Pernahkah Anda mengalami hal-hal yang tidak diinginkan saat travelling? Semisal pesawat delay yang mengakibatkan jadwal travelling Anda berantakan, menderita sakit pada saat berada di tempat tujuan, cidera atau mungkin kehilangan bagasi di pesawat? Tentunya kita semua tidak menginginkan hal-hal buruk tersebut terjadi. Saya sendiri pernah mengalami beberapa kejadian buruk saat travelling.

Sekitar akhir tahun 2010 saya pergi travelling dari Denpasar ke Singapura bersama pasangan. Dari mulai keberangkatan sampai dengan semua rencana perjalanan wisata di Singapura berjalan sesuai harapan. Namun pada saat perjalanan pulang pesawat kami delay selama 2 jam. Padahal rute kami saat itu cukup panjang. Estafet dengan jarak antar keberangkatan yang cukup ketat. Singapura ke Bandung, lalu dilanjut Bandung – Jakarta lewat darat, terakhir Jakarta – Denpasar dengan maskapai yang sama. Ketat, karena memang kami sudah mengatur sedemikian rupa untuk tidak terlalu lama di tempat transit. Cuaca buruk di kota Bandung saat itu menjadi penyebabnya. Setelah delay pun pesawat yang kami tumpangi masih harus memutar-mutar dulu di atas langit Bandung sebelum akhirnya berhasil mendarat dengan selamat sore itu. Kami segera bergegas ke Sales Counter maskapai penerbangan yang kami tumpangi. Maksud kami ingin meminta kompensasi dan mencari solusi karena waktu sudah tidak memungkinkan untuk mengejar pesawat kami dari Jakarta. Kami malah sempat disalahkan karena mengatur waktu yang terlalu mepet. Kondisi yang sudah lelah ditambah dengan respon yang kurang bersahabat memantik emosi kami. Setelah berdebat singkat akhirnya kami mendapatkan jadwal pengganti untuk pesawat kami dari Jakarta, tapi untuk penerbangan paling pagi keesokan harinya. Fyuh, paling tidak kami mendapat tiket pengganti meskipun tetap harus kerepotan dan keluar biaya lagi untuk mencari penginapan di Bandung, membatalkan pesanan travel dan booking travel untuk esok paginya.

Pengalaman tidak mengenakkan juga pernah saya alami saat travelling ke Gili Trawangan bersama istri dan satu anak kami yang berusia 4 tahun. Tepatnya di bulan Desember 2015 yang lalu saat kami sedang asyik bermain-main di pasir putih Gili Trawangan, tiba-tiba saja hujan lebat mengguyur disertai angin. Spontan kami bergegas mengayuh sepeda sewaan dan mencari tempat berteduh. Setelah sempat berteduh di sebuah gubuk kecil, kami memutuskan untuk lanjut menerobos hujan kembali ke penginapan. Badan kami memang sudah terlanjur basah kuyup dan si bocah sudah menggigil kedinginan. Saat itu anak saya dibonceng istri, saya mengayuh sepeda yang satu lagi di belakang mereka. Seketika kaki kiri anak saya terpleset dan masuk ke jari-jari sepeda. Sungguh pengalaman yang tidak ingin kami ingat-ingat sebenarnya. Singkat cerita, kami harus membawa anak kami ke klinik terdekat. Beruntung saat itu kami berada tidak jauh dari klinik. Kejadian itu menimpa anak saya di hari pertama liburan kami saat itu. Padahal masih tersisa dua hari lagi rencana liburan kami di Gili Trawangan tersebut. Selain trauma tentu saja kami harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pengobatan anak kami selama di Gili Trawangan.

Saya tentu berharap tidak ada yang mengalami hal serupa. Meskipun dalam kenyataannya memang pada saat travelling kejadian-kejadian tersebut bisa saja terjadi. Oleh karena itu dirasa perlu untuk kita memiliki perlindungan ekstra dalam melakukan aktifitas travelling baik ke mancanegara maupun domestik. Perlindungan tersebut dapat berupa asuransi perjalanan atau travel insurance. Saat ini banyak perusahaan asuransi yang menyediakan dan menawarkan produk asuransi perjalanan. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mereview website salah satu produk asuransi perjalanan dari PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance).

Ya, asuransi perjalanan yang saya maksud adalah Travellin. Travellin merupakan produk asuransi travel dengan sejumlah paket asuransi yang berkualitas dan menawarkan banyak keuntungan. Produk asuransi Travellin dapat diakses dengan mudah secara online dimanapun dan kapanpun. Dari mulai proses pendaftaran, pemilihan paket, pembayaran premi hingga proses klaim asuransi semuanya dapat dilakukan secara online melalui website resmi Travellin : travellin.co.id.

Tampilan website travellin.co.id didominasi oleh warna biru dan putih. Memberi kesan fresh dan menarik minat pengunjungnya untuk segera travelling. Menu utamanya menampilkan navigasi ke fitur-fitur website, seperti :

  • HOME : untuk ke halaman depan website
  • PURCHASE : akan mengarah ke halaman Order untuk melakukan pemesanan atau pembelian produk asuransi perjalanan
  • PACKAGE : berisi sub menu yang berisi info detail dari masing-masing paket produk asuransi yang tersedia di Travellin.
  • HELP : menampilkan menu bantuan seperti Contact, FAQ (Frequently Ask Questions), About, Disclaimer dan How To Claim.
  • CLAIM : untuk menuju ke halaman pengajuan klaim dengan terlebih dahulu melakukan registrasi atau login jika sudah memiliki akun di travellin.co.id.
  • LOGIN/REGISTER : untuk registrasi akun baru atau login jika sudah memiliki akun.

Website travellin.co.id menerapkan desain responsif (responsive design) yang memungkinkan untuk dapat diakses dengan mudah melalui berbagai macam perangkat. Baik diakses melalui PC desktop, laptop, tablet maupun smartphone tampilan website akan menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang digunakan. Dengan desain responsif, website travellin.co.id menampilkan menu, gambar dan teks yang tetap terbaca dengan baik melalui perangkat-perangkat di atas.

Saya pun sempat melakukan mobile-friendly test melalui Google Mobile-Friendly Test dan Google Mobile Website Speed Testing Tool. Hasilnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Sudah barang tentu website travellin.co.id lolos mobile-friendly test dengan skor 92 dari total 100 poin. Good.

92
Mobile Friendliness

Seperti dikatakan di halaman depan website : “Travel Insurance as easy as 1,2,3” membeli paket asuransi perjalanan Travellin melalui website travellin.co.id memang dibuat semudah itu. Pada dasarnya, proses pembeliannya melalui empat (4) tahapan sederhana, yaitu : Insurance Detail, Customer Detail, Payment Method dan Confirm Order. Untuk lebih jelasnya mari kita simak contoh berikut ini :

Nah, bagaimana? Mudah bukan? Oh ya, untuk melakukan pembelian selain dari form Quick Order dan Menu Utama PURCHASE, Anda juga dapat langsung melakukan pembelian pada masing-masing halaman info detail paket asuransi Travellin. Mau tahu detail masing-masing paket yang ditawarkan oleh Travellin? Berikut ini informasinya :

Saat ini Travellin menawarkan enam (6) paket asuransi perjalanan yang terdiri dari tiga (3) paket International dan tiga (3) paket Domestik. Paket International terdiri dari Worldwide Premier, Worlwide Executive dan ASIA. Sedangkan pada paket Domestik Anda dapat memilih Domestic Gold, Domestic Silver atau Silver Plus. Masing-masing paket memiliki benefit yang bervariasi. Pilih dan sesuaikan dengan budget travelling Anda.

Cara pengajuan klaim asuransi perjalanan Travellin ada dua (2) cara, yaitu : secara online melalui website travellin.co.id dan dengan menghubungi call center 1500 456 Adira Care (Domestik) atau AA International +6221 2927 9696.

Travellin memberikan garansi 14 hari kerja. Ini berarti proses klaim dari mulai dokumen kelengkapan disubmit oleh customer hingga pencairan reimbursement maksimal adalah selama 14 hari kerja. Jika lebih dari 14 hari kerja maka customer berhak untuk mendapatkan voucher senilai Rp. 500.000. Garansi 14 hari kerja ini hanya berlaku untuk pembelian produk asuransi melalui website travellin.co.id pada tanggal 1 April 2016 sampai dengan 31 December 2016.

Dalam melakukan transaksi keuangan secara online kita memang disarankan agar selalu berhati-hati terhadap keamanan transaksi yang ada. Lalu apakah transaksi melalui travellin.co.id aman? Saya bisa menjawab : Aman. Berikut ini alasannya :

Travellin.co.id menerapkan SSL Digicert

Travellin.co.id menggunakan SSL bersertifikat dari DigiCert, sehingga semua data transaksi dienkripsi secara aman. SSL adalah sebuah protokol keamanan yang memungkinkan data transaksi yang dilakukan secara online dienkripsi atau diacak sehingga tidak dapat terbaca oleh pihak lain. Tidak sembarangan perusahaan dapat menerapkan SSL dari Digicert. Karena harus memenuhi syarat-syarat tertentu. DigiCert yang digunakan oleh travellin.co.id juga sudah diaplikasikan oleh banyak perusahaan multinasional seperti Microsoft, Yahoo, AT&T, Facebook, Amazon.com, Wikipedia, dan NASA. Info detail mengenai Sertifikat SSL DigiCert yang diterapkan oleh travellin.co.id dapat diakses dengan meng-klik logo DigiCert yang ada di atas Footer website travellin.co.id.

Menyediakan banyak pilihan metode pembayaran

Travellin.co.id menyediakan banyak pilihan metode pembayaran mulai dari kartu kredit VISA, MasterCard, Mandiri clickpay, XL Tunai hingga Indosat Dompetku. Dengan banyaknya pilihan metode pembayaran selain memudahkan customer juga memberi bukti bahwa transaksi keuangan yang terjadi di dalam travellin.co.id mendapat kepercayaan lembaga-lembaga keuangan tersebut.

Terdaftar dan diawasi oleh OJK

Travellin terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-3898 / NB.11 / 2013. Anda dapat mengetahui perusahaan yang terdaftar di OJK disini.

Infografik di atas saya olah dari hasil survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2016 tentang perangkat yang dipakai untuk mengakses internet. Dari infografik di atas menunjukkan bahwasanya sebanyak 47,6% penduduk yang mengakses internet di Indonesia memilih menggunakan perangkat mobile dan hanya 1,7% saja yang mengakses menggunakan komputer. Oleh karena itu, menurut saya sudah menjadi kewajiban bagi penyedia layanan transaksi online untuk mampu membangun dan menyediakan website layanannya yang dapat diakses secara mobile dengan mudah dan cepat. Travellin.co.id sudah terbukti mampu menyediakan website yang dimaksud. Berikut ini penilaian saya :

Desain Website dan Mobile Friendliness

95%

Kelengkapan Informasi Yang Disajikan

93%

Dukungan Keamanan

91%

Harga Produk Yang Ditawarkan

90%

Sebelum mengakhiri tulisan ini, saya ingin mengajak Anda untuk membayangkan betapa berharganya uang senilai Rp. 10.000 jika diinvestasikan untuk memberikan proteksi perjalanan Anda dengan banyak keuntungan yang didapat. Ketimbang uang tersebut habis tak berbekas digunakan untuk membeli minuman dingin misalnya. Saya sendiri tentu ingin melindungi keluarga saya ketika travelling bersama. Apalagi anak saya sekarang dua orang sepasang laki-laki dan perempuan yang belum mau akur saat jalan bareng. Beruntung sekarang ada Travellin, sehingga tidak perlu khawatir lagi akan kejadian buruk di masa lalu seperti yang sudah saya ceritakan di atas.

Sekian tulisan saya tentang review website travellin.co.id. Semoga bermanfaat. Salam.

Kunjungi sosial media Travellin disini :

MyTravellin
@MyTravellin
@MyTravellin
My Travellin
 travellin@asuransi.adira.co.id

 PT Asuransi Adira Dinamika
Graha Adira
Jl. MT Haryono Kav. 42
Jakarta Selatan 12780

Jika Anda ingin mengetahui beberapa hal yang paling sering ditanyakan mengenai Travellin, Anda dapat mengaksesnya di halaman FAQ ini.

12 Comments

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons