Seperti kita ketahui bersama, apartemen merupakan sebuah model hunian yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari suatu bangunan. Biasanya dalam suatu gedung apartemen dapat memiliki puluhan bahkan ratusan unit apartemen. Model hunian vertikal ini banyak diminati oleh masyarakat kelas menengah ke atas dan juga para ekspatriat. Tak heran pembangunan apartemen umumnya berlokasi di kota-kota besar seperti Jakarta. Dari hasil riset Colliers International Indonesia tentang apartemen di Jakarta kuartal I tahun 2016, dapat kita ketahui total pasokan apartemen pada tahun 2016-2018 diprediksi akan mencapai 75.083 unit.

Pada tahun 2016 pasokan apartemen berjumlah 26.583 unit. Kemudian pada tahun 2017 mencapai angka 24.447 unit. Dan pada tahun 2018 berada di angka 24.053 unit.

Lalu semudah atau malah sesulit apakah menjual dan menyewakan apartemen yang berjumlah ribuan tersebut?

Sebelum kita bersama-sama mencari tahu jawaban dari pertanyaan besar di atas, mari kita terlebih dahulu melihat beberapa fakta terkait dengan bisnis apartemen.

Sepanjang tahun 2016 pasar properti mengalami masa yang berat. Hal ini dikarenakan oleh pertumbuhan ekonomi nasional yang cukup lambat. Kabar baiknya, di tahun 2017 pasar properti akan lebih baik. Pemerintah dengan berbagai kebijakannya, seperti tax amnesty, pelonggaran LTV, penurunan uang muka serta pajak BPHTB membuahkan harapan besar bagi sektor properti. Dari semua subsektor properti yang ada, apartemen merupakan salah satu yang dipercaya bakal melejit di tahun 2017 ini. Dibanding rumah, tanah atau ruko, investasi apartemen tetap lebih baik dengan beberapa keuntungan seperti gampang menjual kembali, permintaan banyak dan sewa yang tidak pernah surut. Berita baiknya lagi, meskipun industri properti sedang mengalami penurunan pun, transaksi jual-beli dan sewa-menyewa apartemen MASIH terjadi setiap harinya.

Jadi, tidak perlu berkecil hati atas investasi apartemen yang sudah Anda lakukan. Cara pemasaran yang lebih CERDAS adalah yang Anda BUTUHKAN di kondisi seperti ini.

Berinvestasi dalam bentuk apartemen dinilai masih lebih aman dibandingkan instrumen lainnya di tengah iklim pertumbuhan ekonomi yang cenderung melambat. Pasalnya, ada beberapa keuntungan dalam berinvestasi di bidang apartemen antara lain :

  • Hak tinggal yang lebih fleksibel karena tidak diatur oleh pengelola
  • Adanya prospek investasi dari capital gain (kenaikan harga unit)
  • Memiliki prospek rental income (penghasilan yang didapatkan melalui uang sewa).

Akan tetapi, yang perlu diperhatikan adalah prospek keuntungan tersebut bisa didapatkan dengan memilih unit yang memenuhi kriteria berikut :

  • Memiliki lokasi yang berkategori baik
  • Kualitas konstruksi yang baik
  • Baik juga dalam hal jenis fasilitas yang tersedia.
  • Serta tidak kalah penting dan juga akan lebih memberikan nilai tambah bagi konsumen jika unit apartemen tersebut memiliki angsuran yang ringan.

Beberapa tahun ke belakang disadari ataupun tidak kita tengah bermain dengan model bisnis sharing economy. Model bisnis kolaboratif ini berusaha untuk menghubungkan antara satu pengguna dengan pengguna lainnya yang menyediakan barang atau jasa. Berbeda dengan korporasi atau startup yang menjual langsung barang maupun jasa mereka, startup yang menggunakan model bisnis sharing economy ini berusaha untuk memberdayakan pengguna yang memiliki aset tertentu untuk memberikan manfaat bagi pengguna lainnya. Contohnya, sebut saja Uber dan GO-JEK.

Nah, model bisnis ini pun telah diterapkan di tengah masyarakat kita dalam usahanya menjual dan menyewakan apartemen yang mereka miliki. Sehingga saat ini upaya menjual dan menyewakan apartemen bukanlah suatu hal yang sulit, melainkan mudah dan cepat.

Rukamen, sebuah situs tempat pencarian listing jual dan sewa apartemen termudah dan terlengkap di Indonesia merupakan startup yang memfokuskan diri pada layanan pencarian listing jual dan sewa apartemen yang menerapkan model bisnis sharing economy yang dimaksud. Berbeda dengan agent properti, Rukamen akan membantu menjual maupun menyewakan apartemen Anda secara lebih hemat. Rukamen (PT. Rumah Kantor Apartemen) menawarkan metode sales hacking dengan tagline :

Jual/Sewakan Apartemen Anda Dalam Seminggu.

Ya, dalam seminggu saja. Berikut ini selengkapnya tentang tips menjual dan menyewakan apartemen dengan cepat ala Rukamen SalesHack :

Langkah 1 : Menentukan Harga

Pasang harga sewa atau jual properti Anda sedekat mungkin dengan batas harga terendah Anda. Harga yang menarik di pasaran akan langsung menjadi incaran orang-orang yang mencari hunian. Kemudahan mendapatkan informasi di era digital seperti sekarang ini tentu berpengaruh terhadap perilaku konsumen dalam mencari dan menyeleksi properti yang mereka impikan. Sehingga menentukan harga yang menarik sangat penting dalam hal ini.

Langkah 2 : Ingat Opportunity Cost & Fixed Cost

Semakin lama properti Anda tidak tersewa/terjual, semakin besar opportunity cost Anda. Sebagai contoh: Anda ingin menyewakan apartemen seharga 15juta/bulan. Semakin lama tidak tersewa, maka Anda berpotensi kehilangan 500ribu/hari yang seharusnya masuk ke kantong Anda (15juta dibagi 30hari). Bahkan lebih parahnya lagi, Anda masih harus membayar fixed cost seperti service charge dan utilities (listrik, air, dll) yang tetap harus dibayarkan walaupun apartemen Anda sedang dalam kondisi tidak berpenghuni.

Langkah 3 : Always Open For Negotiation

Terbuka untuk negosiasi dengan calon penyewa/pembeli properti Anda sangatlah penting. Meskipun menurut Anda secara teori masih banyak orang lain yang berminat dengan properti Anda, jangan langsung menolak untuk bernegosiasi dengan calon penyewa/pembeli di depan mata yang sudah serius tertarik dengan properti Anda. Sebagai contoh: apabila Anda memasarkan apartemen Anda dengan harga sewa 15juta/bulan, Anda jangan langsung mengabaikan tawaran harga 12juta/bulan. Ingat opportunity cost! Lebih baik properti Anda tersewa sekarang dengan harga 12juta/bulan daripada tersewa dengan harga 15juta/bulan tetapi Anda menunggu 6 bulan (opportunity cost Anda adalah 72 juta (6 bulan x 12juta)).

Langkah 4 : Sangat Penting Untuk Memperhatikan Hal-hal Teknis Seperti :

  • Kondisi dan dekorasi interior apartemen Anda menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan cepat atau tidak tersewa/terjualnya unit apartemen anda. Pada umumnya apartemen dengan interior yang bagus akan lebih menarik. Namun demikian, tentukan terlebih dahulu apakah Anda akan menjual/menyewakan unit apartemen dengan kondisi unfurnished/semi-furnished/furnished dan siapa market yang Anda tuju? Sebagai contoh: Anda ingin menjual apartemen tipe 3 kamar, sebaiknya Anda menjual dalam kondisi unfurnished karena market untuk apartemen tipe 3 kamar biasanya adalah keluarga. Banyak dari mereka lebih memilih untuk mendesain sendiri interiornya untuk disesuaikan dengan kebutuhannya. Lain halnya jika Anda ingin menyewakan apartemen tipe studio atau tipe 1 kamar. Ada baiknya Anda mendekorasi dengan lengkap(fully furnished), karena market apartemen tersebut seringkali adalah expatriate,karyawan, pasangan muda, ataupun mahasiswa yang mana memerlukan hunian yang siap untuk langsung ditinggali.
  • Ketahui kapan saat yang tepat untuk menjual/menyewakan apartemen Anda. Sebagai contoh: Anda ingin menjual apartemen yang masih berstatus PPJB, sedangkan dalam waktu dekat sudah akan diproses sertifikat AJB. Anda dapat menunggu sertifikat AJB tersebut keluar dan baru memasarkan apartemen Anda. Selain harga menjadi lebih tinggi, peminat menjadi lebih banyak karena mereka dapat memproses pembayaran dengan KPA.
  • Foto unit Anda dengan bagus. Foto adalah hal pertama yang dilihat oleh para pencari hunian. Foto yang bagus akan membuat mereka lebih tertarik dan melihat lebih lanjut informasi tentang apartemen Anda.
  • Berikan informasi yang benar dan lengkap mengenai apartemen Anda. Hal ini akan memudahkan para pencari hunian dalam menentukan apartemen seperti apa yang mereka cari. Juga membantu Anda nantinya, tidak membuang-buang waktu dan tidak perlu mengingat-ingat lagi karena semuanya sudah tertulis dengan jelas.
  • Tunjukan nilai lebih yang dimiliki unit apartemen Anda. Sebagai contoh: Anda ingin menjual apartemen Anda yang nantinya akan dilalui oleh jalur MRT. Hal ini dapat menjadi nilai lebih yang dapat diinformasikan ke para pencari hunian. Mereka akan memperoleh banyak keuntungan salah satunya capital gain yang didapat saat MRT sudah jadi nantinya.

Langkah 5 : Gunakan Stacking Method – Selling Hack

  • Adalah cara ter-CERDAS dalam memasarkan apartemen anda.
  • Stack atau menumpuk adalah metode pemasaran dengan menggunakan SEMUA tool dan media yang tersedia seperti :
    • Classifieds Ads baik Offline maupun Online
    • Forum
    • Social Media,
    • Email Blast,
    • Sms Blast,
    • dan Media lainnya.
  • Tahukah Anda bahwa menentukan waktu (timing) untuk memasang iklan sangatlah penting. Iklan Anda menjadi lebih efektif apabila Anda memasang iklan pada saat target market yang diinginkan sedang aktif online.

SalesHack adalah sebuah paket jasa penjualan/penyewaan apartemen anda. Rukamen SalesHack akan membantu Anda dalam semua kebutuhan dan informasi yang Anda butuhkan dalam menjual properti Anda secara online. Mengurangi kebutuhan Anda pada perantara atau agent properti, yang bisa menghemat uang komisi hingga ratusan juta. Dalam paket SalesHack, Anda akan mendapatkan jasa pengiklanan properti melalui channel Rukamen ke berbagai macam media iklan, gratis maupun berbayar dan juga media forum. Singkatnya, SalesHack merupakan Cara Cepat Jual Apartemen yang juga merupakan Cara Cepat Sewa Apartemen.

Penasaran seperti apa cara kerja SalesHack? Silahkan kunjungi websitenya disini :

Di tengah era keterbukaan informasi yang diiringi dengan kemajuan teknologi, cara menjual dan menyewakan apartemen kini semakin mudah. Ditambah lagi dengan adanya Rukamen SalesHack yang sudah saya singgung di atas. Rukamen SalesHack ibarat sebuah jawaban jitu untuk pertanyaan-pertanyaan seputar sulit atau mudahnya menjual dan menyewakan apartemen. Rukamen yang berambisi untuk menjadi situs listing apartemen nomor satu di Indonesia terbukti tidak main-main. Salah satu bukti sederhananya saja adalah ketika saya mencari referensi tentang “apartemen” di situs Wikipedia, Rukamen menjadi bahan rujukan utama di dalam artikel tersebut.

Jadi, tunggu apalagi? Jika saat ini Anda ingin menjual atau menyewakan apartemen Anda secara cepat, segera saja manfaatkan Rukamen Saleshack. Sekian tulisan saya, semoga membantu. Salam.

Kunjungi juga media sosial Rukamen berikut ini :

 rukamencom
 rukamencom
 apartemen

Jika ada yang ingin ditanyakan tentang Rukamen SalesHack Anda juga dapat membaca FAQ disini.

10 Comments

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons