Tidak dipungkiri bahwa berbelanja secara online memang memudahkan para pembeli untuk mencari barang yang dibutuhkan. Membeli barang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan gadget dari mana pun dan kapan pun sehingga lebih hemat waktu, biaya dan tenaga.

Mengusap layar smartphone dengan jari sembari meminum kopi atau bahkan sambil tiduran, pilih barang, bayar secara online lalu tinggal menunggu barang dikirimkan ke alamat tujuan. Ya, semudah itu. Namun sayangnya praktik berbelanja online tersebut seakan hanya milik kaum urban saja. Masyarakat Indonesia yang tinggal di pedesaan (rural) terkendala dengan kurangnya kepercayaan terhadap transaksi jual beli online dan juga tidak memiliki kemudahan akses perbankan yang memadai. Padahal berdasarkan data BPS pada tahun 2010, masyarakat Indonesia yang bertempat tinggal di daerah perkotaan sebanyak 118.320.256 jiwa (49,79%) dan di daerah pedesaan sebanyak 119.321.070 jiwa (50,21%). Dengan banyaknya calon pembeli yang belum memiliki akses tersebut tak heran jika angka penjualan secara online belum mencapai 1% dari total penjualan eceran di Indonesia. Berikut ini perbandingan porsi atau angka penjualan online dengan total penjualan eceran di beberapa negara ASEAN :

Filipina

Vietnam

Indonesia

Malaysia

Thailand

Singapura

Perbedaan kemudahan akses jual beli online antara perkotaan dengan pedesaan tentu menimbulkan kesenjangan tersendiri. Bisa kita sebut dengan kesenjangan digital. Sudah saatnya ada yang berinovasi menciptakan suatu sistem untuk menjembatani kesenjangan digital tersebut.

Menjawab masalah kesenjangan digital tersebut, sejak bulan Mei 2015 PT Kioson Komersial Indonesia (Kioson) mendirikan sebuah sistem aplikasi yang mendukung pergerakan ekonomi digital di area pedesaan. Sistem aplikasi tersebut bernama Kioson. Kioson dapat dengan mudah diingat sebagai kios online. Dan memang seperti itu adanya, Kioson mengubah kios-kios kecil yang belum terjamah ekonomi digital menjadi toko yang dapat melakukan transaksi digital secara online.

Kioson didirikan oleh para ahli di bidang telekomunikasi yang memiliki satu tujuan, yaitu membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya melalui sistem kerja yang melibatkan 3 komponen (supplier, retailer dan konsumen), dimana memberikan kesempatan untuk bersaing serta menyejahterakan ekonomi keluarga dan sekitarnya. Tenaga kerja ahli tersebut adalah :

VISI

Membangun jaringan retailer terbesar di Indonesia dengan bekerja sama dengan pihak mitra usaha pedagang kecil dan menengah yang tersebar diseluruh pelosok nusantara.

MISI

Memberikan daya ungkit kepada Pengusaha Kecil dan Menengah dengan menggunakan teknologi untuk meningkatkan daya saing sehingga membantu kesejahteraan para mitra.

Berikut ini akan coba saya gambarkan secara sederhana cara kerja sistem Kioson. Pada prinsipnya Kioson melibatkan 3 komponen seperti sudah disinggung sebelumnya. 3 Komponen yang dimaksud adalah retailer, konsumen dan supplier.

Retailer. Sebagai contoh adalah Ramli pemilik toko kelontong tradisional di suatu daerah di Sumatera.

Konsumen. Sebagai contoh adalah Poltak yang merupakan pelanggan setia toko kelontong Ramli.

Supplier. Sebagai contoh adalah Joko yang memiliki usaha distributor gadget di Ibu Kota, Jakarta.

Mereka bertiga tidak saling mengenal dan memiliki masalah masing-masing.

Poltak

Melihat tayangan iklan sebuah gadget dan tertarik untuk membelinya. Tapi karena tempat tinggal dia yang jauh dari perkotaan dan tidak percaya dengan belanja online dia kebingungan, ditambah lagi dia tidak mempunyai rekening bank apalagi kartu kredit.

Ramli

Mengalami penurunan omset karena kalah bersaing dengan toko eceran modern. Ramli sangat membutuhkan solusi untuk menambah omset penjualan di tokonya. Namun terkendala modal dan ukuran toko.

Joko

Sedang dipusingkan dengan banyaknya stok gadget di gudangnya. Dia membutuhkan jalur distribusi yang baru dan tidak hanya mengandalkan konsumen yang datang ke tokonya saja.

Nah, dalam situasi seperti inilah Kioson hadir mempertemukan mereka untuk dapat bertransaksi secara mudah dan aman.

Ramli bergabung di Kioson dan akan menggunakan seperangkat gadget berupa tablet yang berisi daftar produk online yang akan ditunjukkan kepada Poltak. Poltak akan memilih atau mencari gadget yang dia inginkan dengan bantuan Ramli melalui tabletnya. Setelah menemukan gadget yang diinginkan selanjutnya Poltak memasukkan nomor telepon ke dalam tablet Ramli. Dalam hitungan detik (3 detik saja) Poltak akan ditelepon oleh customer service Kioson yang akan memberikan keterangan produk selengkapnya. Lalu Poltak membayar secara tunai kepada Ramli dan mendapatkan tanda terima pembayarannya. Detail pesanan Poltak melalui tablet Ramli akan diterima oleh kantor pusat Kioson dengan jaringan internet. Pesanan pada saat itu juga diproses di kantor pusat Kioson untuk segera dikirimkan. Keesokan harinya gadget pesanan Poltak akan diantarkan dari gudang Kioson kepada Poltak melalui toko Ramli. Poltak pun akan segera mendapatkan gadget barunya tersebut.

Dari contoh di atas terlihat manfaat Kioson yang menjembatani konsumen di daerah rural (Poltak) untuk dapat melakukan pembelian barang dari daerah urban (Joko) dengan mudah dan aman. Pihak UMKM (Ramli) juga terlihat jelas sangat terbantu dalam meningkatkan omset penjualannya, berkat Kioson UMKM terhubung dengan banyak konsumen dan supplier terlebih dapat berjualan berbagai macam produk online.

Pembayaran Secara TUNAI

Seluruh transaksi dilakukan secara tunai, jadi tidak harus memiliki rekening bank. Lebih aman dan terpercaya.

Berbasis Internet

Proses transaksi melalui jaringan Internet, sehingga tidak ada istilah sms pending atau jaringan yang lemah.

Tersedia Seluruh Transaksi

Dari Isi Pulsa, Bayar Tagihan, hingga Belanja Online semuanya ada. Produk online lainnya akan terus bertambah.

Selain itu, Kioson juga sudah terbukti diterima baik oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan data jumlah E-Tailer*, Konsumen dan Supplier berikut ini :

4
Jumlah toko dan kios yang telah menjadi E-Tailer.
400
Jumlah konsumen aktif Kioson.
500
Jumlah mitra bisnis Kioson.

*E-Tailer adalah toko atau kios yang sudah dapat melakukan transaksi digital berkat Kioson.

Saat ini tersedia 2 paket pilihan Kioson, yaitu :

Paket Gold

Belum memiliki tablet Android? Tenang, kita hanya perlu membayar Rp. 900,000 untuk mendapatkan tablet Android dimana di dalamnya sudah termasuk saldo Rp. 100,000, Buku Panduan, dan bahkan Banner Toko.

Paket Kioson GO

Nah, jika sudah memiliki gadget Android sendiri, paket ini cocok bagi Anda. Anda hanya tinggal mendownload aplikasi Kioson melalui Google Playstore.

Download Aplikasi di Google Playstore

google-play-badge2

 Isi formulir pendaftaran pada Aplikasi Kioson yang sudah didownload.

Kita akan mendapatkan ID Kioson Cash Point melalui SMS & Email dalam waktu 1×24 Jam setelah mendaftar

Buka kembali Aplikasi Kioson, pilih LUPA PASSWORD untuk membuat password Aplikasi. Login dengan ID Kioson Cash Point dan masukan Password kembali.

Langsung dapat digunakan untuk bertransaksi.

Jadi tunggu apalagi? Segera ikut Kioson dan rasakan badai rejekinya. Dengan bergabung bersama Kioson Anda akan ketiban rejeki sebagai berikut :

Komisi langsung di setiap transaksi. Dapatkan komisi langsung pada setiap transaksi yang berhasil dilakukan melalui Kioson.

Jual Lebih Banyak Produk Dan Jasa Keuangan. Produk yang diperjualbelikan bukan hanya berupa produk fisik saja, tapi juga dalam bentuk jasa seperti pembayaran cicilan multifinance, pembayaran tagihan listrik, pembayaran tagihan air PAM, dan lain-lain.

Menjadi Tujuan Transaksi Pelanggan. Dengan beragam transaksi yang dapat dilayani, sangat memungkinkan pelanggan akan menjadikan kios kita sebagai one stop store dalam melakukan transaksi pembelian barang dan jasa.

Kioson telah di dukung ratusan supplier dan mitra bisnis yang telah berpengalaman dalam dunia E-Commerce. Berikut ini diantaranya :

Sebagai pelaku bisnis UMKM tentu saja harus bisa dan siap mengikuti perkembangan jaman. Sudah bukan rahasia lagi, saat ini kita berada di jaman serba gadget. Memang dibutuhkan kemauan yang kuat dan mengesampingkan rasa takut atau minder untuk belajar dan berkenalan dengan kemajuan teknologi. Kioson mengerti akan hal tersebut, oleh karena itu di dalam jaringan Kioson di seluruh pelosok nusantara terdapat tim yang siap memberikan arahan dan panduan cara menggunakan sistem Kioson secara langsung di kios kita. Kioson memang hadir untuk memajukan UMKM di Indonesia. Sekian tulisan saya mengenai Kioson yang menjembatani kesenjangan digital antara kaum urban dengan kaum rural dan membantu UMKM untuk mengembangkan usahanya. Salam.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat mengunjungi media sosial Kioson berikut :

 KiosonIndonesia
 @kioson_etailer
 Youtube Channel Kioson

Alamat :
AXA Tower Lt. 42, Kuningan City
Jl. Prof. Dr. Satrio kav. 18 Kuningan, Jakarta Selatan
DKI Jakarta – 12940

Telepon :
+62 818 0721 8383 – (XL)
+62 899 983 8383 – (Tri 3)
+62 857 7625 8383 – (Indosat)

Email :
info@kioson.com

Contoh Salah Satu Video Tutorial dari Youtube Channel Kioson

Simak video tutorial atau panduan lainnya secara lengkap di Youtube Channel Kioson.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kioson Blog Competition.

6 Comments

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons