Wisata Alam Milik Kota Balikpapan untuk Ekosistem Indonesia

By October 19, 2016 October 27th, 2016 Travelling

Pulau terbesar di Indonesia yaitu Kalimantan memiliki banyak destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi untuk mengisi liburan. Dengan luas 743-an kilometer persegi, Kalimantan hadir dengan berbagai macam pilihan wisata, dari alam, theme park hingga tempat – tempat bersejarah. Apalagi alamnya, pulau ini masih terjaga keasriannya karena masih banyak memiliki kawasan hutan, sehingga disebut – sebut sebagai paru – paru utama Indonesia.

Salah satu kota yang masih terjaga akan keasrian dan sumber daya alamnya adalah Balikpapan. Kota ini disebut sebagai kota minyak karena merupakan penghasil minyak utama di Indonesia. Tetapi walaupun terkenal akan pertambangannya, kota ini juga menjajakan beberapa tempat wisata yang dapat Anda kunjungi.

Tentunya hal ini mengundang rasa penasaran kita untuk berkunjung ke salah satu kota milik Kalimantan Timur ini. Nah pada moment akhir tahun ini, banyak beberapa brand online travel agent pun juga menjual kota yang satu ini dengan memberikan tawaran promo menarik. Salah satunya adalah promo tiket pesawat ke Balikpapan, salah satunya adalah Garuda Indonesia dan Citilink. Dan tak mau ketinggalan tiket Lion Air Balikpapan serta Batik pun turut meramaikan juga.

Lalu apa kira – kira yang dapat kita kunjungi saat berada di Balikpapan? Inilah beberapa destinasi terbaik yang dimiliki oleh kota Minyak.

1. Hutan Bakau Margomulya

Kalimantan terkenal akan penghasil oksigen alami utama di Indonesia berkat memiliki banyak pohon. Salah satu kota yang turut membantu adalah Balikpapan dengan Hutan Bakau Margomulya yang mereka punya.

Lokasi hutan ini berletak di pusat kota Balikpapan, sehingga disebut juga sebagai hutan kota. Untuk mengelilinginya, pihak pengelola menyediakan jembatan kayu sepanjang 800 meter untuk membantu Anda dalam menikmati keindahan alamnya. Selain itu juga terdapat sebuah menara intai yang berguna untuk melihat kegiatan burung di hutan bakau ini. Jika ingin melihat hewan bekantan, maka datanglah saat pagi hari tiba.

Jika Anda ingin menikmati suasana hutan ini, tenang saja pihak pengelola tidak meminta biaya masuk, tetapi berharap agar selalu menjaga kebersihan dan fasilitas yang tersedia. Karena mereka sangat menjaga kelestarian hutan bakau margomulya.

2. Hutan Lindung Sungai Wain

Tempat ini belum terjamah banyak orang dan berharap selalu seperti itu. Kenapa? Karena tempat ini merupakan penangkaran dan perlindungan satwa dan flora yang langka seperti beruang madu, orang utan, kantong semar dan lainnya.

Hutan Lindung Sungai Wain terletak di Jalan Balikpapan – Samarinda KM 23. Untuk memasuki lokasi ini, Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp350.000,- untuk 1 – 6 orang. Hal ini tergantung dengan paket yang dipilih berdasarkan jumlah orang yang ikut membersamai. Lalu dalam mengelilinginya, Anda dapat memilih diantara 2 tur yaitu “Track Eko – PLH – Kebun Raya” atau “Mangrove dan Selok Puda”.

3. Penangkaran Buaya Teritip

Walaupun buaya merupakan hewan buas, tetapi mereka harus tetap dijaga populasinya untuk memberikan keseimbangan ekosistem kita. Di Penangkaran Buaya Teritip melindungi sekitar 1.450 ekor buaya dari berbagai macam spesies, salah satunya adalah buaya supit yang hampir punah.

Penangkaran Buaya Teritip buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WITA. Untuk memasuki kawasan ini, Anda hanya cukup membayar 10 ribu rupiah. Yang uang tersebut digunakan untuk memberikan makanan ke buaya berbentuk seekor ayam.

Selain memberikan makanan kepada buaya, disini Anda dapat menunggangi gajah lampung yang merupakan salah satu hewan penangkaran milik mereka. Lalu Anda dapat menikmati sajian sate daging buaya yang hanya dijual 3 ribu rupiah per tusuk. Dipercaya daging buaya memiliki khasiat baik untuk kesehatan Anda.

Itulah beberapa tempat wisata alam yang dimiliki kota Balikpapan. Yang semuanya hadir bukan hanya sekedar sebagai tempat wisata, tetapi juga memiliki misi khusus yaitu untuk menjaga keseimbangan ekosistem bumi ini, dari flora dan faunanya. Semoga dengan berkunjung ke beberapa tempat ini, kesadaran kita untuk menjaga alam akan tumbuh, sehingga tidak menyiakan begitu saja alam pemberian Sang Pencipta.

#ad #sponsoredpost

sumber gambar : greenpeace.org, getborneo.com, balikpapantoday.net, kalimantan-news.com, detik.com

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons