One good thing about music, when it hits you, you feel no pain. ~Bob Marley

Musik. Ada yang menjadikannya sebagai pelipur lara, pengobat rindu, teman dikala sedih, pelengkap momen bahagia atau sebagai penyemangat dalam beraktivitas. Disadari ataupun tidak, hidup kita menjadi semakin berwarna dengan adanya musik. Seiring perkembangan jaman, cara kita mendengarkan musik pun mengalami perubahan.

Boleh jadi, dulu kita pernah merasakan sensasi asyiknya menggulung pita kaset dengan sebuah pensil. Nah, apa jadinya jika generasi muda saat ini kita sodorkan sebuah kaset dan pensil? Bisa-bisa mereka menggunakan pensil untuk menuliskan label pada kaset atau justru malah kebingungan mencari hubungan antara kaset dengan pensil. Karena di jaman serba online seperti sekarang ini, mereka seolah tidak berkesempatan untuk mengenali sensasi tersembunyi dari dua benda tersebut.

Pada kenyataannya, kemajuan teknologi sekarang ini memungkinkan kita untuk dapat melakukan banyak hal secara online. Termasuk dalam hal mendengarkan musik, dimana saat ini telah banyak pemutar musik online yang dapat kita pilih sesuai selera. Salah satunya adalah Langit Musik yang merupakan karya anak bangsa dan memiliki audio berkualitas tinggi dengan dukungan teknologi Dolby Digital. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mereview New Apps Langit Musik dengan berbagai macam fitur menariknya.

Langit Musik adalah layanan streaming dan download lagu yang diakui secara legal. Tentunya legalitas ini mengurangi pembajakan hasil karya musik baik musik lokal maupun internasional. Layanan Langit Musik dapat diakses tanpa biaya dan tanpa batas khusus bagi para pelanggan Telkomsel. New Apps Langit Musik merupakan sebuah transformasi dari aplikasi Langit Musik yang terdahulu. Logo Langit Musik merupakan sebuah perubahan yang nampak paling jelas. Dimana sebelumnya berbentuk cipratan air berwarna biru dengan tulisan Langit Musik yang memanjang horizontal. Logo baru New Apps Langit Musik kini bergambar headphone yang mencerminkan aplikasi berkategori musik. Kemudian kabel headphone membentuk huruf L dan M bersambung yang merupakan inisial dari Langit Musik. Kreatif. Didesain agar cocok untuk diaplikasikan di media apapun, termasuk untuk dijadikan icon aplikasi di smartphone atau tablet.

Perubahan yang dilakukan oleh Langit Musik tersebut seolah menjadi bukti bahwa Telkomsel bersama PT. MelOn Indonesia selaku pemilik layanan musik online ini ingin meningkatkan mutu dan kualitas layanan demi kepuasan para pelanggannya.

Begitu membuka New Apps Langit Musik, hal pertama yang menarik bagi saya adalah kesan minimalis, warna yang adem di mata dan desain tombol-tombol menunya yang simpel namun cukup informatif. Kombinasi warna background yang gelap dengan aksen warna-warni pada tombol menu terasa pas dan cocok. Seperti ini tampilan New Apps Langit Musik di smartphone saya :

Seperti terlihat pada gambar smartphone ketiga yang berwarna hijau, seperti itulah New Apps Langit Musik saat memutar lagu. Dengan animasi piringan yang berputar dan tentu saja dilengkapi dengan lirik lagu. Sehingga kita bisa ikut bernyanyi tanpa khawatir tidak hafal dengan liriknya. Asyik bukan?

 EXPLORE

Fitur EXPLORE dibuat untuk memudahkan pengguna menikmati musik-musik pilihan dengan menghadirkan dua menu : FOR YOU dan BROWSE.

Pada menu FOR YOU terdapat rekomendasi playlist yang dilengkapi dengan info jumlah follower playlist masing-masing. Sehingga kita bisa mengetahui playlist mana yang memang banyak disukai oleh pengguna lainnya atau sebaliknya. Kemudian di bagian bawahnya terdapat rekomendasi lagu-lagu dan juga artis-artis dari Music Director.

Sedangkan pada menu BROWSE kita dapat mencari lagu berdasarkan kriteria New Release, Top Hits, Trending Artist, Moods dan juga Genres. Jadi semisal saya ingin mendengarkan lagu-lagu bertemakan jatuh cinta saya tinggal pilih kriteria Moods : Falling in Love.

TAGSTATION

Menu #TAGSTATION menampilkan lagu secara acak yang dipilih oleh Music Director berdasarkan tagar atau hashtag. Jadi kita bisa pilih tagar yang sesuai dengan momen yang sedang kita alami lalu lihat kejutan lagu apa yang dipilihkan oleh Music Director untuk kita sesuai dengan tagar yang kita pilih. Seru.

TRENDING

Menurut saya ini adalah fitur yang cukup unik. Kita dapat mengetahui lagu yang sedang hits atau trending di kota tertentu. Tampilannya berbentuk peta Indonesia yang dapat kita geser dan lalu pilih bulatan pada lokasi kota yang ingin kita cek lagu trendingnya. Saya coba mencari lagu yang trending di Bali dan mendapati lagu Closer – The Chainsmokers yang sedang berada di tangga paling atas.

MY MUSIC

Sesuai namanya, fitur MY MUSIC berisi kumpulan lagu-lagu yang sudah pernah kita dengarkan di New Apps Langit Musik. Pada menu ini juga ditampilkan berapa banyak lagu yang sudah pernah kita dengarkan, begitu juga dengan jumlah album dan playlist.

NOTIFICATIONS

Fitur ini berguna untuk menampilkan sejumlah notifikasi baik notifikasi updates, share with me dan juga promo-promo menarik.

Pengguna atau user New Apps Langit Musik terdiri dari 2 tipe, yaitu Basic dan Premium. Pengguna Basic atau free member sama-sama dapat menikmati 6.000.000 lagu di Langit Musik, akan tetapi hanya bisa dalam mode streaming. Tidak bisa dalam mode offline atau dengan kata lain tidak dapat mendownload lagu. Dan juga untuk pengguna Basic ini akan mendapati iklan suara. Sedangkan pengguna Premium terbebas dari iklan dan dapat mendownload lagu-lagu tak terbatas, sehingga dapat mendengarkan lagu di mana pun dan kapan pun.

Dolby Digital merupakan teknologi untuk menghasilkan suara surround digital. Teknologi Dolby Digital ini biasanya digunakan dalam pemrosesan dan pembentukkan data audio untuk film-film di bioskop atau film-film pada media kepingan seperti DVD. Dolby Digital dikembangkan oleh Dolby Laboratories. Bayangkan kualitas audio sebagus audio di film-film bioskop bisa kita dengarkan di smartphone kita. Mengasyikkan.

Terdapat dua paket pilihan berlangganan sebagai pengguna Premium, yaitu :

  • LangitMusik Premium 7 Days : Unlimited streaming dan download. Rp. 6.600 berlaku selama 7 hari.
  • LangitMusik Premium 30 Days : Unlimited streaming dan download. Rp. 22.000 berlaku selama 30 hari.

Untuk akses tanpa batas ke 6.000.000 lagu dan berkualitas audio Dolby Digital, sepertinya harga paket di atas terbilang relatif murah.

Melalui menu UPGRADE TO PREMIUM, pengguna dapat melakukan pembelian paket berlangganan dengan mudah. Cara bayarnya dengan potong pulsa. Praktis.

Setelah berlangganan dan beberapa kali asyik menggunakan New Apps Langit Musik, berikut ini sedikit masukan dari saya :

  • Sebaiknya dilengkapi fitur autocomplete di kolom pencarian. Hal ini saya rasa akan sangat membantu pengguna dalam mencari lagu. Terutama jika nama artis atau lagu yang akan dicari panjang dan susah dihafal.
  • Sebaiknya dilengkapi setting ukuran font yang terpisah dengan sistem utama smartphone. Ambil contoh saya yang suka dengan ukuran font “small” untuk sistem utama tapi ketika membuka New Apps Langit Musik ukuran font di dalamnya ikut mengecil dan terlihat terlalu kecil. Kebalikannya, jika saya mengganti ukuran font di sistem utama menjadi “normal” maka tampilan di New Apps Langit Musik sesuai dengan harapan saya dan mudah dibaca, tapi tampilan di sistem utama smartphone saya jadi terlihat kebesaran.
  • New Apps Langit Musik akan lebih baik jika memiliki settingan agar layar selalu hidup ketika digunakan untuk memutar lagu. Istilahnya “keep awake”, karena dirasa perlu terus menyala apalagi ketika sedang ikut bernyanyi dengan membaca lirik yang kita belum hafal.
  • Akan lebih baik lagi jika pengguna juga difasilitasi untuk melakukan request lagu untuk dimasukkan ke dalam katalog jika mendapati lagu kesukaannya belum terdapat di katalog Langit Musik.

New Apps Langit Musik tidak hanya memfasilitasi penikmat musik saja, tapi juga tentunya memberi wadah bagi para musisi untuk menyampaikan musik mereka. Kondisi yang saling menguntungkan inilah yang membawa kesuksesan besar bagi layanan musik online Langit Musik ini.

Langit Musik seakan menjadi jawaban atas masalah pembajakan musik baik lokal maupun mancanegara. Karena dengan New Apps Langit Musik siapapun dapat menikmati musik berkualitas audio Dolby Digital secara legal. Dengan menggunakan New Apps Langit Musik tanpa disadari kita juga telah memberi dukungan untuk kemajuan industri musik nusantara.

Sekian tulisan saya, semoga bermanfaat. Salam

Kunjungi sosial media Langit Musik disini :

@LangitMusik616
Download New Apps Langit Musik disini :

Google Play 130

Sumber gambar :

Freepik.com 
Screenshot New Apps Langit Musik

11 Comments

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons