Menyewa mobil ketika mengunjungi suatu kota baik untuk tujuan bisnis maupun city tour saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan. Selain menawarkan kenyamanan, menyewa mobil juga memberikan kita alternatif penghematan karena pilihan tarif yang relatif murah dan bersaing. Penyedia jasa layanan sewa mobil pun menjamur dengan penawaran mereka masing-masing. Hal ini berpotensi menyebabkan kebingungan bagi para calon pelanggan. Jasa rental mobil mana yang memiliki reputasi baik? Kondisi mobil seperti apa? Termasuk murah atau mahal kah tarif yang ditawarkan? Tentu, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan cukup membingungkan dan menyita waktu. Sudah saatnya di era digital ini kebutuhan sewa mobil tersebut dibuatkan sistem online dalam bentuk e-marketplace yang efektif dan modern.

Secara umum, e-marketplace dapat diartikan sebagai pasar online tempat terjadinya jual beli. Fungsi e-marketplace tidak berbeda dengan pasar biasa, yaitu : mencocokkan antara penjual dan pembeli. Nah, dalam hal sewa-menyewa mobil e-marketplace berfungsi untuk mempertemukan penyedia jasa layanan sewa mobil (pemilik rental mobil) dengan calon pelanggan secara online. Menjawab kebutuhan tersebut, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang IT di Indonesia telah menciptakan platform e-marketplace jasa rental mobil. Namun sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai platform e-marketplace tersebut, saya ingin berbagi sedikit tentang pengalaman saya dalam menyewa mobil secara konvensional.

Sering kali pada saat mencari mobil rental saya direpotkan dengan urusan telepon sana-sini memastikan ketersediaan mobil dan membandingkan harga sewa antar rental mobil. Belum lagi masing-masing rental mobil terkadang memiliki aturan yang berbeda. Setelah mengorbankan pulsa telepon, saya juga harus mengatur janji untuk waktu pengambilan mobil yang akan disewa tersebut. Terakhir saya harus bertemu dengan pihak rental mobil untuk memastikan kondisi mobil yang akan saya sewa. Adakah lecet pada body mobil? Bagaimana dengan kondisi keempat bannya? Bagaimana dengan kondisi interiornya? Semua itu baru dapat dipastikan setelah bertemu langsung dengan pihak rental mobil. Hmm.. cukup repot dan kurang efektif memang cara konvensional ini.

Di Bali, tempat tinggal saya, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menemukan rental mobil. Apalagi, seperti kita ketahui bersama, Bali merupakan daerah tujuan wisata yang populer baik domestik maupun mancanegara. Menyandang predikat sebagai destinasi wisata yang terkenal tentu mendorong tumbuhnya usaha rental mobil yang kian hari kian menjamur di Pulau Dewata ini. Namun tetap saja saya harus jeli dalam memilih rental mobil agar mendapatkan pelayanan yang bagus dan minim resiko. Saya juga sering kebingungan ketika ada kerabat dari luar kota atau bahkan luar negeri yang meminta tolong untuk dicarikan mobil sewa saat berwisata ke Bali. Selain karena saya tidak tahu betul rental mobil mana yang memiliki reputasi baik, juga karena saya tidak selalu mengikuti perkembangan kemajuan rental mobil di Pulau Dewata ini.

Menjawab kebutuhan akan layanan sewa mobil online, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT telah menciptakan sebuah platform e-marketplace untuk mempertemukan pelaku jasa rental mobil dengan pelanggan. DOcar adalah nama platform yang dimaksud. Unik ya? diucapkan seperti “dokar” yang merupakan moda transportasi tradisional nusantara. Pemilihan nama yang kreatif.

DOcar hadir sebagai solusi sewa menyewa mobil secara online. Dengan DOcar mencari mobil sewaan dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi smartphone maupun mobile web. DOcar diciptakan dalam bentuk aplikasi smartphone dan juga dapat diakses melalui browser PC, smartphone maupun tablet di alamat website : http://www.docar.co.id. Kemudahan akses tersebut sejalan dengan kemajuan teknologi digital saat ini dimana hampir semua orang menggunakan smartphone dan mengandalkannya pada setiap kegiatan sehari-hari. DOcar memungkinkan calon penyewa mobil mencari mobil sewaan yang sesuai keinginan mereka dimanapun dan kapanpun tanpa perlu bertemu langsung dengan pemilik rental mobil.

DOcar menawarkan 3 cara mudah sewa mobil, yaitu : pilih, pesan dan bayar.

Pilih mobil yang akan disewa sesuai keinginan dari sekian banyak rental mobil yang terdaftar. Lengkap dengan informasi plat nomor kendaraan, tahun kendaraan, warna kendaraan, jenis transmisi, jenis bahan bakar, jumlah pintu, jumlah maksimum penumpang, jumlah tas atau koper yang dapat dibawa, nilai reputasi atau rating dari pengguna sebelumnya dan tentu saja tarifnya.

Lakukan pemesanan mobil dengan memasukkan data diri dan informasi detail penjemputan, seperti : tempat dan jam penjemputan serta detail keterangan tambahan lainnya.

Lakukan pembayaran secara online dengan berbagai pilihan metode pembayaran, yaitu : kartu kredit, kartu debit, atm bersama, paypal atau dapat juga melalui Indomaret.

Selain memudahkan pelanggan sewa mobil, DOcar juga memfasilitasi para pemilik rental mobil untuk memajukan bisnis rental mobil mereka. Para pemilik rental mobil yang sudah terdaftar di dalam platform e-marketplace DOcar akan mudah ditemukan oleh pelanggan. Pemilik rental mobil yang terdaftar dapat memantau kisaran tarif antar rental mobil, sehingga dapat bersaing harga dan lagi-lagi akan menguntungkan calon pelanggan.

  • Mudah diakses baik dari smartphone, PC maupun tablet
  • Fleksibel, menyediakan beberapa filter untuk menyesuaikan hasil pencarian mobil yang akan disewa
  • Mampu menampilkan harga termurah
  • Mampu menampilkan hasil pencarian berdasarkan rating rental
  • Mampu menampilkan harga sesuai rekomendasi DOcar
  • Banyak varian mobil yang dapat dipilih.
  • Dibandingkan dengan layanan serupa, DOcar benar-benar mendata setiap mobil sewaan secara detail. DOcar menyediakan informasi lengkap mulai dari kondisi umum mobil hingga plat nomor mobil.
  • Hanya DOcar yang bisa menjamin Anda mendapatkan mobil sewaan pilihan Anda.
  1. Download aplikasi DOcar disini. Install dan buka aplikasi.
  2. Inputkan data perjalanan di kotak pencarian mobil.
  3. Muncul daftar mobil yang tersedia sesuai dengan tanggal sewa mobil.
  4. Klik tombol “Pesan” untuk memilih mobil yang sesuai dengan pilihan Anda.
  5. Setelah memilih mobil, Anda akan diarahkan ke halaman detail mobil. Anda bisa mengecek detail mobil.
  6. Jika sudah sesuai dengan keinginan Anda, klik tombol “Pesan Sekarang”.
  7. Isi form pemesanan yang antara lain terdiri dari informasi kontak dan detail penjemputan.
  8. Klik tombol “Lanjutkan” untuk memproses pemesanan.
    Anda akan diarahkan ke form metode pembayaran. Anda bisa menentukan untuk membayar lunas pemesanan atau membayar DP sebesar 25% terlebih dahulu. Pilih metode pembayaran dan klik tombol “OK” untuk melanjutkan.
  9. Apabila Anda memilih metode pembayaran transfer, Anda akan diarahkan ke detail pembayaran. Klik tombol “Bayar” untuk mulai melakukan proses pembayaran.
  10. Cek email Anda untuk mengetahui kode verifikasi. Masukkan kode tersebut ke kotak di bawah tulisan kode verifikasi.
  11. Selesaikan proses pembayaran dalam kurun waktu tertentu (lihat hitung mundur yang tertampil). Jika Anda tidak dapat menyelesaikan proses pembayaran dan mengkonfirmasi dalam jangka waktu yang diberikan, pemesanan akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem

Saya berani memberi rating bintang 5 untuk aplikasi DOcar di Playstore. Bukan karena tak ada sebab, tapi jelas karena menurut saya aplikasi DOcar merupakan sebuah inovasi yang sangat membantu para calon penyewa mobil dan sekaligus mendukung kemajuan usaha rental mobil. Harapan saya, semoga DOcar semakin dikembangkan hingga ke seluruh kota di Indonesia. Sehingga saya yang berdomisili di Bali pun dapat merasakan manfaatnya.

Kemajuan teknologi digital terutama perkembangan aplikasi mobile saat ini memungkinkan semua orang melakukan kegiatan sehari-hari hanya dengan memanfaatkan smartphone di genggaman. Inovasi yang diciptakan oleh PT. DOcar Indonesia dalam bentuk layanan sewa mobil online tentu patut kita acungi jempol karena terbukti memudahkan calon penyewa mobil dan juga memfasilitasi para pemilik rental mobil untuk mengembangkan usahanya.

Ingin mengenal lebih tentang aplikasi DOcar? Silahkan kunjungi media sosial DOcar berikut ini :

Website DOcar
Download aplikasi DOcar di Playstore
Google Plus
 http://www.facebook.com/docar.id

Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Review Docar Sewa mobil Solo Jogja Semarang :

2 Comments

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons