Akan menjadi kepuasan tersendiri ketika memiliki suatu barang dengan ciri unik dan sesuai selera kita. Seperti halnya memiliki smartphone, terkadang kita ingin “mendandani”nya dengan memasang casing yang mempunyai desain unik dan menarik. Akan tetapi casing handphone yang ada di pasaran biasanya memiliki desain yang biasa-biasa saja dan sulit untuk kita menemukan desain yang sesuai selera.

Bosan dengan desain casing handphone yang biasa-biasa saja? Ciptaloka.com akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Ciptaloka.com merupakan website yang menyediakan layanan desain dan cetak gambar custom pada berbagai macam media, seperti T-Shirt, casing handphone, mug, canvas atau bahkan batu. Nah, kali ini saya akan mereview website ciptaloka.com khususnya untuk layanan Custom Casing Handphone.

Teknologi yang digunakan untuk mencetak gambar pada permukaan casing HP handphone adalah teknologi thermal printing. Teknologi ini memungkinkan gambar dapat dicetak pada semua sisi casing, termasuk sisi kiri dan kanan casing. Hasil thermal printing akan terlihat tajam dan memunculkan warna cerah yang awet dan tahan goresan. Bahan yang digunakan sebagai casing adalah polycarbonate plastic yang ringan dan kuat. Jadi, dengan membuat casing handphone custom di ciptaloka.com selain kita mendapatkan casing dengan desain suka-suka, kita juga akan mendapatkan kualitas bahan casing yang bagus untuk memberikan perlindungan ekstra pada smartphone kita.

Ciptaloka.com menyediakan fasilitas online editor yang handal untuk mendesain gambar yang akan dicetak di casing handphone. Kita dapat sesuka hati mendesain gambar menggunakan online editor tersebut. Dengan tersedianya beberapa template casing handphone, memungkinkan kita untuk mendesain sekaligus melihat preview hasil cetakan pada casing handphone yang kita miliki. Namun, ada satu hal mendasar yang harus kita perhatikan pada saat mendesain, yaitu masalah hak cipta. Kita tidak boleh sembarangan menggunakan gambar milik orang lain atau pihak tertentu yang memiliki hak cipta. Tentunya kita tidak ingin desain yang sudah jadi dan digunakan pada casing handphone kita diklaim oleh seseorang karena masalah hak cipta bukan?

Saat review ini dibuat, ciptaloka.com menyediakan template casing handphone dari 8 merk ternama. Merk-merk tersebut antara lain : Apple, Samsung, Xiaomi, Asus, Lenovo, LG, Blackberry dan Oppo. Tidak menutup kemungkinan suatu saat akan ada penambahan template dari merk yang lain. Pada masing-masing merk tersebut terdapat beberapa template berdasarkan tipe handphone seperti terlihat pada gambar di atas. Proses pemesanan casing handphone custom di ciptaloka.com terbilang cukup mudah. Berikut ini saya contohkan proses pemesanannya.

Pertama kita pilih menu Custom Casing HP lalu pilih merk handphone kita seperti pada gambar di bawah ini.

Lalu pilih tipe handphone kita. Misalkan saya pilih Apple iPhone Case lalu pilih iPhone 5/5s karena saya ingin memesan casing handphone custom untuk iPhone 5s.

Selanjutnya setelah kita memilih merk dan tipe handphone, kita akan dibawa ke halaman online editor seperti nampak pada gambar di bawah.

Seperti terlihat pada gambar, kita dapat mengupload gambar atau foto kita sendiri atau menambahkan teks dengan ratusan pilihan jenis font dan juga memasukkan clipart yang jumlahnya ribuan. Kali ini saya mencoba upload gambar dari PC.

Gambar yang kita upload dapat kita edit melalui menu yang tersedia di ciptaloka.com. Selain itu kita juga dapat menambahkan overlay, mask dan filter pada gambar yang kita upload tersebut. Perhatikan area gambar yang dibatasi dengan garis putus-putus berwarna biru, jika ingin menutup semua bidang casing atau biasanya disebut dengan istilah full-print maka isi semua bagian yang dibatas garis biru tersebut dengan gambar kita.

