Di era teknologi digital saat ini hampir semua orang mengenal smartphone dan tablet. Dua jenis gadget ini seolah tidak dapat dipisahkan dalam keseharian kita. Tidak hanya sebagai alat komunikasi semata, smartphone maupun tablet juga dapat digunakan layaknya asisten seseorang dalam berbagai hal. Asisten dalam menyelesaikan pekerjaan, transaksi jual beli, berkendara, travelling, mengatur jadwal, mengatur keuangan atau bahkan dijadikan sebagai asisten kesehatan.

Asisten-asisten yang dimaksud dapat berupa aplikasi mobile yang diinstall di dalam smartphone atau tablet itu sendiri maupun dalam bentuk mobile web yang dapat diakses melalui browser atau bisa jadi merupakan gabungan dari keduanya. Saat ini developer dan stackholder berlomba-lomba dalam menciptakan aplikasi-aplikasi yang kemudian dapat dengan mudah kita temukan di dalam marketplace seperti Google Play dan App Store.

Saat mencari aplikasi mobile yang hendak dijadikan sebagai asisten kesehatan tentunya kita menemukan banyak pilihan aplikasi tersedia di dalam marketplace. Dari sekian banyak pilihan aplikasi mobile untuk menjaga kesehatan tubuh ada satu aplikasi karya anak bangsa yang menarik untuk kita bahas bersama disini. Aplikasi mobile tersebut bernama Garda Mobile Medcare. Sebuah aplikasi untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang agar selalu dalam kondisi fit.

Garda Mobile Medcare merupakan produk digital Asuransi Astra yang memiliki banyak manfaat dengan fitur-fiturnya yang menarik. Aplikasi ini dapat digunakan oleh siapapun tidak terbatas untuk pelanggan Garda Medika saja. Dengan Garda Mobile Medcare kita dapat menetapkan target hidup sehat lengkap dengan reminder dan sarannya, merekam riwayat gejala kesehatan, mengatur jadwal minum obat, merekam nama obat yang dikonsumsi lengkap dengan foto obat, mengatur jadwal kunjungan ke dokter atau lab dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Penasaran seperti apa penampakan dan cara menggunakan aplikasi Garda Mobile Medcare? Mari kita simak bersama review saya berikut ini.

Untuk dapat menggunakan aplikasi Garda Mobile Medcare tentunya kita harus menginstallnya terlebih dahulu di smartphone maupun tablet kita. Jangan khawatir, mengunduh aplikasi Garda Mobile Medcare tidak memerlukan pembelian alias tersedia secara gratis di marketplace. Untuk pengguna Android dapat mengunduhnya melalui Google Play dan pengguna iOS melalui App Store dengan keywords pencarian “Garda Mobile Medcare” atau klik gambar berikut :
Download dan Install untuk memulai gaya hidup sehat Anda.
Kesan pertama melihat tampilan awal Garda Mobile Medcare saya cukup dibuat kagum. Aplikasi Garda Mobile Medcare menggunakan pilihan warna-warna pastel lembut sehingga nyaman di mata penggunanya, tata letak menu mudah dijangkau dan pengelompokan fitur-fitur mudah dimengerti.
Selanjutnya mari kita kupas lebih dalam mengenai penggunaan aplikasi Garda Mobile Medcare. Pada kesempatan kali ini saya menggunakan smartphone Android untuk mencoba aplikasi Garda Mobile Medcare.
Home
Pada menu Home ini kita disuguhkan dengan sembilan fitur yang tersusun rapi dengan icon-icon yang unik.
 Reminder
Fitur ini menampilkan daftar Wellness, Medical Control dan Medication kita. Fungsi Reminder ini sesuai namanya adalah sebagai pengingat kita mengenai jadwal aktivitas kesehatan (Wellness), jadwal kontrol medis (Medical Control) dan jadwal konsumsi obat (Medication). Kita harus membuat jadwal-jadwal tersebut terlebih dahulu agar muncul di menu Reminder. Notifikasi dari aplikasi akan muncul ketika memasuki waktu yang telah dijadwalkan. Tentunya akan sangat membantu kita dalam berdisiplin melakukan aktivitas kesehatan, jadwal kontrol medis dan yang tidak kalah penting dapat mencegah kita agar tidak telat atau bahkan lupa meminum obat.

Screenshot Reminder

Pada gambar di atas saya sebelumnya sudah membuat : 3 aktivitas kesehatan (Wellness), 1 jadwal kontrol medis (Medical Control) dan 3 hari jadwal mengkonsumsi obat (Medication).

Selengkapnya mengenai fitur-fitur aplikasi Garda Mobile Medcare ini dapat dilihat pada video demo aplikasi di bagian akhir review saya.

 Wellness
Nah pada menu Wellness ini kita dapat membuat daftar jadwal aktivitas kesehatan kita. Pilihan aktivitasnya beragam dan lengkap. Pada contoh di bawah ini saya membuat 3 aktivitas kesehatan.

Screenshot Wellness

Dengan fitur ini setiap aktivitas kesehatan yang kita jadwalkan akan tersusun rapi dan aplikasi akan memunculkan notifikasi pengingat sesuai waktu alert yang kita set pada saat membuat aktivitas. Sehingga akan memudahkan kita dalam mengingat dan mengatur waktu untuk melakukan aktivitas kesehatan tersebut.

 Daily Activity
Berbeda dengan Wellness, Daily Activity digunakan untuk mengelola target gaya hidup sehat kita. Kategorinya adalah Foods, Body Weight, Glass of Water, Cup of Coffee, Cup of Tea dan Sleep. Kita dapat menentukan target jumlah porsi makan kita dalam sehari, jumlah konsumsi air putih, kopi, teh dan juga waktu tidur kita. Sebelumnya kita set terlebih dahulu info Body Weight untuk mengetahui Body Mass Index (BMI) kita. Saya sendiri masih termasuk underweight jadi saya set target porsi makan lebih dari 3 kali sehari. Tentunya kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda. Targetnya pun tentunya berbeda pula.

Screenshot Daily Activity

  1. Klik SET TARGET untuk memulai
  2. Pilih kategori aktivitas yang akan kita set
  3. Food
  4. Body Weight
  5. Glass of Water
  6. Cup of Coffee
  7. Cup of Tea
  8. Sleep
  9. Kemudian kembali ke menu Daily Activity
  10. Klik tanda plus (+)
  11. Pilih kategori yang akan ditampilkan, misalnya Glass of water
  12. Setiap kita meminum segelas air putih kita bisa merekam aktivitas tersebut dengan klik tanda (+) pada gambar gelas atau klik gambar gelas lalu geser kursor Glass ke atas ke arah Glasses your Goal.
  13. Ulangi untuk setiap kategori aktivitas.
  14. Nah, pada setiap aktivitas selain Food dan Sleep juga terdapat tips rekomendasi. Misalnya pada kategori Body Weight.
  15. Klik Recommendation pada bagian bawah sehingga muncul tips rekomendasi dari aplikasi Garda Mobile Medcare mengenai Body Weight. Menarik bukan?
 Symptoms
Fitur ini berguna untuk merekam gejala-gejala kesehatan yang kita alami lengkap dengan informasi obat yang dikonsumsi. Sehingga akan memudahkan kita dalam berkonsultasi dengan dokter pada saat gejala sakit yang kita derita tidak kunjung sembuh. Fitur ini akan memudahkan dokter dalam membaca indikasi-indikasi penyakit. Harapannya dokter akan lebih akurat lagi dalam mendiagnosa penyakit.

Screenshot Symptoms

Pada contoh di atas, saya mencoba merekam gejala demam beserta obatnya.

Selain berguna untuk memudahkan dokter, fitur Symptoms ini juga dapat kita gunakan sebagai panduan kita dalam menangani gejala penyakit secara mandiri. Dengan gejala demam yang saya alami saya mengkonsumsi obat demam X ternyata gejala tersebut hilang. Sehingga saya tidak khawatir lagi jika mengalami gejala yang sama di lain waktu.

 Medical Control
Dengan berbagai kesibukan kita saat ini, seringkali kita melupakan jadwal kontrol medis yang seharusnya rutin kita lakukan. Dengan fitur Medical Control ini kita dapat meminimalisir kealpaan tersebut.

Screenshot Medical Control

Pada contoh di atas, saya mencoba menjadwalkan kontrol medis berupa Cek Kolestrol di Lab Prodia Tabanan. Saya set Alert one hour before, sehingga 1 jam sebelum jadwal cek kolesterol saya akan diingatkan oleh sistem aplikasi Garda Mobile Medcare.

 Medication
Fitur ini juga tidak kalah penting. Kita dapat merekam jadwal minum obat dan mengeset Alert untuk mengingatkan kita. Sehingga kita dapat meminum obat secara disiplin dan terhindar dari telat atau bahkan lupa meminum obat.

Screenshot Medication

Kita juga dapat melengkapi informasi obat dengan foto dan catatan. Pada contoh di atas, saya mencoba membuat jadwal minum obat untuk 3 hari.

Contoh Alert Medication

Gambar di atas merupakan Alert untuk meminum obat pada waktu yang telah ditentukan. Pada contoh di atas saya set pukul 11:21.

 Call Garda Akses
Garda Medika yang merupakan produk asuransi kesehatan dari Asuransi Astra memiliki layanan akses call 24 jam di nomor 1 500 112. Dengan Fitur Call Garda Akses pada aplikasi Garda Mobile Medcare kita dapat menghubungi layanan tersebut dengan sekali sentuh.

