Dalam mewujudkan rumah impian, bisa jadi setiap orang memiliki cerita uniknya masing-masing. Bahkan di tengah masyarakat kita pun mengenal perumpamaan “mencari rumah idaman ibarat mencari jodoh”. Karena memang dalam kenyataannya ada yang diberi kemudahan namun tidak dipungkiri ada juga yang mengalami kesulitan dalam menemukan rumah impiannya. Saya sendiri punya sedikit cerita tentang pencarian rumah impian saya bersama pasangan. Berikut ini ceritanya.

Sekitar akhir tahun 2011, saya dan pasangan yang saat itu baru beberapa bulan menikah memulai pencarian rumah impian kami di Bali. Bukan perkara mudah bagi kami mencari rumah yang lokasi, tipe dan harganya sesuai dengan keinginan dan kemampuan kami. Apalagi kami merupakan warga pendatang sehingga pengetahuan kami masih terbatas, referensi yang kami dapat pun tidak banyak.

Kesulitan utama kami saat itu adalah kurangnya informasi tentang lokasi-lokasi perumahan yang tersedia. Alhasil, setiap akhir pekan kami jalan-jalan dengan mengendarai sepeda motor ke daerah yang sekiranya terdapat perumahan atau lahan yang sedang dikembangkan. Selain itu, karena berencana membeli rumah dengan sistem kredit, kami yang masih awam memerlukan informasi lengkap tentang syarat dan tata cara pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari bank-bank terkait. Cukup kerepotan memang.

Singkat cerita kami menemukan rumah yang dicari berkat informasi dari salah seorang rekan kerja istri saya. Rumah dan developer sudah oke, selanjutnya kami menentukan bank untuk pengajuan KPR. Pihak bank yang kami pilih sayangnya masih konvensional, kami harus mendatangi kantor cabang bank tersebut dan berurusan dengan salah seorang petugasnya. Entah berapa kali kami harus bolak-balik ke kantor cabang bank tersebut. Bahkan kekurangan persyaratan dari kami pun sempat dijemput di tempat kost kami. Selesai berurusan dengan petugas bank tersebut kami diminta membayar Rp. 500.000,-. Kami yang saat itu sedang bersemangat akan memiliki rumah baru tentu tidak mempermasalahkan biaya tersebut. Belakangan baru kami ketahui kalau biaya tersebut seharusnya tidak perlu ada. Apalagi persyaratan pengajuan KPR tersebut seharusnya bisa saja kami kirimkan secara online. Namun pihak bank tidak bersedia dengan cara tersebut.

Di era modern seperti sekarang ini dengan berbagai kemajuan teknologinya sudah sewajarnya pihak bank sebagai penyedia layanan perbankan bertransformasi secara digital untuk meningkatkan layanannya. Seperti yang sudah dilakukan oleh Bank Tabungan Negara (BTN).

Dari infografik di atas terlihat transformasi Bank BTN dari tahun ke tahun hingga tahun yang akan datang. Saat ini Bank BTN berada pada periode transformasi 2, yaitu Digital Banking. Dengan transformasi digital, semua produk e-banking Bank BTN dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Termasuk produk BTN Properti untuk pengurusan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui website BTNProperti.co.id.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang kemudahan mengajukan KPR online melalui website BTNProperti.co.id. Apakah website BTNProperti.co.id benar-benar bisa membantu mewujudkan impian rumah Anda? Mari kita simak tulisan saya.

Pertama mari kita cari tahu bagaimana cara mengakses website BTNProperti.co.id. Website BTNProperti.co.id dapat dengan mudah kita akses melalui berbagai perangkat dari mana pun dan kapan pun. Kita dapat mengetikkan “btnproperti.co.id” pada browser perangkat yang kita gunakan. Baik melalui perangkat komputer desktop (PC), laptop, tablet maupun smartphone.

Ya, website BTNProperti.co.id menerapkan desain responsif (responsive design) yang memungkinkan layout website dapat menyesuaikan diri dengan ukuran layar dari perangkat apapun yang digunakan. Sehingga semua menu, teks dan gambar yang ada dapat selalu terbaca dengan baik.

Untuk lebih meyakinkan, kita dapat melakukan mobile-friendly test melalui Google Mobile-Friendly Test dan Google Mobile Website Speed Testing Tool. Saya sempat melakukan kedua test tersebut dan hasilnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Dan sudah pasti website BTNProperti.co.id lolos mobile-friendly test dengan skor 98 dari total 100 poin. Hampir sempurna.

98
Mobile Friendliness

Jika kita perhatikan, warna-warna yang digunakan adalah dominasi putih, biru, dan kuning selaras dengan logo Bank BTN. Informasi-informasi yang terlihat dari tampilan halaman depan website BTNProperti.co.id nampak sekali dibuat untuk memudahkan pengunjung website dalam mencari rumah idaman yang selanjutnya dapat dibeli dengan KPR BTN.

 Pengajuan Online :
Melalui menu ini pengunjung website dapat mengajukan permohonan Kredit Pemilikan Rumah secara online dengan cara menginputkan data-data yang diperlukan. Tentu ini akan menghemat waktu dan biaya, karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

 Simulasi KPR :
Fitur simulasi KPR dapat diakses melalui tombol khusus yang berada di sebelah kanan slider di halaman depan website atau dapat juga melalui menu atas Pengajuan Online. Simulasi dapat dilakukan dengan adanya kalkulator yang akan otomatis menghitung secara rinci biaya KPR sampai dengan besar cicilan per bulannya. Fitur ini tentu sangat membantu kita untuk memperhitungkan kemampuan kita ketika berencana memiliki rumah dengan sistem KPR.

 Konsultasi KPR :
Saat berencana mengajukan KPR tentu kita ingin berkonsultasi dengan pihak bank penyedia KPR. Melalui fitur Konsultasi KPR kita tidak perlu repot-repot mendatangi kantor cabang Bank BTN untuk berkonsultasi. Kita dapat melakukannya secara online dari mana pun dan kapan pun.

 Pencarian Properti :
Ini salah satu fitur yang sangat bermanfaat. Karena akan memudahkan kita untuk mencari properti berdasarkan lokasi dan juga rentang harga yang dikehendaki. Properti yang tersedia di website BTNProperti.co.id pun bukan sembarang properti, melainkan properti dari developer-developer yang sudah terdaftar dan terverifikasi oleh Bank BTN. Informasi yang disediakan sangat lengkap, meliputi nama perumahan, harga, lokasi, nama developer hingga nomor telepon. Pencarian properti juga semakin lengkap dengan adanya tambahan pencarian properti agunan BTN yang mungkinkan kita mencari properti lelang BTN. Selain itu kita juga dapat mengecek harga pasar properti, sehingga kita memiliki gambaran harga yang dapat dijadikan referensi untuk meyakinkan diri saat akan membeli properti.

Informasi Properti bermanfaat lainnya :
Website BTNProperti.co.id berisi banyak informasi bermanfaat tentang properti. Di bagian Blog, kita dapat membaca beberapa artikel informatif seputar properti. Begitu juga di bagian Berita & Info.

Pengajuan Kerjasama Developer :
Tidak hanya calon pembeli properti saja tapi para developer pun difasilitasi disini. Pihak developer dapat mendaftarkan propertinya melalui fitur Pengajuan Kerjasama Developer secara online dan gratis. Para pengembang perumahan yang mendaftar akan melalui proses verifikasi terlebih dahulu oleh pihak Bank BTN. Sehingga developer yang terdaftar merupakan developer yang dapat dipercaya dan diandalkan.

Berikut ini cara pengajuan KPR Online melalui website BTNProperti.co.id :

  • Pilih menu Pengajuan Online;
  • Lalu klik Ajukan Sekarang;
  • Akan muncul 2 pilihan pengajuan KPR yaitu : KPR Konvensional dan KPR Syariah;
  • Misalnya kita pilih KPR Konvensional;
  • Selanjutnya masukkan data-data yang diperlukan, mulai dari Pilih Kantor Cabang, Nilai Pengajuan sampai dengan data pribadi dan data pekerjaan pemohon
  • Lalu lampirkan file KTP dan file slip penghasilan.
  • Ketik kode captcha lalu klik Ajukan Kredit.
  • Selanjutnya formulir pendaftaran pemohon akan langsung diproses oleh kantor cabang yang dipilih. Selesai

Mudah bukan? Dan tentunya efektif dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, website BTNProperti.co.id pun hadir dalam bentuk aplikasi mobile Android dan iOS yang bernama BTNProperti Mobile. Seperti ini tampilannya di smartphone Android saya :

Semua hal yang bisa kita lakukan melalui website BTNProperti.co.id juga dapat dilakukan melalui aplikasi mobile Android dan iOS BTNProperti Mobile. Ya, mengikuti perkembangan jaman Bank BTN semakin maju dan modern.

Karena BTN merupakan bank pelopor yang ditunjuk untuk memberikan pelayanan KPR sejak tahun 1974.
Karena pada tahun 2000 BTN menjadi bank umum yang memberikan pinjaman tanpa subsidi untuk perumahan.
Karena BTN sudah melakukan sekuritisasi asset pada tahun 2008.
Kemudian karena BTN pada tahun 2009 sudah IPO.
Karena BTN sudah mengimplementasikan transformasi berkelanjutan di bidang Human Capital, IT dan Proses pada tahun 2013.
Dan yang terakhir karena BTN menjadi bank yang memiliki market share KPA/KPR terbesar pada September tahun 2014 .

Dari fakta-fakta di atas tentu tidak ada keraguan lagi bagi kita untuk memilih BTN Properti sebagai penyedia layanan KPR kan?

Sering kali saya mendengar orang menyebut sebuah nama perumahan sebagai BTN. Misalnya : Perumahan Griya Alam, akan tidak asing bagi saya mendengar orang menyebutnya sebagai BTN Griya Alam. Hal ini bukan hanya terjadi di daerah saya tinggal saat ini saja, tapi seolah sudah umum terdengar di seluruh nusantara. Ini semata karena Bank BTN yang merupakan pelopor Bank penyedia layanan KPR sudah ibarat merk yang mendarah daging di masyarakat Indonesia. Dengan kepercayaan masyarakat dan kelebihan yang dimilikinya, Bank BTN sudah sewajarnya berusaha memberikan layanan perbankan terbaik. Website BTNProperti.co.id terbukti memudahkan kita untuk memiliki rumah impian. Dengan pengajuan KPR online Bank BTN seolah ingin menunjukkan bahwa transformasi digital yang dilakukan olehnya bukan lah omong kosong belaka. Melainkan transformasi digital yang dilakukan secara masif di berbagai lini demi meningkatkan layanan perbankan bagi masyarakat Indonesia.
Sekian tulisan saya, semoga bermanfaat dan jaya selalu Bank BTN. Salam.

Untuk lebih mengenal tentang BTN Properti silahkan kunjungi sosial media BTN Properti berikut ini :

BTN Properti
@btnproperti
@btnportalproperti

Download BTNProperti Mobile disini :

Untuk melihat pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai website BTNProperti.co.id kunjungi halaman FAQ ini atau hubungi Contact Center BTN di 1500286 untuk pertanyaan lebih lanjut.

13 Comments

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons