“A person who feels appreciated will always do more than what is expected”

Dulu, setiap mengawali tahun ajaran baru saya selalu diajak oleh ayah ke toko alat tulis sekolah dan saya bebas memilih sendiri peralatan sekolah yang saya mau. Saya pun memilih alat-alat tulis dengan perasaan senang tentunya. Yang tidak saya sadari dari cara ayah memperlakukan saya waktu itu adalah tumbuhnya semangat saya untuk berangkat ke sekolah sampai terbayang-bayang serunya belajar dengan peralatan sekolah baru yang sesuai keinginan. Sebuah bentuk penghargaan sederhana seorang ayah terhadap anaknya yang tidak akan pernah bisa saya lupakan hingga saat ini. Penghargaan yang beliau berikan dengan harapan mampu menumbuhkan semangat dan meningkatkan prestasi saya di sekolah. Setiap orang tua tentu mempunyai cara masing-masing dalam memberikan penghargaan kepada anak-anaknya. Cerita di atas hanyalah salah satu contoh dari sekian banyak cara yang dapat dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya.
Sekecil dan sesederhana apapun bentuk sebuah penghargaan dapat dijadikan sebagai motivasi bagi seseorang. Tidak hanya di masa kanak-kanak saja, di dalam dunia kerja pun penghargaan (reward) mempunyai peranan yang sangat penting. Pemberian penghargaan yang tepat akan dapat memotivasi karyawan sehingga mendorong karyawan tersebut untuk lebih bersemangat dan produktif dalam bekerja. Selain itu, juga diharapkan dapat memupuk rasa loyal karyawan terhadap perusahaan.
Bagaimana menggugah semangat karyawan dari yang sebelumnya merasa jenuh menjadi termotivasi untuk memberikan kontribusi terbaik hingga mencintai pekerjaannya? Salah satunya dengan mengapresiasi atau memberikan penghargaan pada setiap capaian pekerjaan karyawan tersebut. Karyawan yang merasa dihargai tentunya akan bersinergi dan berpotensi meningkatkan prestasi perusahaan.

Perusahaan yang tidak memperhatikan tentang pentingnya penghargaan bagi karyawannya akan beresiko menghadapi masalah-masalah yang cukup serius, diantaranya :
  • Karyawan akan kehilangan semangat kerja sehingga kontribusinya berkurang dan menurunkan produktifitas perusahaan
  • Gairah kerja berkurang sehingga hasil kerja yang dicapai karyawan tidak maksimal karena tidak merasa termotivasi.
  • Karyawan keluar masuk sehingga menyebabkan kerugian, apalagi jika karyawan yang keluar merupakan karyawan yang potensial di dalam perusahaan tersebut. Untuk merekrut karyawan baru pun sudah barang tentu membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit.
  • Jika ada satu karyawan yang merasa tidak puas terhadap perusahaan bisa jadi akan mempengaruhi karyawan yang lain sehingga pada akhirnya sangat merugikan perusahaan.

Untuk menghindari masalah-masalah tersebut sudah seharusnya manajemen perusahaan memikirkan tentang arti pentingnya sebuah penghargaan bagi karyawannya. Berbagai solusi motivasi dapat diterapkan oleh manajemen perusahaan, dapat berupa liburan bersama, family gathering, team building rutin atau dalam bentuk pemberian voucher belanja dan voucher makan. Atau bisa dalam bentuk lain yang disesuaikan dengan kebijakan perusahaan.

Menjawab masalah di atas, PT. Sodexo Motivation Solutions Indonesia telah menyediakan solusi motivasi bagi karyawan suatu perusahaan dalam bentuk Sodexo Gift Pass dan Sodexo Food Pass. Sejak tahun 1976 Sodexo telah membantu mengembangkan dan menerapkan solusi untuk meningkatkan motivasi bagi karyawan. Sodexo Group sebagai “world leader motivation solutions” fokus terhadap peningkatan kualitas hidup para kliennya.

Sodexo Gift Pass

Sodexo Food Pass

Sodexo Gift Pass merupakan voucher hadiah no. 1 di Indonesia yang dapat digunakan untuk menghadiahi karyawan. Voucher Belanja Sodexo Gift Pass ini dapat digunakan di lebih dari 9.700 Merchant Sodexo di seluruh Indonesia.

Voucher Sodexo Gift Pass dapat digunakan mulai dari retail sampai hiburan bagi karyawan, seperti :

  • Makan di restoran
  • Kebutuhan dasar
  • Berbelanja
  • Kesehatan
  • Berlibur

Beberapa Merchant Sodexo

Sedangkan voucher Sodexo Food Pass merupakan voucher makan prabayar yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan mereka sebagai alat untuk membeli makanan. Sehingga dapat dijadikan sebagai alat pengganti uang makan.

Manfaat dari voucher Sodexo Food Pass antara lain adalah uang makan menjadi lebih tepat guna, fleksibilitas pilihan menu dan tempat makan, serta mendapatkan promosi diskon khusus tentunya. Selain itu juga terdapat manfaat keseragaman di dalam perusahaan. Voucher Sodexo Food Pass dapat digunakan di :

 

  • Kantin perusahaan
  • Restoran
  • Kaki lima

Selain dua jenis voucher di atas, Sodexo juga menyediakan pilihan voucher yang lain, yaitu :

Sodexo Reward Pass : merupakan jenis lain dari voucher Sodexo Gift Pass sebagai hadiah dengan nilai nominal yang lebih kecil atau dengan kata lain bentuk dari Sodexo Gift Pass yang lebih ekonomis.

Sodexo Discount Pass : merupakan kartu diskon yang dapat dipesan oleh perusahaan dengan desain sendiri untuk meningkatkan kinerja dan loyalitas dari karyawan dan klien. Saya memiliki salah satu kartu diskon ini dari jasa pengiriman paket langganan saya.

Sodexo ePass : merupakan voucher belanja elektronik yang dapat digunakan di website-website belanja online terbaik di Indonesia, pertama dan satu-satunya.

Penghargaan dari perusahaan untuk karyawannya juga dapat berbentuk promosi jabatan. Promosi jabatan yang tentunya diiringi dengan naiknya upah kerja pastinya akan menjadi motivasi tersendiri bagi seorang karyawan.

Menghargai seseorang dapat ditunjukkan dalam berbagai macam bentuk dan cara. Seseorang yang merasa dihargai akan selalu melakukan lebih dari apa yang diharapkan. Di kantor saya diberlakukan pemberian tunjangan kinerja bagi pegawai yang bekerja sesuai target kinerja per semester. Review kinerja juga dilakukan oleh atasan setiap semester. Selain dilihat dari kinerjanya, saya juga dinilai dari kedisiplinan kehadiran setiap harinya. Pemotongan tunjangan pun diberlakukan jika saya melanggar aturan jam masuk dan pulang kantor. Sistem reward dan punishment ini tentunya sangat berdampak pada diri saya sehingga termotivasi untuk lebih disiplin dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan terukur. Jadi bagi saya sebuah penghargaan memiliki peranan yang sangat penting dalam hidup. Sekian tulisan saya mengenai arti sebuah penghargaan. Semoga dengan tulisan ini kita bisa lebih menghargai sesama, terlebih lagi dalam hidup berkeluarga semoga kita dapat lebih menghargai pasangan dan anak-anak kita. Salam.
Juniawan Arif

About Juniawan Arif

Just a guy interested in internet things. follow me on twitter @juniawanarif & instagram @juniawanarif

4 Comments

Leave a Reply