahaya.

Produk HUNTER yang mampu mendeteksi dengan cepat dan tepat masalah kaki-kaki merupakan produk yang didistribusikan oleh PT. HIMAWAN PUTRA. Sebagai distributor tunggal brand HUNTER, PT. HIMAWAN PUTRA menyuplai bengkel-bengkel mobil hampir di seluruh nusantara. Untuk mengetahui bengkel mana saja yang menyediakan alat spooring dan balancing brand HUNTER Anda dapat mengeceknya di sini.

Kenali lebih dekat :

Selain kaki-kaki tentu saja kita perlu mengecek bagian lain dari mobil yang akan kita kendarai. Misalnya dengan melakukan pengecekan mesin secara menyeluruh, mulai dari kondisi oli mesin, oli persneling, minyak rem, radiator, kelistrikan hingga air wiper.

Sekian sedikit tips mudik dari saya. Selamat mudik, selamat berkumpul bersama keluarga. Salam.

 Sumber gambar : dokumentasi pribadi.

Juniawan Arif

About Juniawan Arif

Just a guy interested in internet things. follow me on twitter @juniawanarif & instagram @juniawanarif

12 Comments

Leave a Reply