Pernikahan adalah sebuah peristiwa besar dalam hidup seseorang yang identik dengan rentetan prosesi unik nan sakral. Direncanakan sedemikian rupa agar prosesi akbar yang terjadi sekali seumur hidup tersebut berjalan lancar dan melahirkan momen-momen yang memiliki kesan mendalam. Oleh sebab itu, tak jarang pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan rela mempersiapkan dan memikirkan sedetail mungkin hal-hal terkait prosesi pernikahan mereka. Nah, berikut tujuh tips yang dapat membantu Anda dalam mempersiapkan pernikahan :

1. Memilih Venue

Biasanya hal pertama yang membebani pikiran saat seseorang sedang mempersiapkan pernikahan adalah soal venue atau lokasi pernikahan. Venue pernikahan bisa berupa gedung atau bisa juga di rumah. Memilih sewa gedung inilah yang bisa kita siasati. Pada umumnya gedung yang mewah dan berlokasi strategis akan memiliki harga sewa yang mahal. Namun sebenarnya Anda tidak harus menyewa gedung yang mewah. Atur gedung dengan penataan dekorasi yang tepat akan mampu mengubah gedung yang biasa menjadi terlihat mewah. Dengan menyewa gedung yang biasa saja tentu Anda dapat berhemat jika dibandingkan menyewa gedung mewah.

2. Pilih Dekorator yang Tepat

Nah, untuk dapat menyulap gedung yang biasa menjadi terlihat mewah tentu saja Anda harus menemukan dekorator yang tepat. Agar tidak salah pilih ketika menentukan dekorator, Anda dapat melakukan survei terlebih dahulu. Bisa melalui internet atau rekomendasi dari relasi Anda. Sebenarnya ada satu cara lagi untuk memudahkan Anda dalam mencari dekorator yang tepat. Tapi saya akan menceritakannya secara lengkap di bagian akhir tulisan. Oleh karena itu, simak terus tulisan saya ya.

Jika sudah menemukan dekorator yang tepat baik dari segi kualitas maupun harganya, mintalah sketsa dekorasi dari mulai penataan bagian pelaminan, tempat makan hingga peletakan hiasan-hiasan bunga. Lalu imajinasikan sketsa tersebut apakah sesuai dengan ekspektasi Anda atau tidak. Dengan menggunakan sketsa akan memudahkan perbaikan penataan dekorasi sebelum ornamen-ornamen dekorasi benar-benar terpasang. Tentu akan sangat merepotkan jika menghendaki perubahan penataan dengan mengubah dekorasi secara langsung bukan?

3. Catering

Urusan catering juga tak kalah penting. Pengeluaran biaya untuk urusan makanan ini memang biasanya akan membengkak tergantung dari jumlah tamu undangan. Salah satu cara mensiasatinya adalah dengan membatasi jumlah tamu undangan pernikahan Anda. Atau dapat juga dengan memanfaatkan promo-promo dari penyedia jasa catering yang bisa Anda cari baik secara online maupun offline.

4. Tata Rias dan Busana

Berikutnya adalah urusan salon. Bagaimana agar Anda terutama mempelai wanita tampil cantik dan menawan tapi tidak menyebabkan biaya membengkak? Salah satunya adalah dengan menyewa gaun pengantin. Tak perlu beli. Sewa saja gaun pengantin dari bridal-bridal yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Dengan menyewa tentu akan menghemat budget pernikahan Anda dibanding membelinya. Untuk urusan riasan Anda dapat memanfaatkan keluarga, kolega atau teman Anda yang mahir dalam merias pengantin. Riasan pengantin dengan harga teman, kenapa tidak?

5. Entertainment

Seperti halnya urusan salon, entertainment juga dapat disiasati dengan memanfaatkan jasa teman dekat Anda yang terbiasa menjadi MC suatu acara. Tidak harus terlalu formal, tapi mampu membawakan acara pernikahan hingga tuntas. Malah justru akan lebih cair jika kebetulan Anda dapat membujuk teman dekat Anda yang menjadi MC. Guyonan dari teman Anda tersebut tentu dapat membantu mencairkan suasana agar tidak terasa kaku. Dan tentu saja si MC akan lebih lepas dalam mengeluarkan kejutan-kejutannya karena menyadari hari itu adalah hari spesial teman dekatnya sendiri.

6. Undangan dan Souvenir

Undangan dan souvenir juga sangat tergantung pada jumlah tamu undangan pernikahan Anda. Selain dari segi jumlah Anda juga dapat mengakalinya dengan mempersiapkan dari jauh hari untuk membuat undangan dan souvenir dari hasil kreasi Anda sendiri. Terutama souvenir, Anda dapat berkreasi ala-ala DIY (Do It Yourself). Kreatifitas Anda ini akan sangat membantu menghemat budget pernikahan Anda kelak.

7. Menghadiri Wedding Exhibition

Enam hal di atas hanyalah sebagian dari banyaknya detail yang harus dipersiapkan menjelang pernikahan. Memikirkan hal-hal di atas tentu menguras tenaga dan pikiran. Apalagi kalau Anda tidak memiliki referensi untuk menyiapkan detail-detail tersebut. Beruntung kita sekarang berada di era modern, dimana kebutuhan akan informasi dapat dengan mudah dipenuhi baik secara online melalui koneksi internet maupun offline. Atau malah kombinasi keduanya. Menghadiri wedding exhibition sebagai contohnya.

Nah, menjawab kebutuhan tersebut saat ini tengah digelar wedding exhibition bergengsi di daerah Bekasi.

Bekasi Wedding Exhibition kali ini merupakan pameran pernikahan yang keempat menyusul kesuksesan pada event-event sebelumnya. Pameran pernikahan ini digelar oleh Jakarta Event Enterprise (JEE) dengan mengusung jargon “Terbesar dan Terlengkap”.

Event ini ditujukan untuk menjembatani antara para calon pengantin dan para pelaku industri pernikahan dalam mempersiapkan penyelenggaraan acara pernikahan, selain itu para calon pengantin dapat menemukan segala kebutuhan pernikahan seperti catering, dekorasi, entertainment, gedung pernikahan, dan lain sebagainya dalam satu tempat. Bayangkan, hanya dalam satu tempat Anda dapat menemukan segala kebutuhan pernikahan. Sangat membantu sekali.

Bahkan vendor-vendor pernikahan juga menyediakan harga-harga yang terpromo. Datang bersama pasangan, datangi vendor, sesuaikan dengan budget hanya di “4th BEKASI WEDDING EXHIBITION”.

Pada event “4th BEKASI WEDDING EXHIBITION” kali ini melibatkan berbagai vendor pernikahan terbaik di Bekasi, Jakarta, dan sekitarnya. Vendor-vendor tersebut siap menyajikan konsep yang lebih intimate, experiential dan instagrammable.

Pameran pernikahan terbesar dan terlengkap ini akan digelar pada tanggal 26-28 Januari 2018 bertempat di Grand Galaxy Park Mall, Jalan Grand Galaxy Boulevard No.1, Jakasetia, Bekasi Selatan, Jawa Barat.

Penutup

Mempersiapkan pernikahan saat ini dimudahkan dengan adanya wedding exhibition yang diadakan oleh event organizer profesional. Tidak hanya menjadi wadah bagi vendor-vendor untuk menawarkan produk dan jasa di industri pernikahan namun juga menjadi ajang adu promosi vendor-vendor tersebut. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pasangan yang sedang mempersiapkan pernikahan. Para pengunjung pameran pernikahan pun tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, pada Bekasi Wedding Exhibition ini hanya dikenakan tiket Rp.10.000 untuk 3 hari.

Raih kesempatan untuk memenangkan Doorprize harian seperti kamera mirrorless, wedding ring, dan lain sebagainya untuk setiap transaksi, Grand Prize satu set perlengkapan ruang tidur lengkap, 2 buah Liontin untuk para pengunjung dengan postingan terpilih pada saat di Bekasi Wedding Exhibition 4 nanti (di Pop Up BWE 4 Banner), berbagai penawaran TER-PROMO dari para vendor dengan nilai ratusan juta rupiah, dan masih banyak kejutan menarik lainnya.

Tersedia juga ratusan koleksi wedding ring dan sepasang wedding ring berlian dengan harga Rp 3 juta-an.

Asyik ya, bisa merencanakan pernikahan sambil berkesempatan meraih doorprize menarik. Yuk! Kunjungi 4th Bekasi Wedding Exhibition sekarang juga.

Harga Tiket

Rp. 10.000

untuk 3 hari

Dari penjualan tiket 4th Bekasi Wedding Exhibition akan didonasikan dananya untuk bantuan pengiriman Kapal Kemanusiaan pada Februari 2018 mendatang untuk para korban perang, serta program Tepian Negeri untuk pendidikan serta kehidupan anak-anak bangsa di pelosok negeri. #JEEMovement. Jadi, tunggu apalagi?  Segera kunjungi 4th Bekasi Wedding Exhibition. Tiket pameran pernikahan ini juga dapat dibeli secara online melalui :

Sekian tulisan saya, semoga bermanfaat. Salam.

Sumber gambar :

 Website BWE 4
 Freepik

Juniawan Arif

About Juniawan Arif

Just a guy interested in internet things. Email : jun.juniawan@gmail.com | Follow me on twitter @juniawanarif & instagram @juniawanarif

Leave a Reply