Screenshot Call Garda Akses

Call Garda Akses

1500112
 Inbox
Fitur ini akan menampung informasi dan promo-promo menarik dari Garda Medika.
Hanya dengan menginstall Garda Mobile Medcare, pengguna akan mendapatkan promo menarik berikut :
  • 10 hari Free Trial dan Free 1 bulan di bulan ke-13 jika join membership selama periode trial dari Celebrity Fitness.
  • Voucher senilai Rp 500.000,00 untuk pembelanjaan minimum Rp 1.200.000,00 dari Optik Melawai.

Tunggu apalagi? Ayo install dan dapatkan promonya.

 Garda Medika
Ini merupakan fitur khusus bagi pelanggan Asuransi Garda Medika. Pelanggan dapat dengan mudah melihat sejarah klaim dan manfaat kepesertaan pada menu ini dengan login terlebih dahulu tentunya. Namun sayangnya saya belum menjadi pelanggan Garda Medika, sehingga belum bisa mencoba lebih dalam lagi tentang fitur ini.
 Profile
Pada menu profile ini kita dapat memasukkan data diri seperti nama, tanggal lahir, nomor handphone dan kontak darurat.
 Near Me
Pernah mengalami situasi darurat dimana kita harus segera ke rumah sakit tapi tidak tahu dimana alamat rumah sakit terdekat dari posisi kita? Nah, fitur Near Me ini dapat membantu kita menemukan lokasi rumah sakit terdekat lengkap dengan rute menuju rumah sakit tersebut. Selain rumah sakit kita juga dapat mencari laboratorium, toko obat, tempat fitness dan juga toko optik terdekat dengan lokasi kita.
 Knowledge
Menu ini berisi artikel dan tips menarik tentang gaya hidup sehat dan olahraga.
 Setting
Kita dapat melihat informasi mengenai aplikasi Garda Mobile Medcare melalui menu Setting lalu pilih About. Aplikasi ini juga dapat dihubungkan dengan akun media sosial Facebook dan Twitter kita dengan cara klik Link Account. Setelah akun dihubungkan kita dapat memberitahu teman kita di Facebook atau Twitter mengenai aplikasi Garda Mobile Medcare melalui menu Tell a friend. Nah, pada Menu Account kita bisa mendaftarkan diri kita agar terdaftar sebagai pengguna aplikasi ini dengan cara memasukkan email dan nomor handphone. Sebuah pesan yang berisi informasi akun dan kode token akan dikirimkan ke email kita. Kode token tersebut digunakan untuk login ke aplikasi. Data akan tersimpan di cloud dan berguna untuk sinkronisasi pada saat kita mengganti perangkat smartphone. Saat ini sinkronisasi data hanya dapat dilakukan antar 2 device dengan OS yang sama, Android dengan Android dan iOS dengan iOS. Tentunya saya berharap ke depan akan ada pengembangan untuk sinkronisasi ini agar tidak terbatas antara 2 OS tersebut. Yang terakhir adalah fitur Refresh, berguna untuk melakukan sinkronisasi data sehingga data pada aplikasi yang kita gunakan akan terupdate.

Nah, itu tadi sekilas tentang pengalaman saya menggunakan aplikasi Garda Mobile Medcare. Dengan segudang fitur yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, tentunya tidak salah jika kita menjadikan aplikasi Garda Mobile Medcare sebagai asisten gaya hidup sehat masa kini. Sesuai komitmen Asuransi Astra untuk terus memberikan Peace of Mind dalam hidup.

Secara keseluruhan penilaian saya tentang aplikasi Garda Mobile Medcare adalah sebagai berikut :

Design

95%

Design menarik dengan warna-warna pastel

Fitur

95%

Fitur lengkap dan beragam

User friendly

90%

Aplikasi user friendly, mudah digunakan

Responsiveness

90%

Aplikasi merespon masukan dan aksi pengguna dengan cepat

Untuk lebih jelas mengenai fitur-fitur aplikasi Garda Mobile Medcare, berikut ini saya sertakan video pengalaman saya dan juga video dari Youtube Channel Asuransi Astra :

Sekian tulisan saya, semoga bermanfaat, tetap sehat dan semangat. Salam.
Sumber tulisan dan gambar :
www.asuransiastra.com
www.freepik.com
Tulisan ini diikutsertakan dalam “Medcare Blog Competition“.
#gardamobile #medcare
Juniawan Arif

About Juniawan Arif

Just a guy interested in internet things. Email : jun.juniawan@gmail.com | Follow me on twitter @juniawanarif & instagram @juniawanarif

8 Comments

Leave a Reply