banner-blog1

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat saat ini telah merasuki semua sendi kehidupan kita. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa teknologi digital yang modern mempunyai pengaruh besar pada cara kita berkomunikasi, bersosialisasi, berbisnis, mengelola data, mengelola aset hingga mengelola segala urusan finansial kita. Kemajuan teknologi digital tersebut tentunya bertujuan untuk memudahkan kegiatan kita sehingga lebih efektif dan efisien dalam hal waktu, tenaga maupun biaya.

0

Seiring perkembangan jaman kebutuhan dan gaya hidup seseorang akan terus meningkat. Demi memenuhi kebutuhan dan gaya hidup tersebut akan muncul kewajiban untuk mengeluarkan sejumlah biaya. Biaya listrik, air dan gas, telekomunikasi, asuransi, multifinance (cicilan mobil dan motor), tv berbayar, game online dan biaya-biaya lainnya. Setiap bulannya tagihan tersebut tentunya perlu perhatian khusus dan harus dikelola dengan cermat. Sudah saatnya ada yang berinovasi untuk menciptakan layanan pengelolaan tagihan-tagihan di atas dengan sistem transaksi online.

Namun sebelum kita bahas lebih lanjut mengenai inovasi transaksi online tersebut mari kita kupas terlebih dahulu satu masalah utama yang menjadi kendala terbesar pada sistem layanan transaksi online, yaitu masalah keamanan. Kepercayaan seseorang dalam bertransaksi online sangat dipengaruhi oleh faktor keamanan tersebut. Jika seseorang ragu-ragu atau tidak percaya sama sekali terhadap suatu layanan dengan sistem transaksi online maka tentunya layanan tersebut tidak akan pernah berjalan. Lalu bagaimana caranya kita mengetahui tingkat keamanan suatu layanan dengan sistem transaksi online?

title tips2

1. Menggunakan SSL Bersertifikasi.

Secara teknis kita dapat mengamati sertifikat SSL untuk memastikan keamanan sistem suatu website yang menyediakan layanan transaksi online. SSL (Secure Socket Layer) adalah protokol keamanan yang mengamankan segala bentuk transaksi online yang ada di internet. SSL memastikan data transaksi online aman dengan cara mengenkripsi atau mengacak semua data transaksi sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. SSL banyak digunakan oleh website dengan layanan transaksi online seperti website pendaftaran online, pemesanan tiket pesawat, pemesanan hotel, online shop dan lain-lain.
Cara paling sederhana untuk mengetahui suatu website menggunakan SSL atau tidak yaitu dengan mengamati URL-nya. Website yang menggunakan SSL bersertifikasi mempunyai URL yang diawali dengan HTTPS. Misalnya https://paybill.id.

2. Bekerjasama Dengan Banyak Bank

Suatu layanan yang mendukung transaksi online sudah seharusnya menjalin kerjasama dengan banyak Bank sehingga memudahkan penggunanya untuk melakukan transaksi. Biasanya info mengenai kerjasama Bank tersebut dapat dengan mudah kita temukan pada official website layanan transaksi online yang dimaksud.

3. Menyediakan Banyak Pilihan Partner Pembayaran

Beberapa Bank sudah memiliki sistem pembayaran online yang handal. Sebut saja Bank Mandiri dengan Mandiri Clickpaynya, BCA dengan BCA klikpaynya, CIMB Bank dengan CIMB clicksnya dan lain-lain. Dengan terintegrasinya sistem pembayaran dari berbagai Bank menandakan suatu layanan transaksi online telah mendapat kepercayaan dari Bank-Bank tersebut untuk melayani transaksi secara online.

4. Menyediakan Banyak Pilihan Metode Pembayaran

Metode pembayaran online yang dimaksud seperti kartu kredit, ATM Bersama, e-Commerce banking, e-Money, dan lain-lain. Pilihan metode pembayaran yang beragam tentunya akan memudahkan pengguna untuk bertransaksi online dari manapun dan kapanpun.

5. Review Pengguna

Review atau feedback dari pengguna juga tidak kalah penting. Review pengguna sangat berguna bagi pengguna baru yang masih dalam tahap meraba-raba atau survey mengenai suatu sistem layanan transaksi online. Review biasanya ditampilkan di dalam official website tapi tidak jarang juga dapat ditemui di forum-forum terkait atau bahkan dari mulut ke mulut sekalipun.
Transaksi-transaksi konvensional saat ini sudah banyak yang beralih menjadi transaksi online. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan transaksi online menjadi pilihan favorit masyarakat modern. Sebagai contoh, dulu kita harus mengantri berdesakan untuk mendapatkan tiket nonton film yang baru mulai diputar di bioskop. Sekarang kita sudah bisa memesan dan membayarnya secara online tanpa perlu antri. Salah satu contoh lain adalah pembelian tiket kereta api yang biasanya akan sangat mengular antriannya saat menjelang waktu mudik, sekarang tiket kereta api juga sudah dapat dibeli secara online melalui merchant-merchant terpercaya. Bahkan saat ini untuk sekedar membeli rujak kesukaan saja sudah dapat dilakukan secara online dengan memanfaatkan jasa transportasi online. Iya, rujak.
3
Pertumbuhan gadget terutama smartphone juga menjadi pendorong inovasi-inovasi sistem transaksi online. Tidak hanya dapat dilakukan melalui website yang diakses melalui PC/desktop, layanan transaksi online juga berlomba-lomba diciptakan dalam bentuk aplikasi yang dapat diinstall di smartphone maupun tablet. Sehingga untuk bertransaksi online saat ini semudah menyentuh layar smartphone kita dimanapun dan kapanpun.
Menjawab kebutuhan sistem transaksi online untuk pengelolaan pembayaran tagihan sebuah layanan yang membanggakan dan dapat dijadikan sebagai solusi pembayaran online di Indonesia telah lahir. Layanan tersebut bernama Paybill.id.
title apa itu paybill
Paybill.id adalah salah satu inovasi sistem transaksi online karya anak bangsa yang diciptakan untuk mengelola pembayaran berbagai tagihan. Dengan konsep one stop payment Paybill.id menawarkan layanan pembayaran banyak tagihan secara real time dan dapat dilakukan dalam satu transaksi pembayaran.

2

Seperti halnya layanan transaksi online pada umumnya Paybill.id juga dapat digunakan melalui website dan aplikasi mobile (smartphone maupun tablet). Lalu apa yang membedakan Paybill.id dengan layanan yang lain? Mari kita tengok bersama.

title perbedaan

1. Aman Dengan Sertifikat SSL DigiCert

8

Paybill.id sudah menggunakan SSL bersertifikat dari DigiCert, sehingga semua data transaksi dienkripsi secara aman. Selain sertifikat SSL, Paybill.id juga sudah menerapkan standar ISO 8583 dalam setiap transaksi keuangan yang terjadi. Untuk mendapatkan sertifikat SSL tentunya suatu perusahaan harus memenuhi persyaratan tertentu. Dengan kata lain, suatu perusahaan tidak bisa sembarangan mendapatkan sertifikat SSL. Apalagi untuk provider sekelas DigiCert yang sudah diaplikasikan oleh banyak perusahaan multinasional seperti Microsoft, Yahoo, AT&T, Facebook, Amazon.com, Wikipedia, dan NASA.

2. Produk Tagihan Lengkap

4

Produk tagihan yang ada di Paybill.id terbilang lengkap. Apapun tagihan yang kita miliki dapat dibayarkan secara online melalui website atau aplikasi mobile Paybill.id. Mulai dari tagihan air, gas, asuransi, listrik, cicilan motor dan mobil, TV berbayar hingga tagihan telekomunikasi.

3. Berbagai Metode Pembayaran

5

Paybill.id terhubung dengan 100 bank di Indonesia, sehingga pilihan metode pembayaran online tersedia beragam, seperti ATM Bersama, e-Commerce payment (Mandiri Clickpay, BCA KlikPay, CIMB Clicks) dan kartu kredit.

4. Hemat Biaya Transaksi

6

Dengan konsep one stop payment pembayaran beberapa tagihan dapat dilakukan hanya dengan satu kali transaksi pembayaran. Jika kita melakukan pembayaran banyak tagihan secara bersamaan, maka akan semakin kecil biaya yang timbul, bahkan hingga nol atau tidak ada biaya sama sekali.

5. Fitur Reminder & History

7

Ini merupakan fitur yang sangat bermanfaat dan akan sangat membantu kita. Fitur reminder membantu kita mengingat waktu pembayaran sehingga kita dapat terhindar dari masalah telat bayar yang rentan menimbulkan denda atau pemutusan. Sedangkan fitur history berguna untuk melihat semua transaksi pembayaran yang lalu sehingga jika sewaktu-waktu kita mendapat claim dari biller bahwa kita belum melakukan pembayaran maka fitur history ini bisa dijadikan sebagai bukti kuat bahwa kita telah melakukan pembayaran. Tidak hanya itu saja, setelah selesai melakukan pembayaran kita akan mendapatkan rekap pembayaran, informasi atau notifikasi dan struk bukti pembayaran yang sah melalui email.

6. Kemudahan Akses

9

Paybill.id selama dua tahun dibangun oleh para profesional yang berpengalaman di bidang industri pembayaran, IT dan e-Commerce. Paybill.id dapat diakses dengan mudah melalui website dan dapat juga diakses melalui aplikasi mobile. Kemudahan akses tersebut tentunya memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Nah, di bawah ini saya tampilkan gambaran jelas salah satu contoh penggunaan aplikasi mobile Paybill.id dari awal sampai selesai berhasil melakukan pembayaran.

title contoh

10a

Bagaimana? Mudah bukan? Dan pastinya aman. Dengan menggunakan aplikasi mobile tentunya pengguna akan merasa lebih nyaman karena pembayaran tagihan dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun selama 24 jam.

Untuk tutorial cara menggunakan Paybill.id melalui PC/desktop dapat dilihat secara lengkap di halaman website  https://paybill.id/tutorial.htm. Tampilan melalui PC/desktop tentunya akan terasa lebih leluasa jika dibandingkan dengan aplikasi mobile yang memang lebih compact.

Jika ingin melihat video tentang Paybill.id yang lain, kita dapat mengaksesnya melalui Youtube Channel Paybill.id dan berikut ini beberapa videonya :

Sekian tulisan saya mengenai keamanan bertransaksi online menggunakan Paybill.id. Semoga dengan tulisan ini dapat mengurangi keragu-raguan akan kegiatan bertransaksi online yang ternyata terbukti aman, mudah dan bahkan memberikan kenyamanan bagi kita semua. Salam.

Sumber gambar :
paybill.id
freepik.com

Juniawan Arif

About Juniawan Arif

Just a guy interested in internet things. Email : jun.juniawan@gmail.com | Follow me on twitter @juniawanarif & instagram @juniawanarif

3 Comments

Leave a Reply