Jogja telah dikenal dengan berbagai destinasi wisata yang sangat beragam, jumlahnya bahkan masih terus bertambah dari waktu ke waktu. Tak hanya jajaran pantainya saja yang indah, kawasan pegunungan di Jogja juga cukup menarik untuk dijadikan sebagai destinasi wisata pilihan. Selain kawasan Gunung Merapi, kamu juga bisa menikmati keindahan Gunung Api Purba yang begitu unik dan menarik di Jogja. Bagi kamu yang bukan penduduk Jogja, nama lokasi wisata yang satu ini mungkin masih belum terasa familiar, bukan?

Sumber : jogjapedia.net

Gunung Api Purba adalah kawasan ekowisata yang merupakan gunung api berusia jutaan tahun yang lalu. Artinya, gunung api ini sudah tidak aktif lagi dan kini telah berubah menjadi kawasan yang bebatuan beku berupa breksi andesit dan juga lava. Jika dilihat dari konturnya, jelas kawasan ini sangat unik dan terdiri dari bebatuan besar yang langka dan jarang ditemukan di area lainnya di dunia. Kawasan Gunung Api Purba berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta.

Tidak perlu takunya nyasar jika kamu bukan orang Jogja asli, karena kamu bisa coba meminta bantuan sewa mobil Jogja OMOcars rental mobil. Kamu bisa  menyewa mobil plus supir agar bisa dengan mudah sampai tempat tujuan. Kalau ingin lepas kunci dan mengandalkan maps juga bisa, bahkan harganya bisa lebih murah.

Lokasinya juga tidak terlalu jauh, sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Jogja, untuk mencapai Gunung Api Purba kamu akan membutuhkan perjalanan berkendara sekitar 45 menit saja. Ini akan menjadi perjalanan wisata yang menyenangkan, sebab di sepanjang jalan kamu bisa menikmati keindahan alam Wonosari dan juga perkampungan di sekitarnya. Akses menuju kawasan Gunung Api Purba terbilang baik, dan bisa ditempuh lancar, baik untuk perjalanan malam hari ataupun siang hari. Bila menyewa rental mobil di OMOcars juga bisa kapan saja, asalkan kamu sudah pesan dan menentukan waktunya dengan pihak OMOcars.

Jika kamu termasuk orang yang suka dengan aktifitas camping, maka datang di sore hari dan menginap di lokasi ini adalah pilihan yang sangat tepat. Kamu bisa mendirikan tenda pada area yang lapang, di mana angin tidak akan terasa begitu kencang sepanjang malam. Lokasi ini cukup banyak dijadikan sebagai pilihan untuk bermalam oleh pengunjung yang memiliki hobi camping. Selain nyaman, panorama di sekitar Gunung Api Purba memang begitu indah dan menarik.

Desa Nglanggeran berada di ketinggian Gunungkidul, sedangkan Gunung Api Purba sendiri berada di ketinggian sekitar 700 mdpl. Dijamin, kamu akan menemukan keindahan yang luar biasa dari titik yang satu ini. Kawasan ini begitu unik, di mana kamu bisa menikmati keindahan bebatuan yang unik dengan ukuran yang super besar, seperti layaknya pepohonan yang berderet dan menjulang tinggi.

Begitu indah dan sejuk, kamu akan betah berlama-lama di area yang banyak dijadikan sebagai lokasi camping ini. Meski berada di ketinggian, kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan kawasan Gunung Api Purba ini, terutama jika menggunakan layanan sewa mobil Jogja OMOcars plus supirnya sejak awal.

Buka selama 24 jam penuh, kamu akan sangat leluasa untuk mengunjungi kawasan Gunung Api Purba. Bukan hanya berkunjung saja, kamu juga bisa menginap dan membangun tenda di kawasan ini, sebab ada area khusus yang bisa digunakan untuk aktifitas tersebut. Untuk kenyamanan saat berkunjung ke destinasi ini, pastikan kamu menggunakan pakaian yang hangat dan juga sepatu yang cocok untuk mendaki.

Kawasan pegunungan ini memang tidak begitu tinggi, namun tetap menanjak dan membutuhkan persiapan yang matang saat mengunjunginya. Selain pakaian, pastikan kamu juga dalam kondisi yang fit, agar seluruh aktifitas wisatamu di Gunung Api Purba bisa berjalan dengan nyaman dan aman.

Bawa semua perlengkapan yang kamu butuhkan untuk mendaki, termasuk kamera untuk membidik foto-foto terbaik dari ketinggian. Untuk perjalanan yang nyaman dan aman ke area ini, pastikan kamu menggunakan layanan sewa mobil OMOcars Jogja yang terpercaya saja dan murah ya.

Juniawan Arif

About Juniawan Arif

Just a guy interested in internet things. follow me on twitter @juniawanarif & instagram @juniawanarif

Leave a Reply