Pernahkah Anda mengalami masalah mobil mogok secara tiba-tiba karena aki yang sudah soak? Saya pernah, dua kali. Namanya juga pemilik mobil tua yang tidak pandai merawat dan kurang gemar menabung. Kalau gemar menabung dari dulu kan saya gak beli mobil tua ya? Eh sudah sudahNah kali ini bukan bermaksud mengeluh, melainkan saya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang masalah mobil mogok karena aki. Kejadian yang terakhir ini saya alami sekitar dua minggu yang lalu.

Seperti biasa setiap akhir pekan saya berencana mengajak istri dan anak-anak untuk sekedar jalan-jalan sekalian mengurus hal-hal yang menumpuk untuk diselesaikan di penghujung minggu. Halah, sebut saja mengurus orderan online shop. haha. Sabtu pagi saya mengecek kondisi mobil saya yang memang sudah terparkir cukup lama di garasi rumah. Sudah sekitar tiga hari mesin mobil tidak dihidupkan. Feeling saya mengatakan akan ada sesuatu yang tidak beres dengan mobil pagi itu. Bukan tanpa alasan, tapi memang beberapa hari sebelumnya mobil sudah menunjukkan gejala yang aneh. Seperti, suara yang lemah ketika distarter dan lampu sein yang tidak mau berkedip saat mobil baru berjalan belum begitu lama.

Jadi pagi itu saya langsung membuka kap mesin, memeriksa air aki tanpa mencoba menyalakan mesin mobil terlebih dahulu. Air aki masih ada meskipun tinggal sedikit..banget. Seingat saya masih punya stok air aki tapi waktu itu saya tidak menemukannya di garasi. Lalu entah karena sugesti atau apa, ketika saya mencoba menstarter mesin mobil tidak mau hidup. Sudah saya coba putar kunci kontak berkali-kali tetap saja tidak mau hidup. Alamak, saya terdiam dan mengusap smartphone. Iya, saya usap smartphone dan mengetikkan “ciri aki mobil soak” di kolom pencarian Google. Dari beberapa artikel yang saya baca, saya putuskan memang kemungkinan besar masalah ada di aki mobil yang sudah soak atau tidak ada energi listrik (setrum) yang tersimpan.

Sok tau dan dengan bergaya ala MacGyver saya melepas aki dari dudukannya. Sebelumnya saya ke rumah tetangga dulu, meminjam kunci ring pas untuk melepas aki tersebut. Ya, Anda benar, MacGyver yang satu ini tidak memiliki kunci ring pas di rumahnya. Setelah takut kesetrum saya berhasil melepas aki dan kemudian saya bawa ke bengkel motor terdekat untuk di-recharge dengan harapan dapat segera digunakan kembali untuk menyalakan mesin mobil. Syukurlah, aki saya pasang kembali setelah 2 jam di-recharge dan mesin mobil berhasil menyala.

Ternyata cukup merepotkan dan fatal sekali ya kalau aki mobil kita soak. Lain cerita kalau aki sepeda motor yang soak, kita sementara masih bisa menggunakan starter kaki (kick starter) untuk keadaan darurat seperti itu. Sedangkan di mobil tidak ada fitur kick starter yang seperti itu kan? Kalaupun mau mencoba cara lain adalah dengan didorong rame-rame sambil si supir memainkan kopling dan persneling. Itupun hanya berlaku untuk mobil dengan transmisi manual, kalau yang matic tidak boleh didorong seperti itu. Fyuh..

Setelah kejadian itu, saya tidak berani membawa mobil untuk pergi jauh dan setiap pagi saya sempatkan untuk menghidupkan mesinnya beberapa saat. Seminggu setelahnya saya baru memiliki kesempatan untuk membawa mobil saya ke outlet Shop&Drive terdekat. Outlet Shop&Drive terdekat dari tempat tinggal saya adalah Shop&Drive – Gatot Subroto 2, Denpasar yang beralamat lengkap di Jalan Gatot Subroto Tengah No.18 A, Denpasar Utara. Berjarak sekitar 45 menit dari rumah saya di Tabanan.

Sesampainya di outlet Shop&Drive saya menceritakan keluhan aki yang saya alami ke montir yang ada dan langsung ditangani dengan melakukan pengecekan kondisi aki lama mobil saya.

Kemudian saya diberi penjelasan oleh montir Shop&Drive tentang hasil pengecekan yang dilakukan dengan menggunakan alat battery test. Tiga poin utamanya seperti terlihat pada gambar di atas. Meskipun nilai STATE OF CHARGE nya mencapai 100% karena baru saja berhenti dari perjalanan yang cukup jauh, tapi secara keseluruhan memang kondisi aki lama saya sudah buruk, hampir mendekati angka 0% untuk nilai STATE OF HEALTH nya dan statusnya sudah tentu akan menunjukkan “REPLACE BATTERY”, artinya aki memang sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru. Saya pun diberi pilihan tipe-tipe aki yang tersedia. Tentunya saya pilih yang cocok dengan tipe mobil dan kantong saya.

Aki lama dilepas

Aki baru dipasang

Tipe aki yang saya pilih adalah tipe GS Premium yang sering kita kenal dengan istilah aki basah. Harganya paling murah di antara tipe aki yang lain. Kenapa disebut aki basah? Karena aki tipe ini memang masih memerlukan perawatan rutin dengan melakukan pengecekan air aki yang disarankan untuk ditambah setiap 1 bulan sekali. Setelah aki baru terpasang, kembali dilakukan pengetesan aki menggunakan alat battery test dan hasilnya seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

Statusnya sekarang sudah berubah menjadi GOOD BATTERY. STATE OF HEALTH nya pun sudah menaik drastis menjadi 100%, sehat walafiat kalau diumpamakan sebagai tubuh kita. Untuk STATE OF CHARGE memang masih di bawah 100%, menurut informasi montir nilai ini akan naik setelah aki dibawa berjalan.

Ternyata eh ternyata, Shop&Drive juga menyediakan layanan antar aki secara gratis kapanpun dan dimanapun. Layanan dari Shop&Drive ini bernama GS Astra Delivery yang dapat dipesan melalui nomor telepon 1500015 dengan tarif lokalSaya baru tahu informasi ini setelah mengganti aki, lebih tepatnya memang tidak berusaha mencari tahu sebelumnya. Seharusnya saya bisa memanfaatkan layanan GS Astra Delivery dari Shop&Drive ini ketika mobil saya mogok di garasi rumah. Parahnya lagi, ternyata layanan GS Astra Delivery dari Shop&Drive ini dapat diakses juga secara online melalui website resmi Shop&Drive dan juga melalui aplikasi mobile Shop&Drive berbasis Android dengan hanya memerlukan satu kali tap pada tombol SOS Emergency Call. Tentu akan menjadi solusi masalah aki yang sangat efektif dan efisien. Ketidaktahuan tentang layanan ini memang membuat saya agak menyesal. Tapi sekarang yang terpenting adalah aki mobil saya sudah kembali normal, sehat dan langsung terasa bedanya ketika distarter. Menjadi terasa lebih bertenaga saat distarter berkat aki baru dari Shop&Drive.

Melalui akun Facebook beberapa teman bersedia menceritakan pengalaman menarik mereka bersama GS Astra Delivery layanan antar aki dari Shop&Drive. Berikut ini ceritanya :

Menarik sekali kan pengalaman mereka? Dari cerita pengalaman teman saya yang pertama bisa disimpulkan bahwa montir Shop&Drive yang melayani dia waktu itu jujur dan profesional. Hebat ya. Sedangkan dari teman saya berikutnya lagi-lagi si montir terlihat profesional dan kerjanya cepat tidak sampai 30 menit. Untuk pembayarannya pun dipermudah dengan menggunakan EDC portable, yang setahu saya bisa digunakan dengan kartu debit maupun kredit tanpa tambahan biaya. Keren. Jadi, saat mobil mogok karena aki bermasalah kita tidak perlu was-was lagi. Tinggal call GS Astra Delivery Shop&Drive di nomor 1500015.

Berdasarkan pengalaman saya melakukan penggantian aki dan juga beberapa testimoni dari teman, saya dapat menyimpulkan keunggulan layanan antar aki GS Astra Delivery dari Shop&Drive sebagai berikut :

Jaringan outlet Shop&Drive tersebar hampir di seluruh pelosok nusantara. Saat kita mengontak nomor telepon 1500015, maka saat itu juga call center Shop&Drive akan memerintahkan montir atau mekanik Shop&Drive terdekat dengan lokasi kita untuk segera mengantarkan aki yang sesuai dengan mobil kita.

Anda dapat mencari lokasi outlet Shop&Drive terdekat melalui website resmi Shop&Drive disini.

Layanan antar aki GS Astra Delivery ini juga gratis alias bebas biaya pengantaran maupun pemasangan aki. Kita hanya perlu membayar seharga akinya saja. Layanan GS Astra Delivery tersedia 24 jam untuk kota-kota besar seperti Jakarta, Tangerang, Bandung, Semarang, Solo, Jogjakarta, Surabaya, Malang dan Denpasar.

Pembayarannya selain dengan cash juga dipermudah dengan adanya EDC portable yang dapat digunakan untuk menggesek kartu debit maupun kartu kredit tanpa biaya tambahan. Praktis bukan?

 Shop&Drive juga memiliki mekanik-mekanik yang jujur, cekatan dan profesional. Terbukti dari beberapa testimoni teman saya di atas.

Dengan mekanik yang cekatan, waktu pengerjaan pemasangan aki pun dapat dilakukan dengan cepat. Tidak lebih dari 30 menit mobil sudah dapat dihidupkan kembali dengan aki yang baru.

 Dan jika diperlukan dapat dilakukan pengecekan kelistrikan mobil kita secara menyeluruh untuk mengetahui kemungkinan-kemungkinan penyebab aki mobil kita cepat tekor.

363
Outlet Shop&Drive di seluruh nusantara

Saat ini jumlah outlet Shop&Drive yang tersebar di kota-kota di Indonesia mencapai 363 outlet. Tentunya jumlah ini akan terus bertambah, karena Shop&Drive menerapkan sistem waralaba yang memungkinkan masyarakat Indonesia untuk menjadi partner Shop&Drive setelah melewati beberapa tahapan proses seleksi.

Ohya, di setiap outlet Shop&Drive tersedia tiga tipe aki yang dapat kita pilih sesuai dengan tipe mobil kita. Kalau saya, seperti sudah disinggung di atas, saya sesuaikan juga dengan budget. hehe. Berikut ini tipe aki yang dimaksud :

3
Tipe Aki GS Astra di Shop&Drive

1. Tipe GS Maintenance Free

  • Ini adalah tipe aki kering dan yang paling mahal dibandingkan tipe yang lain. Tangguh dan didesain khusus untuk iklim tropis Indonesia.
  • Karena bertipe kering maka tipe aki ini tidak memerlukan perawatan rutin. Sehingga kita tidak perlu repot lagi mengecek air aki. Cocok untuk kita yang sibuk dan tidak sempat melakukan pengecekan aki secara rutin.
  • Aki tipe GS MF ini dapat menyimpan energi listrik lebih lama, sehingga jika mobil kita jarang dihidupkan atau dingin aki tidak akan bermasalah. Aki jenis ini juga bebas korosi/karat sehingga lebih bersih.

2. Tipe GS Hybrid

  • Tipe GS Hybrid ini lebih minim perawatan jika dibandingkan dengan tipe GS Premium. Karena menggunakan teknologi Hybrid sehingga penguapan air aki lebih rendah dan penambahan air aki lebih lama 4 sampai 5 kali.
  • Dilengkapi indikator elektrolit untuk mengetahui kondisi permukaan, isi air aki dan daya setrum aki. Indikator ini tidak terdapat pada tipe GS Premium

3. Tipe GS Premium

  • Nah aki tipe GS Premium ini adalah yang paling murah, merupakan aki konvensional (aki basah) untuk mobil dengan kualitas terpercaya, kuat dan awet.
  • Special Quick Activation. Aki langsung dapat digunakan segera setelah diisi accu zuur.
  • OEM Quality. Dengan kualitas terpercaya menjadi aki basah ini pilihan utama oleh hampir seluruh produsen kendaraan bermotor di Indonesia.

Pengalaman bermasalah dengan aki mobil tentu bagi saya merupakan pengalaman yang berharga. Dari yang semula tidak terlalu peduli menjadi mau tidak mau belajar sedikit tentang kelistrikan mobil. Nah, meskipun saya bukan ahlinya aki, tapi saya rasa tidak ada salahnya jika berbagi sedikit tips untuk merawat aki mobil terutama bagi pengguna aki tipe basah berikut ini :

  • Cek kelistrikan. Secara rutin lakukan pengecekan terhadap kinerja starter, lampu, AC dan sistem audio. Jika semuanya berjalan baik berarti aki mobil kita tidak bermasalah.
  • Cek ketersediaan air aki. Untuk aki tipe basah harus rutin dilakukan pengecekan air aki paling tidak satu bulan sekali. Pastikan level air aki berada di antara garis batas minimal dan maksimal.
  • Bersihkan kepala aki dengan air panas dan sikat gigi atau amplas. Ini untuk memastikan arus listrik tidak terhambat oleh kotoran atau debu yang menempel pada kepala aki. Setelahnya, pastikan kepala aki dilap sampai kering agar tidak terjadi korsleting.
  • Nyalakan AC dan sistem audio pada saat dibutuhkan saja. Untuk menghemat dan mencegah supaya aki tidak cepat tekor.
  • Sesuaikan daya aki jika memodifikasi mobil. Jika melakukan modifikasi mobil juga harus disesuaikan dengan daya aki yang digunakan mobil kita.

Mengalami masalah mobil mogok karena aki memang cukup berakibat fatal. Alangkah baiknya kita menyempatkan diri untuk selalu mengecek kondisi aki mobil kita untuk menghindari masalah tersebut. Bayangkan saja jika di malam hari mobil kita tiba-tiba mogok ketika di tengah perjalanan jauh hanya karena aki yang soak. Tentu kita akan panik dan kebingungan. Beruntung saat ini GS Astra Delivery dari Shop&Drive hadir untuk melayani kita dimanapun dan kapanpun selama 24 jam. Menawarkan layanan dan produk yang berkualitas serta memberikan berbagai kemudahan akses dan metode pembayaran. Jadi, percayakan saja masalah aki Anda pada GS Astra Delivery dari Shop&Drive. Sekian tulisan saya, semoga bermanfaat. Salam.

Kunjungi sosial media Shop&Drive disini :

Website Resmi Shop&Drive
@shopanddrive
@shopanddrive
shopanddrive
Shop&Drive

Download aplikasi mobile Shop&Drive disini :

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kompetisi Bercerita Shop N Drive – #GSAstraDelivery

Sumber gambar :

Website Resmi Shop&Drive
Freepik.com
Dokumentasi Pribadi

Juniawan Arif

About Juniawan Arif

Just a guy interested in internet things. Email : jun.juniawan@gmail.com | Follow me on twitter @juniawanarif & instagram @juniawanarif

14 Comments

Leave a Reply