Sudah menjadi hal yang wajar bagi seseorang untuk memiliki website di era digital seperti sekarang ini. Bahkan bagi individu tertentu, memiliki website merupakan suatu keharusan. Individu-individu yang saya maksud adalah mereka yang pekerjaannya bergantung pada industri internet. Kemajuan teknologi digital yang dibarengi dengan kemudahan akses internet tidak dipungkiri telah membuka peluang yang besar bagi orang-orang yang mau memanfaatkannya. Sebut saja para freelancer dari berbagai macam bidang pekerjaan, blogger, public figure, penulis buku, fotografer atau bahkan seorang pemilik toko online sekalipun. Mereka tentu membutuhkan website untuk menyajikan portfolio maupun produk yang dimiliki agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat luas. Tidak terbatas pada kalangan individu yang saya sebutkan di atas saja, website juga dibutuhkan oleh banyak individu lainnya.

Pun tidak hanya pada kalangan individu saja, kebutuhan untuk memiliki website juga penting bagi sebuah perusahaan. Kompetisi atau persaingan usaha menjadi tantangan tersendiri bagi sebuah perusahaan di jaman modern ini. Agar selalu siap berkompetisi sebuah perusahaan tentu harus memiliki kiat-kiat yang jitu. Salah satunya adalah memiliki company profile yang bagus dan mudah diakses secara publik. Company profile dalam bentuk website lah solusinya.

Namun tidak dipungkiri, orang awam akan mengalami kesulitan dalam membangun sebuah website. Karena pada dasarnya memang dibutuhkan pengetahuan tentang bahasa pemrograman untuk dapat melakukan coding atau menuliskan baris demi baris kode program website. Belum lagi harus berurusan dengan istilah hosting dan domain.

Lalu apakah membangun website hanya dapat dilakukan oleh para programmer website saja? Jawabannya : Tidak. Karena saat ini membangun website yang bagus dapat dilakukan secara instant dan mudah melalui fitur Instant Deploy yang disediakan oleh DomaiNesia.com.

DomaiNesia adalah sebuah perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. DomaiNesia membangun sistem automasi yang efektif dan efisien supaya dapat memberikan pengalaman layanan terbaik bagi pelanggannya.

Sebelum kita menengok tentang cara membuat website dengan fitur Instant Deploy, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan istilah-istilah yang akan sering kita temui dalam jaringan internet. Domain, Hosting, SSL dan Website itu sendiri adalah istilah-istilah dimaksud. Istilah tersebut dianalogikan secara apik dan mudah dipahami oleh DomaiNesia.com. Berikut ini analoginya :

Nah, kemudian dalam membuat website ada beberapa kriteria acuan agar website yang kita bangun dapat dikategorikan sebagai website yang baik.

9
Kriteria Website Yang Baik
  • Usability : kemampuan sebuah website untuk dapat digunakan dengan mudah sesuai dengan fungsinya.
  • Accessibility : kemudahan akses oleh siapapun.
  • Compatibility : mendukung semua perangkat yang digunakan untuk mengakses website.
  • Responsiveness : tampilan website dapat menyesuaikan diri dengan ukuran layar perangkat yang digunakan, sehingga teks, gambar dan menu dapat selalu terbaca dengan baik.
  • Mobile-friendly : website dapat diakses dengan mudah dari perangkat-perangkat mobile.
  • Layout : tampilan yang modern dan lebih baik lagi jika dapat diupdate sehingga pengunjung tidak merasa bosan.
  • Content : isi website yang memiliki manfaat positif.
  • Ease to Navigate : pengunjung dapat dengan mudah beralih dari menu satu ke menu yang lain.
  • Loading Time : website dapat dibuka dengan waktu loading yang cepat.

Sekarang, mari kita lihat cara membuat website sendiri dengan menggunakan fitur Instant Deploy yang disediakan oleh DomaiNesia.com

Nah, setelah melakukan konfirmasi pembayaran, kita secara instant akan memiliki akses ke halaman administrator website baru kita. Pada contoh di atas, setelah konfirmasi pembayaran saya akan mempunyai akses ke halaman administrator website saya yang baru di www.inidomainsaya.com/wp-admin.
Tidak percaya? Saya juga sebelumnya sempat ragu. Saya sampai menanyakannya lewat fasilitas chat yang ada di domainesia.com. Berikut ini cuplikan chat saya dengan salah satu Customer Support Specialist DomaiNesia :

Terbukti efektif dan efisien sekali kan? Instant Deploy merupakan sistem automasi yang dibangun oleh DomaiNesia yang memang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggannya dalam membangun sebuah website yang sesuai kebutuhan. Ohya, contoh penggunaan Instant Deploy di atas akan menghasilkan website dengan platform WordPress dan tampilan awalnya seperti ini :

Ternyata untuk membangun website tidak butuh waktu lama ya? Persis seperti yang dikatakan DomaiNesia : Instant Deploy “Deploy Website in Minutes”.

Pasar bisnis hosting dan domain di dunia memang ramai. Tidak terkecuali di Indonesia, banyak sekali pemain bisnis hosting dan domain ini. DomaiNesia adalah salah satu yang terbaik dengan keunggulan utama memiliki fitur Instant Deploy yang terbukti efektif dan efisien. Keunggulan lain yang dimiliki DomaiNesia adalah sebagai berikut :

  • Website user-friendly dan menawan : website domainesia.com cepat dan mudah diakses dengan layout yang menarik. Halaman depan dapat berganti theme antara siang dan malam.
  • SSD Super Cepat : DomaiNesia menggunakan 100% Enterprise SSD sehingga website dapat diakses secepat kilat.
  • Pilihan Server : saat ini tersedia empat (4) pilihan lokasi server, yaitu : Indonesia (ID), Singapura (SG), Amerika (US) dan Jepang (JP)
  • Pilihan App : tersedia banyak pilihan app atau platform yang dapat diinstall menggunakan Instant Deploy.
  • Dukungan Teknologi : PHP, MySQL, CloudFlare, CloudLinux, BitNinja, dan masih banyak lagi dukungan teknologi lainnya.
  • Dukungan Keamanan : website domainesia.com dilengkapi dengan AlphaSSL Certificate yang menjamin keamanan data transaksi yang terjadi.
  • Cloud Backup : layanan backup harian ke Cloud, sehingga semua data Anda aman.
  • Unlimited Bandwidth : bandwidth diberikan tanpa batas sehingga menjamin kelancaran website Anda.
  • Garansi Uptime : jaminan uptime 99% pada jaringan dan layanan DomaiNesia.
  • Aktivasi Instant : proses aktivasi instant (otomatis) tanpa perlu konfirmasi dengan didukung sistem automasi yang handal.
  • Passionate Customer Support : menjadikan pelayanan terbaik sebagai prioritas utama.
  • Harga yang bersaing : harga yang ditawarkan bersaing dengan berbagai macam penawaran menarik.
  • Garansi Uang Kembali : jaminan garansi uang kembali diberikan jika pelanggan merasa tidak puas dengan layanan DomaiNesia.

Selain berbagai macam keunggulan di atas, layanan DomaiNesia juga telah dipercaya oleh lebih dari 20.000 pelanggan dari segala penjuru nusantara hingga mancanegara.

20
Pelanggan dari berbagai penjuru nusantara dan mancanegara

Pilihan Lokasi Server :

Bagi sebagian orang yang belum familiar dengan cara membuat website mungkin akan kebingungan dalam memilih app atau platform yang akan digunakan untuk membangun website. Berikut ini beberapa tips dari saya yang dapat Anda gunakan untuk membangun website sendiri menggunakan Instant Deploy yang disediakan oleh DomaiNesia.

  • Jika Anda berniat untuk membuat website yang akan digunakan untuk menampilkan artikel-artikel lengkap dengan halaman administrator dan juga moderasi komentar, maka sebaiknya Anda pilih App yang ada di kategori Blog pada halaman Web Apps domainesia.com. Kalau saya pribadi lebih memilih App atau platform WordPress untuk keperluan ini, karena WordPress termasuk platform CMS (Content Management System) yang paling populer dan paling user-friendly. WordPress juga menyediakan pilihan theme yang melimpah, tersedia dalam pilihan yang gratis (free) atau berbayar (premium). Selain WordPress, tersedia juga platform lain seperti Drupal, Joomla, Ghost dan masih banyak lagi yang lain.
  • Jika Anda adalah pemilik toko online atau marketing suatu produk, maka sebaiknya Anda memilih App pada kategori Toko Online. Prestashop adalah platform yang paling populer untuk membangun website e-commerce. Sebenarnya Anda juga dapat menggunakan platform WordPress untuk keperluan toko online ini. Semuanya terserah Anda. Anda bebas untuk berkreasi dalam menciptakan website Anda. Selain Prestashop, tersedia juga App OpenCart, LiteCart, Magento dan lain-lain.
  • Jika Anda seorang developer website, tentu Anda akan memilih platform yang ada di kategori Developer. Tersedia platform Laravel, CodeIgniter, Yii, Bootstrap dan masih banyak pilihan lainnya.
  • Jika Anda pengelola sebuah komunitas, club (club otomotif misalnya) atau ingin membangun website untuk forum tertentu, ada baiknya Anda memilih App pada kategori Forum. Platform phpBB adalah yang paling populer. Platform lainnya adalah SMF, bbPress, Vanilla, Moodle dan lain-lain. Moodle biasanya digunakan untuk keperluan e-learning pada instansi pendidikan.
  • Dan jika semua kategori di atas belum ada yang dirasa cocok dengan ide Anda, masih banyak pilihan App lain untuk Anda kreasikan pada kategori Lainnya. Tersedia banyak pilihan App seperti : MediaWiki, Roundcube, Zenphoto, Gallery, dan banyak lagi yang lainnya.

Membuat website sendiri tentu dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi yang melakukannya. Kita bebas mengembangkan ide dan berkreasi menciptakan website yang sesuai kebutuhan dan fungsinya. Siapapun Anda, seorang freelancer, blogger, pemilik perusahaan, pengelola toko online atau siapapun dapat membuat website sendiri dengan menggunakan fitur eksklusif Instant Deploy dari domainesia.com. Tidak harus menjadi programmer yang menguasai banyak bahasa pemrograman website, cara membuat website yang mudah sudah disediakan oleh DomaiNesia dengan dilengkapi dukungan Customer Support yang siap membantu semua permasalahan teknis website Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Segera Kreasikan dan Ciptakan Websitemu dengan DomaiNesia.

Sekian tulisan saya, semoga bermanfaat. Salam. #ciptakanWebsitemu

Selamat Ulang Tahun yang ke-7 DomaiNesia. Sukses selalu.

Juniawan Arif

About Juniawan Arif

Just a guy interested in internet things. follow me on twitter @juniawanarif & instagram @juniawanarif

10 Comments

Leave a Reply