Rumahweb Indonesia merupakan satu dari sekian banyak perusahaan penyedia layanan hosting dan domain yang terpilih dan terpercaya oleh saya dan tim sebagai “tuan rumah” untuk website utama kantor kami. Sekaligus juga sebagai tempat untuk mengelola domain yang kami miliki. Saat ini kami aktif sebagai pengguna layanan paket Enterprise Hosting dari Rumahweb Indonesia. Untuk melihat paket hosting yang disediakan oleh Rumahweb Indonesia selengkapnya Anda dapat mengunjungi websitenya disini.

Dalam memilih perusahaan penyedia layanan hosting dan domain tentunya kita memiliki pertimbangan-pertimbangan tersendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan. Kami pun demikian, sebelum menjatuhkan pilihan kepada Rumahweb Indonesia kami mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut :

3pertimbangan

Rumahweb Indonesia fokus terhadap pelanggan korporat.

Mengutip dari halaman Pertumbuhan Pelanggan yang ada di website Rumahweb Indonesia :

“…kami cenderung lebih mentargetkan market korporat dengan tingkat loyalitas yang lebih tinggi.”

Sebagai tenaga admin IT sebuah perguruan tinggi negeri saya tidak boleh sembarangan dalam memilih perusahaan penyedia layanan hosting dan domain. Tentunya saya akan memilih yang lebih terfokus terhadap pelanggan korporat, karena faktor loyalitas dan kontinuitas jangka panjangnya. Jangan sampai salah pilih apalagi terjebak di dalam permainan perusahaan hosting dan domain ecek-ecek yang murahan. Dan Rumahweb Indonesia lah jawabannya.

Rumahweb Indonesia mitra PANDI.

Seperti kita ketahui bersama PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) adalah sebuah badan hukum yang memiliki wewenang untuk mengatur pengelolaan domain .id. Kantor tempat kami bekerja merupakan instansi pendidikan perguruan tinggi negeri dengan domain .ac.id, oleh karena itu dirasa sangat penting untuk memperhatikan kemitraan perusahaan penyedia layanan hosting dan domain dengan PANDI.

Tidak susah memang untuk mencari tahu perusahaan penyedia layanan hosting dan domain yang menjadi mitra PANDI atau bukan. Dengan sedikit melakukan riset sana-sini kami dapat dengan mudah mengetahui bahwa Rumahweb Indonesia merupakan salah satu mitra PANDI. Salah satunya dari artikel ini.

Di beberapa artikel yang saya baca dikatakan bahwa hanya ada 12 perusahaan penyedia layanan hosting dan domain yang menjadi mitra PANDI dan Rumahweb Indonesia ada di urutan pertama. Begitu juga pada website PANDI di halaman Daftar Registrar Domain .id yang terakreditasi (https://registrar.pandi.id/) Rumahweb Indonesia ada di urutan teratas setelah KEMKOMINFO. Itupun karena KEMKOMINFO satu-satunya kementerian yang berwenang terhadap pendaftaran domain .go.id (pemerintah).

Padahal untuk menjadi registrar yang terakreditasi Rumahweb Indonesia harus memenuhi berbagai macam kriteria persyaratan, antara lain :

  • Persyaratan Administrasi dan Legal
  • Finansial
  • Teknis dan Operasional
  • dan lain-lain.

rumahweb terakreditasi

Jadi sepertinya jelas, pilihan saya tidak salah.

Rumahweb Indonesia sebagai Google Apps Authorized Enterprise Reseller.

Rumahweb Indonesia juga merupakan salah satu Google Apps Authorized Enterprise Reseller. Status tersebut menjadi penting mengingat saat ini kantor kami memang sudah lebih dulu menggunakan Google Apps for Education untuk keperluan email hosting dan fasilitas kolaborasi antara dosen, mahasiswa dan pegawai. Demi keberlangsungan dan terjaganya layanan email hosting dan kolaborasi yang kami kelola sudah barang tentu kami harus memilih perusahaan hosting dan domain yang mendukung dan mengerti betul tentang Google Apps.

Lagi-lagi Rumahweb Indonesia lah jawabannya.

Nah, itu tadi pertimbangan-pertimbangan utama kami dalam memilih perusahaan penyedia layanan hosting dan domain.

Seperti saya tulis di awal bahwa saat ini saya dan tim masih aktif menggunakan layanan paket Enterprise Hosting dari Rumahweb Indonesia. Lalu apa sajakah fitur dan bagaimana kualitas layanan hosting yang kami gunakan ini? Berikut ini review Rumahweb tentang produk dan layanannya yang sudah kami gunakan selama kurang lebih 2 tahun tersebut.

info-paket

Pada awalnya kami mencoba menghubungi Rumahweb Indonesia melalui fasilitas livechat dengan customer service yang tersedia di website resmi Rumahweb Indonesia. Kesan pertamanya sangat memuaskan karena respon dari customer service cukup cepat dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kami dengan ramah dan sabar. Setelah berdiskusi dengan customer service melalui livechat dan menanyakan tentang paket-paket hosting yang ada, akhirnya kami menjatuhkan pilihan ke paket Enterprise Hosting 4GB.

popup livechat

Si mbak ini akan muncul dan siap diajak chat oleh Anda 🙂


Cocok untuk website pemerintahan atau korporat.
Kami memilih paket hosting ini karena sesuai dengan saran dari Rumahweb Indonesia bahwa paket hosting ini sesuai untuk membangun website pemerintahan atau korporat.

Kapasitas 4GB.
Dengan kapasitas space sebesar 4GB paket hosting yang kami gunakan cukup untuk menampung website utama dan website-website lain yang kami kelola. Dengan cukup banyak subdomain yang telah kami buat, kapasitas space sebesar 4GB tersebut masih mencukupi.

 Pilihan lokasi server.
Rumahweb Indonesia menyediakan 3 pilihan lokasi server hosting. Kami memilih server Singapura (SG) dengan harapan website kami mudah diakses oleh pengunjung dari Indonesia dan juga Asia, karena kantor atau kampus kami banyak bekerja sama dengan Perguruan Tinggi lain di Asia. Tapi tidak menutup kemungkinan juga untuk selalu dapat diakses dengan mudah kapan pun dan dari mana pun.

Keliru dalam memilih lokasi server? atau ingin memindahkan lokasi server? Rumahweb Indonesia akan memindahkan lokasi server sesuai keinginan Anda tanpa biaya tambahan.

 Fasilitas E-mail lengkap.
Fasilitas E-mail yang disediakan oleh Rumahweb Indonesia dalam paket hosting ini sayangnya sementara ini belum dapat kami manfaatkan. Karena kami sudah lebih dulu menggunakan fasilitas Google Apps for Education untuk keperluan email hosting dan kolaborasi di tempat kami. Namun saya menaruh harapan besar pada Rumahweb Indonesia sebagai salah satu Google Apps Authorized Reseller di Indonesia untuk paling tidak sebagai tempat konsultasi mengenai layanan Google Apps ini.

 Unlimited subdomain dan 4 multiple domain.
Dalam Paket Enterprise Hosting 4GB ini juga kami mendapatkan unlimited subdomain dan 4 multiple domain. Pengaturan subdomain di Rumahweb Indonesia termasuk sangat mudah. Dengan tersedianya cPanel yang handal, aman dan kompatibel kami dapat dengan leluasa mengatur subdomain dan mengontrol record-record DNS sesuai keperluan.

Pada dasarnya perpanjangan domain di Rumahweb Indonesia dapat dilakukan secara otomatis atau biasa disebut auto renewal. Sekedar mengingatkan untuk pengguna yang lain, fitur auto renewal ini menurut kami sangat penting dan sebaiknya jangan diabaikan. Jangan sampai kejadian konyol yang kami alami menimpa Anda juga.

Tepatnya setahun yang lalu ketika kami baru saja mengupdate website secara total dan berencana untuk melaunching website tersebut bertepatan dengan puncak acara dies natalis kampus kami. Tidak disangka tidak diduga pagi-pagi sekali, beberapa jam sebelum acara dimulai saya mendapat telepon dari panitia dies natalis yang mengabarkan website kami tidak dapat diakses dengan error “Expired Domain”. Malu? Sudah pasti.

Ternyata kami lupa menghidupkan fitur auto renewal domain kami. Seharusnya kan ada remindernya? Iya memang ada. Tapi notifikasi reminder tentang perpanjangan domain ini masuk ke email kami yang kami buat khusus untuk perpanjangan domain ini dan malah jarang kami buka. Konyol. Padahal kami masih punya kredit yang cukup untuk proses auto renewal tersebut. Alhasil hari itu website kami batal launching karena harus menunggu kurang lebih 1×24 jam untuk domain kami dapat diakses kembali. Fyuh..itu lah pengalaman berharga yang memalukan dan tidak akan terlupakan bagi saya dan tim.

 Programming & Database.
Kebanyakan website yang kami kelola dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL. Server-server yang ada di Rumahweb Indonesia mendukung penggunaan PHP 5.2.x dan MySQL 5.1.x. Sejauh ini script PHP yang ada di website kami berjalan normal dan tidak ada masalah.

 Auto-installer & SiteBuilder.
Tersedianya auto-installer terutama Softaculous sangat membantu kami dalam membangun website-website kami yang lain yang berbasis CMS tanpa perlu mengupload atau mengkonfigurasi database. Rumahweb Indonesia juga menyediakan SiteBuilder yang juga memudahkan pelanggannya untuk membangun website profesional hanya dengan 3 langkah. Informasi tentang SiteBuilder ini bisa Anda baca selengkapnya disini.

 Statistik.
Sudah menjadi kebutuhan pokok bagi tenaga IT seperti kami untuk mendapatkan dan menganalisa data-data statistik terkait dengan layanan hosting yang kami gunakan. Data-data tersebut antara lain :

  • Disk Usage Stats : untuk melihat informasi statistik pemakaian space atau kapasitas server hosting yang kami gunakan.
  • Bandwidth Usage Stats : untuk melihat data penggunaan bandwidth pada server hosting kami.
  • Website Stats (AWSTATS) : untuk melihat jumlah pengunjung website kami.

Fitur-fitur di atas menurut kami sangat bermanfaat dan yang paling penting adalah spesifikasi yang dicantumkan di dalam website Rumahweb Indonesia khususnya di halaman Paket Hosting sesuai dengan kenyataan.

Dukungan live support dari tim Rumahweb Indonesia juga bagus. Bahkan pernah kita mendapat notifikasi email berupa pemberitahuan gangguan jaringan telepon salah satu kantor Rumahweb Indonesia yang berada di Jogjakarta. Di dalam email tersebut diinformasikan alternatif nomor-nomor telepon yang bisa dihubungi jika kita ingin menghubungi kantor Rumahweb Indonesia via telepon.

Rumahweb Indonesia juga memberikan jaminan uptime 99% setiap bulannya, kami pun sudah membuktikannya. Kecuali untuk kasus keteledoran kami yang lupa menghidupkan fitur auto renewal domain. 😀

Saya sebagai orang yang berkecimpung di dunia IT khususnya di bidang website developer tentunya pernah menggunakan jasa layanan hosting dan domain lain selain Rumahweb Indonesia. Sebagai contoh saya pernah berurusan dengan salah satu penyedia layanan hosting dan domain yang kurang bertanggungjawab. Saya kehilangan file website client saya dan di server hosting mereka tidak ada backup. Di Rumahweb Indonesia hal tersebut tidak pernah terjadi. Jadi menurut saya soal kualitas layanan memang Rumahweb Indonesia layak disebut sebagai yang nomor 1.

Dari tulisan saya di atas dapat diambil kesimpulan :

 Registrar terakreditasi PANDI

Rumahweb Indonesia adalah pemimpin pasar hosting dan domain di Indonesia dan terakreditasi PANDI.

 Semua fitur dapat diandalkan

Fitur-fitur yang dijanjikan oleh Rumahweb Indonesia bukan omong kosong belaka dan dapat diandalkan.

 Jaminan uptime terbukti

Jaminan uptime 99% yang diberikan Rumahweb Indonesia memang sudah terbukti pada layanan yang kami gunakan.

 Profesional dan loyal

Rumahweb Indonesia memberikan pelayanan terbaik dan tidak mengecewakan pelanggannya.

 Bebas memilih server

Pelanggan Rumahweb Indonesia diberikan kebebasan untuk memilih lokasi server hosting sesuai kebutuhan.

 Harga relatif terjangkau

Harga relatif terjangkau dengan banyaknya fitur dan dukungan live support yang beragam serta handal.

Prosentase penilaian kami terhadap layanan Rumahweb Indonesia :

Respon Sales & Supports

90%

Dukungan Live Support

99%

Jaminan Uptime

99%

Sekian review saya mengenai layanan hosting dari Rumahweb Indonesia. Semoga kerjasama kami dengan Rumahweb Indonesia dapat berkelanjutan daaan…

Selamat Ulang Tahun Rumahweb Indonesia yang ke-14

cake

Tetap melayani yang terbaik untuk pelanggan-pelanggannya, sering-sering promo dan sukses selalu!

 Sumber gambar :
Website Rumahweb Indonesia
Freepik.com

4 Comments

Leave a Reply

Show Buttons
Hide Buttons