Facebook giveaway beneran gak sih?

By June 21, 2015 November 4th, 2016 Internet

Pernah nemu Facebook Pages yang bagi-bagi hadiah gratis? Iya gratis. Hadiah biasanya berupa smartphone keluaran terbaru, game console terbaru atau bahkan mobil.

Berikut ini beberapa contoh yang akhir-akhir ini muncul di timeline Facebook saya :

Dari kalimatnya, setelah ikut like, comment (biasanya sambil mention warna pilihan) dan share kita akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah yang dimaksud. Sesederhana itu.

Siapa yang gak tertarik? Jangan salah, saya juga pernah ikutan ngelike, comment lalu share juga 😀

Tapi setelah bersantap sahur, dipikir-pikir dan browsing sana-sini, saya yakin ini hanya salah satu bentuk penipuan, scam.

Scam: A fraudulent scheme performed by a dishonest individual, group, or company in an attempt obtain money or something else of value.

www.businessdictionary.com

yang artinya kurang lebih : sebuah skema penipuan yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau perusahaan dengan tidak jujur (ya yang namanya nipu emang gak jujur sih 😀 ) dalam upaya mendapatkan uang atau sesuatu lainnya yang bernilai.

Bagaimana cara kerja penipuan ini?

Mereka membuat Facebook Page dengan nama yang mirip, sangat mirip dengan Facebook Page merk-merk terkenal lalu membuat tulisan/posting bagi-bagi hadiah gratis, give away free. Setelah kita terjebak ikut like, share atau comment maka postingan tersebut akan muncul di timeline Facebook teman kita, lalu teman kita ikut melakukan hal yang sama, begitu seterusnya dan semakin menyebar. Facebook Page mereka pun bertambah jumlah followernya. Sehingga, di kemudian hari apapun yang mereka posting akan muncul di timeline followernya.

Bisa jadi setelah mereka mendapatkan follower yang sangat banyak mereka mengganti nama Facebook Page mereka dan menjualnya. Tidak ada ruginya bagi kita, menguntungkan mereka? jelas iya.

fbpage name

Tapi mereka bisa lebih jahat lagi, ada juga yang berniat menyisipkan malware yang membahayakan komputer kita. Mereka menyisipkan link yang mengandung malware di dalam link pengumuman pemenang. Jeder! 😯

Bahaya bukan hanya untuk kita sendiri tapi juga untuk teman-teman kita yang mungkin ikut tertarik.

Cara menghindari penipuan ini?

Caranya cukup sederhana. Buka profile Facebook Page yang dicurigai, apakah Page tersebut merupakan account Facebook Page yang terverifikasi atau tidak. Untuk membedakannya lihat tanda centang biru (blue badge tick) di sebelah nama Facebook Page tersebut.

Contoh account Facebook Page yang PALSU atau tidak terverifikasi :

Contoh account Facebook Page yang ASLI atau terverifikasi :

Kalau kita perhatikan, selain dari tanda centang biru kita juga dapat melihat bahwa account yang terverifikasi selalu mencantumkan official website global brand mereka.

Demikian, semoga bermanfaat dan selamat berpuasa 🙂 .

Show Buttons
Hide Buttons