banner

Bicara mengenai pelayanan suatu bank, biasanya kita akan melihat dari pelayanan yang kita dapat di kantor-kantor bank dimaksud. Bagaimana Teller atau Customer Service Officer melayani kita? Keramahannya? Kecepatan kerjanya? Penjelasan tentang solusi dari masalah yang kita hadapi dalam berbank? Bahkan bisa juga dari cara satpamnya saat melayani kita. Menurut saya Bank Negara Indonesia (BNI) sebagai salah satu bank terbaik di Indonesia menerapkan standar pelayanan yang lebih dibanding bank-bank yang lain. Tidak hanya memberikan pelayanan terbaik di kantor tapi juga menyediakan layanan terkini secara online melalui media sosial yang dimilikinya. Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman bersama BNI baik yang saya alami secara offline maupun online.
Pengalaman offline yang saya maksud adalah ketika saya beberapa hari yang lalu mendatangi salah satu kantor cabang BNI di kawasan Jimbaran untuk membuka rekening baru. BNI Cabang Jimbaran ini terletak di lingkungan Kampus tempat saya bekerja, yaitu di Politeknik Negeri Bali, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Saya mendatangi kantor cabang BNI Jimbaran tersebut selepas shalat Jumat.
Begitu memasuki kantor cabang BNI Jimbaran saya disambut ramah oleh seorang satpam. Dibukakan pintu dan menanyakan keperluan saya. Setelah menyampaikan maksud dan tujuan selanjutnya saya dipersilahkan untuk mengambil nomor antrian dengan menekan tombol mesin antrian CSO. Saya mendapat nomor antrian 429 dan tersisa 6 antrian.

Kemudian saya dipersilahkan duduk untuk mengantri menunggu giliran.
Tidak berapa lama Pak Satpam menyodorkan form isian pembukaan rekening perorangan lengkap dengan papan alas menulis dan ballpoint.
Sekitar 30 menit mengantri akhirnya giliran saya tiba. Nomor antrian dipanggil dengan pengeras suara dan saya bergegas menuju ke meja Customer Service yang disebutkan. Proses pembuatan rekening baru oleh Customer Service terbilang cepat hanya dalam waktu 10 menitan saja. Saya membuka rekening BNI Taplus dengan kartu ATM instant tanpa nama. Selesai menandatangani formulir dan mendaftarkan PIN ATM saya diarahkan untuk melakukan penyetoran awal di Teller. Teller di kantor BNI Jimbaran terletak di lantai 2.
Kembali saya duduk menunggu nama saya dipanggil di antrian Teller. Hanya berselang beberapa saat saya dipanggil oleh salah satu Teller dan menyetorkan sejumlah uang. Minimal setoran awal untuk pembukaan rekening baru di kantor BNI Jimbaran adalah sebesar Rp. 250.000,-. Saya menyetorkan sebesar setoran minimal ditambah dengan biaya pembuatan kartu ATM sebesar Rp. 10.000,- dan biaya materai sebesar Rp. 6.000,-. Jadi waktu itu total saya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 266.000,-. Oh ya sekedar informasi, setoran minimal untuk di jabodetabek Rp. 500.000,- dan luar jabodetabek adalah sebesar Rp. 250.000,-. Persyaratan yang diminta untuk pembukaan rekening baru tersebut cukup mudah, yaitu melampirkan KTP/SIM/Paspor (domisili se-Kabupaten/Kodya dengan Cabang BNI tempat membuka rekening) atau dibuktikan dengan surat keterangan domisili/kerja jika tidak sama dan NPWP. Waktu itu saya melampirkan surat keterangan kerja karena KTP saya berdomisili di Kabupaten Tabanan tapi kantor cabang BNI Jimbaran berada di Kabupaten Badung.
Hanya dalam waktu kurang lebih 45 menit (termasuk waktu tunggu antrian) proses pembukaan rekening baru saya selesai dan kartu ATM bisa langsung digunakan. Cepat dan mudah bukan?
Selama proses pembukaan rekening BNI tersebut saya dilayani dengan ramah dan sabar oleh 3 orang. Pertama oleh satpam, kedua oleh Customer Service dan yang ketiga oleh seorang Teller. Ketiganya melayani saya dengan sangat baik dan memuaskan.
Selain mendirikan kantor cabang di areal kampus, BNI juga membangun ATM Sepeda Motor tidak jauh dari kantor cabang BNI Jimbaran. Mengingat sebagian besar mahasiswa dan civitas akademika Universitas Udayana dan Politeknik Negeri Bali merupakan pengendara sepeda motor. Sehingga dirasa sangat cocok dan memang dalam kenyataannya sangat membantu kami dalam bertransaksi melalui ATM.
Hemat waktu dan tidak perlu repot dengan urusan parkir. Karena dengan ATM Sepeda Motor kita dapat bertransaksi di mesin ATM tanpa perlu beranjak turun dari sepeda motor. Konsepnya sama seperti ATM drive-thru pada umumnya, tapi dikhususkan untuk sepeda motor saja. Setahu saya ATM Sepeda Motor hanya dimiliki oleh BNI saja, bank lain belum ada yang mempunyai ATM seperti ini.
Nah, di awal tulisan saya sempat menyinggung tentang pengalaman offline dan online. Lalu pengalaman online seperti apakah yang saya maksud? Pengalaman online yang saya maksud adalah keberagaman pilihan layanan online yang disediakan oleh BNI dalam memenuhi kebutuhan informasi transaksi perbankan nasabahnya. Salah satunya adalah layanan #AskBNI melalui Direct Message (DM) Twitter @BNI.
Dengan fasilitas layanan #AskBNI melalui Direct Message tentunya menjadi pengalaman baru dan menarik bagi kita dalam mencari informasi terupdate mengenai produk, layanan dan promo dari BNI. Berikut ini pengalaman saya dalam menggunakan layanan #AskBNI melalui Direct Message Twitter @BNI :
*klik di masing-masing judul ya..

#AskBNI DM Tentang Produk

DM1Dengan mengetik #AskBNI dan menambahkan keyword #Taplus saya ingin mengetahui informasi tentang BNI Taplus. Setelah mengirimkan Direct Message #AskBNI #Taplus seketika itu juga saya mendapat balasan berisi tentang informasi BNI Taplus.

#AskBNI DM Tentang Layanan

DM2Untuk Direct Message tentang layanan BNI kita diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu dengan format DM Twitter sebagai berikut :
#daftar #nama_lengkap #nohandphone
Pada contoh gambar di atas setelah berhasil mendaftar kemudian saya mencoba mengetik #HelpBNI untuk memunculkan semua keyword yang ada di #AskBNI. Ternyata banyak sekali keyword layanan BNI yang bisa diakses melalui DM Twitter ini. Selanjutnya saya mencoba mengetik keyword #AskBNI #WeekendBankingBali untuk mengetahui kantor BNI yang melayani nasabah pada saat weekend di Bali. Secara instan muncul balasan dari BNI berisi informasi kantor-kantor BNI yang melayani weekend banking lengkap dengan alamat dan jam operasionalnya.

#AskBNI DM Tentang Promo

DM3Nah ini yang paling disukai banyak orang tentunya, DM tentang promo BNI. Pertama, untuk mengetahui keyword promo yang tersedia kita bisa mengetik #HelpPromo. Begitu banyak keyword promo-promo menarik dan terbaru dari BNI yang akan muncul. Saya mencoba memasukkan keyword #Promo #DiningBali. Wow ternyata banyak sekali promo Dining Experience dari BNI. Saya mendadak lapar. 
Menarik dan interaktif sekali bukan? Tidak hanya itu, media sosial BNI juga termasuk sangat aktif dan menarik untuk diikuti. BNI melalui Facebook Page dan Twitter nya kerap kali mengadakan promo-promo, kuis dan undian berhadiah. Selain itu juga dari segi estetika grafis gambar yang diposting melalui media sosial BNI tergolong bagus dengan desain yang kekinian.
BNI juga menyediakan layanan BNI CALL untuk kemudahan, kenyamanan dan kebutuhan bertransaksi perbankan yang dapat dihubungi 24 jam melalui nomor 1500046.
Kesimpulannya, wajar saja jika BNI disebut sebagai salah satu bank terbaik di Indonesia dengan kualitas pelayanannya yang prima. Dengan berbagai pilihan layanan, BNI menghadirkan pengalaman bertransaksi perbankan yang variatif dan menarik. Bukan hanya pelayanan di kantornya saja tapi juga pelayanannya secara online. Sehingga para nasabah dapat leluasa memilih jalur layanan yang ingin ditempuh untuk semua urusan perbankan yang akan dilakukan.
Bank Negara Indonesia (BNI) memang sudah cukup lama menjadi bank tempat melakukan pembayaran biaya kuliah kampus Universitas Udayana dan Politeknik Negeri Bali. Sejauh ini pelayanannya tidak pernah mengecewakan. Sebagai tenaga IT di kampus Politeknik Negeri Bali, saya dan tim sedang merencanakan untuk mengembangkan sistem penerimaan mahasiswa baru secara online dan berharap agar bisa bekerjasama dengan BNI untuk proses pembayaran biaya pendaftarannya. Semoga di masa mendatang dapat terjalin kerjasama yang baik antara kami dan BNI demi bersinergi dalam mengembangkan negeri. Salam.

 

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Blogging #70TahunBNI dengan tema “Pelayanan BNI”.

Sumber gambar :

bni.co.id
 freepik.com

Juniawan Arif

About Juniawan Arif

Just a guy interested in internet things. Email : jun.juniawan@gmail.com | Follow me on twitter @juniawanarif & instagram @juniawanarif

4 Comments

Leave a Reply