Jika sudah selesai mendesain gambar kita klik Tambah ke Keranjang. Lalu akan muncul tampilan sebagai berikut :

Pilih Ya jika ingin menggunakan desain yang sama untuk casing handphone yang lain atau pilih Tidak jika ingin lanjut untuk proses pembayaran. Selanjutnya kita isi informasi pengiriman dan pilih metode pengiriman.

Metode pengiriman yang tersedia adalah : JNE Reguler, JNE OKE dan Pos Kilat Khusus. Saya pilih metode JNE Reguler.

Selanjutnya konfirmasi pemesanan dan proses pembayaran.

Setelah klik Konfirmasi Pemesanan proses pemesanan selesai. Sebuah email konfirmasi berisi kode order akan dikirimkan ke alamat email yang sudah kita inputkan sebelumnya pada informasi pengiriman. Pesan konfirmasi pemesanan juga dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone kita.

Proses pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank ke nomor rekening ciptaloka seperti tertera pada gambar di atas. Terakhir kita lakukan konfirmasi pembayaran jika sudah melakukan transfer. Selesai. Kita tinggal menunggu casing handphone custom kita dikirimkan dalam waktu 1-3 hari kerja.

Nah itu tadi cara pemesanan casing handphone custom di ciptaloka.com. Untuk mengecek status pesanan kita dapat memanfaatkan menu Cek Status Order dengan memasukkan kode order dan nomor handphone. Oh ya jika Anda tidak terbiasa atau malah kebingungan dalam menggunakan online editor ciptaloka, Anda juga dapat menggunakan jasa bantuan desain melalui menu Jasa Desain. Para desainer profesional ciptaloka akan membantu Anda dalam mendesain gambar. Jasa desain ini gratis selama masa promo sampai dengan 31 Juli 2016.

Contoh hasil jadi casing handphone custom ciptaloka.com :

Contoh hasil jadi selengkapnya dapat diakses disini.

Seperti halnya website online shopping yang lain, website ciptaloka.com tentunya juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan website ciptaloka.com menurut saya.

Kelebihan :

1. Responsive Design

Website ciptaloka.com menggunakan desain yang responsive sehingga dapat diakses dengan mudah melalui PC/laptop, smartphone maupun tablet.

2. User Friendly

Navigasi antar menu di dalam website ciptaloka.com terkesan mudah digunakan dan tidak membingungkan.

3. Online Editor Handal

Ciptaloka.com memiliki online editor yang handal dan mudah untuk digunakan.

4. Memiliki Banyak Template Casing

Pilihan template casing tentunya akan memudahkan pengunjung website ciptaloka.com dalam melakukan pemesanan casing handphone custom.

5. Memiliki Banyak Koleksi Clipart

Terdapat ribuan clipart menarik yang dapat dipilih untuk mendesain casing handphone kita.

Kekurangan :

1. Tidak Ada Form Request

Saya tidak menemukan form request jika template tipe handphone yang kita miliki belum terdapat di dalam online editor ciptaloka. Form request tersebut tentunya akan membantu pengunjung untuk tetap melakukan pemesanan dan tidak meninggalkan website ciptaloka.com begitu saja karena merasa tipe handphone yang dimilikinya tidak terdaftar di online editor ciptaloka.com.

2. Galeri Contoh Tidak Dapat Dizoom

Pada galeri contoh hasil jadi desain casing handphone custom sebaiknya bisa dizoom sehingga dapat dilihat secara lebih detail atau mungkin akan lebih baik lagi jika memanfaatkan galeri dari instagram.

3. Tidak Terdapat Informasi Cara Pemesanan

Bagi pengunjung yang masih awam dengan online shopping mungkin akan lebih terbantu jika terdapat halaman khusus yang menjelaskan tentang cara melakukan pemesanan casing handphone custom mulai dari memilih template sampai dengan konfirmasi pemesanan dan pembayaran. Akan lebih baik lagi jika dibuat dalam bentuk infografik yang menarik.

Sekian review saya tentang website ciptaloka.com. Nah, sekarang tidak usah bingung lagi jika ingin memiliki casing handphone yang unik dan personal dengan desain gambar sendiri, tinggal pesan saja secara online di ciptaloka.com. Salam.

Sumber :
Website ciptaloka.com

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons