Ketika dihadapkan dengan kemajuan jaman yang modern dan dinamis seperti sekarang ini, sudah sewajarnya kita kemudian bermimpi untuk memiliki berbagai macam sarana penunjang yang mumpuni. Mobil merupakan salah satunya, tak terkecuali mobil dengan fitur-fitur yang sarat akan teknologi terkini. Bisa jadi setiap orang memiliki kriteria mobil impiannya masing-masing. Ada yang menginginkan mobil mungil, ada yang mengidamkan mobil keluarga yang lega dan dilengkapi dengan fitur keamanan canggih atau mungkin ada juga yang bermimpi memiliki mobil terbang agar terhindar dari hiruk pikuk kemacetan. Saya sendiri bermimpi untuk memiliki mobil yang unik, futuristik namun tetap realistis untuk diwujudkan. Tentu saja saya juga menginginkan mobil yang dibekali dengan teknologi-teknologi canggih dan cocok untuk kebutuhan berkendara di kondisi jalan dan iklim Indonesia.

1
Keyless Entry
2
Start Stop Engine Button
3
AC Autoclimate
4
ABS + EBD
5
Airbag
6
MID Interaktif
7
Mesin Ramah Lingkungan dan Irit

Bicara tentang teknologi mobil impian, berikut ini 7 teknologi mobil impian saya :

Keyless entry sebenarnya bukan teknologi baru. Teknologi ini sudah mulai diterapkan sejak tahun 1980an. Saat ini kebanyakan mobil modern sudah memiliki fitur keyless entry ini. Dengan fitur keyless entry memungkinkan pengemudi masuk ke dalam mobil tanpa menggunakan kunci konvensional. Cukup menggunakan remote keyless entry untuk membuka maupun mengunci pintu mobil. Ada beberapa alasan mengapa teknologi keyless entry ini merupakan fitur wajib untuk mobil impian saya, antara lain :

  • Untuk membuka kunci pintu secara cepat.
  • Memudahkan membuka pintu atau bagasi ketika membawa barang belanjaan.
  • Penumpang dapat segera masuk ke dalam mobil karena semua pintu mobil dapat dibuka dari jarak jauh dengan remote keyless entry.

Kita hanya perlu mengingat untuk mengantongi remote di saku baju atau celana selama keluar berkendara. Biasanya mobil dengan keyless entry juga dilengkapi dengan tombol di handle pintu untuk membuka kunci. Cukup dekatkan remote kurang lebih dalam radius 80 cm, pencet tombol di pintu lalu kunci pintu akan terbuka. Praktis bukan?

Teknologi ini ada hubungannya dengan fitur keyless entry. Dimana teknologi engine start stop button ini memungkinkan pengemudi untuk menghidupkan maupun mematikan mesin mobil hanya dengan menekan tombol.

Jadi, tidak ada lagi acara mencolokkan kunci.

Cukup dengan mendekatkan kunci remote lalu tekan tombol engine start stop. Biasanya dilakukan bersamaan dengan menginjak pedal kopling atau rem. Manfaat fitur teknologi ini adalah mempersingkat waktu dalam menyalakan dan mematikan mesin mobil, aman dari jangkauan anak-anak karena selama mobil berjalan tidak ada kunci yang menggantung, desain remote kunci mobil yang semakin mungil dan simpel dan tentu saja mobil terlihat makin futuristik.

Jika AC mobil konvensional harus diatur secara manual untuk mendapatkan suhu yang sesuai, maka sekarang ada satu teknologi yang memungkinkan unit AC menyesuaikan diri secara otomatis dengan suhu kabin. AC autoclimate control namanya. Climate control pada dasarnya adalah fitur yang memungkinkan AC mengatur suhu secara otomatis dengan melihat kondisi udara di luar mobil. Jika udara panas, maka kompresor AC akan bekerja maksimal, sementara jika suhu rendah, maka kompresor AC akan mati. Sehingga pengemudi dapat lebih terfokus dalam mengendarai mobilnya tanpa harus  direpotkan dengan mengatur manual suhu di dalam mobil. Berkendarapun menjadi semakin nyaman. Bukan hanya supir yang diuntungkan dengan fitur ini, penumpang pun akan ikut merasakan kelebihannya. Tidak ada lagi penumpang yang kepanasan atau malah mungkin kedinginan karena pengaturan AC yang tidak pas. Saya pikir fitur ini sangat menarik.

Teknologi berikutnya adalah tentang keamanan berkendara terutama dalam hal pengereman. Teknologi yang harus ada di mobil impian saya tersebut, yaitu ABS dan EBD. Anti-lock Braking System (ABS) adalah sistem pengereman yang mencegah roda terkunci ketika terjadi pengereman mendadak. Karena bukan tidak mungkin ketika terjadi pengereman mendadak mobil akan tergelincir jika roda dalam keadaan terkunci. Hal ini sangat berbahaya karena dalam keadaan roda terkunci laju mobil tidak dapat dikendalikan, sehingga pengemudi tidak memiliki kesempatan untuk menghindari objek di depannya. Sedangkan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) adalah teknologi pengereman yang akan secara otomatis menyebarkan jumlah gaya yang diterapkan pada masing-masing roda kendaraan berdasarkan kondisi jalan, kecepatan dan muatan. EBD akan terasa sekali manfaatnya ketika mobil sedang membawa barang bawaan yang banyak.

Teknologi yang wajib ada berikutnya adalah airbag. Airbag atau kantong udara merupakan salah satu fitur keamanan pada mobil. Ketika terjadi benturan keras sensor akan memicu airbag untuk mengembang. Bertujuan untuk melindungi kepala, leher dan dada kita saat terjadi hal yang tidak diinginkan, tabrakan. Mobil impian saya harus memiliki teknologi ini minimal 2 buah. Ya, dual airbag. Satu di bagian kemudi dan satu lagi di dashboard penumpang depan.

“Pada beberapa mobil modern sudah dilengkapi juga dengan airbag pada bagian samping untuk mengantisipasi benturan dari sisi kanan dan kiri.”

Fitur berikutnya masuk dalam kategori kepuasan berkendara. Di dalam mobil impian saya harus tersemat teknologi MID interaktif. Teknologi Multi Information Display yang dapat menampilkan data-data ketika saya mengendarai mobil. Seperti informasi kecepatan rata-rata, jarak tempuh, lama berkendara, sisa bahan bakar, rata-rata konsumsi bahan bakar dari cara saya berkendara sampai dengan informasi keamanan mobil seperti informasi pintu-pintu mobil yang terbuka dan juga lampu-lampu yang menyala. Ini tentu sangat bermanfaat bagi pengemudi dalam berkendara dan juga dalam melakukan eco driving.

Eco Driving : Teknik berkendara yang efisien sehingga dapat menghemat pemakaian bahan bakar.

Selain itu saya juga menginginkan adanya kendali audio di setir mobil. Agar dapat lebih mudah mengakses head unit tanpa kehilangan fokus dalam berkendara. Pada head unit sendiri saya menginginkan konektifitas bluetooth yang dapat juga digunakan untuk melakukan panggilan telepon tanpa perlu memegang handphone pada saat menyetir.

Seiring dengan kemajuan teknologi mesin mobil pun berevolusi. Saya menginginkan mesin mobil impian dengan tenaga yang tak bisa dibilang kecil namun irit bahan bakar. Hal tersebut bukan suatu hal yang mustahil lagi untuk saat ini. Contohnya saja telah ada mobil baru yang menggunakan mesin 1200 cc namun irit bahan bakar. Diklaim mampu mencapai 23,64 km/L. Angka tersebut menurut saya terbilang cukup fantastis mengingat harga bahan bakar saat ini tidak bisa dibilang murah. Mesin mobil juga harus ramah lingkungan. Standar emisi gas buang yang menjadi patokannya. Saat ini di beberapa negara modern telah menerapkan standar emisi Euro4 bahkan Euro6. Tujuan pemberlakuan standar emisi Euro adalah mengurangi gas buang dari knalpot kendaraan, baik kadar nitrogenoksida (NOx), karbonmonoksida (CO), hidro karbon (HC), dan particulare matter (pm). Sehingga lingkungan akan tetap terjaga dari polusi yang membahayakan.

Itu tadi 7 kriteria teknologi mobil impian saya. Mungkin saja 5 atau 10 tahun ke depan kriteria saya pun berubah mengikuti perkembangan jaman. Apalagi mengingat perkembangan teknologi yang sangat pesat, tidak menutup kemungkinan teknologi-teknologi baru nan inovatif akan segera hadir mewarnai industri otomotif dunia.

Dalam tujuannya mencari inspirasi dan referensi yang relevan tentang mobil impian untuk dimiliki, beberapa hal dapat kita lakukan. Seperti :

Mencari informasi dari berbagai media otomotif
Bergabung ke dalam komunitas otomotif
Mendatangi pameran otomotif bergengsi

Nah, jika Anda ingin mendatangi pameran mobil dalam waktu dekat ini, jangan sampai ketinggalan sebuah event otomotif berskala internasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 – 20 Agustus 2017 mendatang. Apalagi kalau bukan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

the 25th

GAIKINDO

Indonesia International Auto Show

Mengusung tema “Rise of the Future Mobility” GAIKINDO bertekad membuat GIIAS 2017 sebagai langkah untuk membangun dan mengembangkan industri otomotif Indonesia yang berorientasi masa depan. Akan ada puluhan merk mobil, motor dan ratusan merk-merk pendukung di industri otomotif yang akan meramaikan GIIAS 2017 :

29
Merk Mobil
10
Merk Motor
250
Merk Pendukung di Industri Otomotif

Berikut ini beberapa merk mobil yang ikut serta dalam GIIAS 2017 :

Bisa jadi kita akan menemukan mobil yang sesuai dengan impian di pameran mobil berkelas dunia GIIAS 2017. Karena di pameran ini kita bisa melihat berbagai jenis mobil baru dari banyak pabrikan yang menjadi exhibitor. Kita juga dapat melihat secara langsung mobil-mobil konsep yang tentunya dijejali dengan teknologi-teknologi mutakhir. Selain itu, GIIAS 2017 juga menyediakan fasilitas test drive mobil-mobil idaman di outdoor parking area. Dan, yang menarik dan tidak boleh dilewatkan adalah berbagai macam tawaran promosi yang tentunya disuguhkan oleh para peserta pameran mobil bergengsi ini. Jadi, jangan lewatkan pameran otomotif GIIAS 2017 ini.

Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD
10 – 20 Agustus 2017
GAIKINDO Indonesia International Auto Show
@GIIAS_ID
+Indonesiaautoshow

Sekian tulisan saya, semoga bermanfaat. Salam.

 Freepik.com
 Website GIIAS 2017

Bukti posting di Twitter :

Juniawan Arif

About Juniawan Arif

Just a guy interested in internet things. follow me on twitter @juniawanarif & instagram @juniawanarif

2 Comments

Leave a Reply